Berita Nasional Terpercaya

Profil Federico Valverde, Midfielder Muda Serba Bisa Punya Real Madrid

Yang terbaru, pelatih asal Italia memasang tiga penyerang di depan, termasuk Valverde yang mana bukan posisi aslinya. Adapun posisi itu sendiri biasanya diisi oleh penyerang lain, Marco Asensio atau Gareth Bale.

1

BERNAS. ID – Nama gelandang Real Madrid, Federico Valverde kini sedang berada dalam performa gemilang musim ini. Meski usianya masih muda akan tetapi performa individu gelandang 23 tahun itu tetap cukup bagus.

Apalagi kala Real Madrid membuat kejutan dengan formasi 4-3-3 yang diusung untuk menghadapi Man City  dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions.  Pelatih asal Italia memasang tiga penyerang di depan, termasuk Valverde yang mana bukan posisi aslinya.

Adapun posisi itu sendiri biasanya diisi oleh penyerang lain, Marco Asensio atau Gareth Bale. Namun Carlo Ancelotti memilih bertaruh dengan menempatkan Valverde di sana.

Federico Valverde sendiri sudah bergabung dengan Real Madrid sejak usianya belasan tahun, tepatnya pada tahun 2016.  Saat itu, Los Blancos, julukan Madrid, mendatangkan sang pemain dari Penarol ketika usianya masih 18 tahun.

Baca juga: Lebih Dekat Gabung ke Arsenal Daripada AC Milan, Ini Profil Marco Asensio

Akan tetapi, Valverde tak langsung gabung tim utama melainkan mengisi skuad Real Madrid Castilla dan pernah menjalani masa peminjaman lebih dulu sebelum memperkuat skuad utama  Los Blancos di musim 2018/ 19.

Lalu bagaimana profil dan sepak terjang  seorang Federico Valverde yang digadang gadang bintang masa depan Real Madrid?  Mari simak ulasan lengkap perjalanan karirnya berikut ini.

Tentang Federico Valverde

Nama Lengkap: Federico Santiago Valverde Dipetta

Tempat Lahir : Montevideo Uruguay

Tanggal Lahir : 22 Juli 1998

Kebangsaan : Uruguay

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Real Madrid

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 15 Midfielder

Tinggi Badan : 182 cm

Kekuatan Kaki: Kanan

Instagram: @fedeevalverde

Masa Meniti Karir Seorang Federico Valverde

Lahir dengan nama lengkap Federico Santiago Valverde Dipetta pada tanggal 22 Juli 1998, ia tumbuh besar di  Montevideo, Uruguay. Pemain dengan tinggi 182 sentimeter itu di Real Madrid  bermain sebagai midfielder atau gelandang yang mengenakan nomor punggung 15.

Masa kecil Valverde tumbuh lazim sebagai anak yang mencintai sepak bola. Ia lantas  memulai perjalanan  karirnya di sebuah akademi lokal bernama Penarol pada 2008. Di sana ia menghabiskan banyak musim dengan melewati  tiap tiap jenjang kenaikan level.

Hingga pada 2017, performa apik yang ia tunjukan membuat klub raksasa Spanyol,  Real Madrid menarik minat untuk merekrutnya. Alhasil setelah melakukan negosiasi, ia  meneken kontrak selama empat musim dengan biaya transfer 6, 7 juta euro, membuatnya  meninggalkan tempat kelahirannya untuk hijrah dan menetap di Spanyol.

Baca juga: Enggan Dilepas Real Madrid  Secara Permanen, Ini Profil Bintang Timnas Serbia Luka Jovic 

Sempat Jadi Pemain Pinjaman Deportivo de La Coruna

Tiba di Spanyol, sebelum masuk di skuad utama Real Madrid, ia bermain terlebih dulu di Real Madrid Castilla atau Real Madrid B di liga Segunda Division. Belum sampai membuat debut di skuat utama, di tahun 2017 Valverde kemudian dipinjamkan Loc Blancos ke Deportivo de La Coruna.

Debut kali pertama bermain di La Liga Spanyol, ia lakukan pada 10 September, menggantikan Fede Cartabia dalam kekalahan kandang 2-4 melawan Real Sociedad. Selama menghabiskan  masa pinjaman selama semusim, pemain 23 tahun itu hanya tampil 24 kali tanpa mencetak gol.

Federico Valverde kemudian kembali ke Real Madrid di musim 2018/2019. Ia kemudian melakoni laga perdana di skuad utama Los Blancos  pada 23 Oktober pada ajang fase grup Liga Champions UEFA melawan Viktoria Plzen di Santiago Bernabéu. Di bawah tangan dingin Zidane, ia mencatatkan total 25 kali bermain selama 1120 menit, menghasilkan 12 tembakan, dan dua kali fouls drawn.

Tercatat musim pertamanya di Santiago Bernabeu ia membuat 25 kali total permainan, dan  itu merupakan total bermain asal Uruguay di lima event besar yaitu La Liga, Liga Champions, Copa Del Rey, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antar Klub.

Baca juga:  Menilik Karir Sepak Bola Rodrygo, Si Pahlawan Kemenagan Real Madrid

Kepercayaan Lebih Era Kepelatihan Zinedine Zidane

Di musim 2019/2020,  pemain kelahiran Montevideo itu mulai mendapat kepercayaan lebih dari pelatih Zinedine Zidane. Hal ini terbukti dengan jumlah tampilnya sebanyak 44 kali dengan 2715 menit bermain, yang menghasilkan dua gol dan lima assist. Ini

Musim 2020/ 21, itu ia bermain sebanyak 33 kali selama 1964 menit, tercatat juga Valverde menyumbang tiga gol untuk Real Madrid, plus 21 tembakan, dan 13 kali fouls drawn.

Mendapatkan tempat di skuat inti Real Madrid bukanlah perkara yang mudah bagi seorang pemain muda. Namun Valverde sanggup membuktikan bahwa tidak ada yang tak mungkin di dunia sepak bola.

Sepanjang musim keduanya, pemain kelahiran Montevideo  itu sudah mengantongi 33 penampilan di semua ajang. Bahkan 27  pertandingan di antaranya ia lakoni sebagai starting eleven.

Bersama pelatih asal Prancis tersebut , ia mendapat tempat  sebagai gelandang sentral. Ia diapit oleh dua pemain senior yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya, yakni Toni Kroos dan Luka Modric.

Baca juga: Lincah di Sisi Penyeranag Real Madrid, Ini Perjalanan Karir Vinicius Junior

Memiliki Peran Baru di Sisi Sayap

Trent positif itu terus berlanjut, di mana ia kini selain  menjadi midfielder sentral, di era kepelatihan Carlo Ancelotti, ia juga memerankan sebagai winger dalam beberapa laga terakhir. Yang terbaru adalah ia  memainkan formasi 4-3-3 kala  menghadapi Man City  dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions kemarin.

Pelatih asal Italia memasang tiga penyerang di depan, termasuk Valverde . Adapun posisi itu sendiri biasanya diisi oleh penyerang lain, Marco Asensio atau Gareth Bale.

Namun Carlo Ancelotti memilih bertaruh dengan menempatkan Valverde di sana. Sejauh ini ia telah memainkan sebanyak. Catatan itu cukup bagus bagi seorang pemain muda di skuad Real Madrid yang mana persaingan di sana sangat ketat.

Baca juga:  Terkenal dengan Julukan Trio BBC, Ini Catatan Prestasinya Karir Benzema

1 Comment
  1. […] Baca juga: Perjalanan Karir Federico Valverde, Midfielder Muda Serba Bisa Punya Real Madrid […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.