Berita Nasional Terpercaya

Menkes Sebut Hepatitis Misterius Menular via Makanan yang Masuk ke Mulut

2

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan virus hepatitis akut misterius menular melalui asupan makanan yang masuk melalui mulut. Virus tersebut menyerang balita dan anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut virus hepatitis akut misterius menular melalui asupan makanan yang masuk melalui mulut. “Virus ini (hepatitis akut misterius) menular lewat asupan makanan, lewat mulut,” kata Budi dalam keterangan resmi, Senin (9/5/2022).

Baca Juga Kemenkes Selidiki 3 Anak Yang Meninggal Diduga Karena Hepatitis Misterius

Ia pun menyarankan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan seperti rajin mencuci tangan. Ia juga menyebut virus hepatitis misterius mayoritas menyerang balita dan anak-anak di bawah usia 16 tahun. “Menyerang lebih banyak di bawah 16 tahun, lebih banyak lagi di bawah 5 tahun,” ujarnya.

Adapun ciri-ciri orang yang terjangkit virus ini, yaitu mengalami buang air besar yang disertai dengan demam.

Baca Juga Kenali Gejala Hepatitis Akut Pada Anak Dan Langkah Pencegahannya

Menkes Budi mengatakan, pengecekan Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) dan Serum Glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) perlu dilakukan bagi masyarakat yang terjangkit virus ini. “Itu di cek SGPT dan SGOT-nya kalau sudah di atas 100 di-refer (dirujuk) ke fasilitas kesehatan terdekat. SGPT dan SGOT normalnya di angka 30-an,” tutur Budi.

Menkes menyebut saat ini Kementerian Kesehatan tengah melakukan koordinasi dan diskusi dengan WHO dan beberapa negara di Eropa untuk mencari tahu penyebab penyakit misterius tersebut.

“Kesimpulannya belum bisa dipastikan virus apa yang 100 persen menyebabkan adanya hepatitis akut ini. Penelitian dilakukan bersama-sama agar bisa dideteksi cepat penyakit ini,” tuturnya.

“Kemungkinan besar adalah Adenovirus 41 tapi ada juga banyak kasus yang tak ada Adenovirus 41 ini. Masih dicari penyebabnya,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.