Berita Nasional Terpercaya

Profil dan Karir Eduardo Camavinga, Si Muda Berbahaya

Bukan perkara mudah bisa meyakinkanya pindah ke Santiago Bernabeu. Pasalnya Madrid harus bersaing dengan Manchester United dan Paris Saint Germain (PSG). Namun, Camavinga akhirnya lebih memilih untuk merapat ke Real Madrid.

2

BERNAS. ID- Klub raksasa Spanyol, Real Madrid tercatat musim ini tak banyak mendatangkan pemain baru. Los Blancos, Julukan Real Madrid tercatat hanya mendatangkan dua pemain anyar. Selain merekrut David Alaba dengan status free transfer dari Bayern Munchen, Los Blancos juga merekrut gelandang berusia 18 tahun, Eduardo Camavinga dari Rennes.

Adapun perekrutan pemain kelahiran Miconge, Angola itu pun diumumkan melalui laman resmi Real Madrid pada hari terakhir bursa transfer musim panas kali ini, 31 Agustus 2021. Dalam klausul perekrutanya Los Blancos menebusnya dengan nilai transfer mencapai 45 juta euro dengan kontrak berdurasi enam tahun.

Baca juga: Kesulitan Menemukan Permainan Terbaiknya, Eden Hazard Radar Jual Real Madrid

Bukan perkara mudah bisa meyakinkanya pindah ke Santiago Bernabeu. Pasalnya Madrid harus bersaing dengan Manchester United dan Paris Saint Germain (PSG). Dua klub ini memang sempat disebut-sebut tertarik meminang pemain muda berbahaya tersebut. Namun, Camavinga akhirnya lebih memilih untuk merapat ke Real Madrid.

Lalu seperti apa kisah perjalanan karir pesepak bola muda, Eduardo Camavinga yang mampu membuat Real Madrid kesengsem mau merogoh kocek hingga 45 Juta Euro? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Tentang Eduardo Camavinga

Nama Lengkap: Eduardo Celmi Camavinga

Tempat Lahir : Miconge, Angola

Tanggal Lahir : 10 November 2002

Kebangsaan : Prancis

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Real Madrid

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 25 Midfielder

Tinggi Badan : 182 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kiri

Instagram: @camavinga

Mengenal Kehidupan Masa Kecil Camavinga

Camavinga sejatinya bukan asli warga negara Prancis.  Ia memulai perjalanan hidupnya di saat usianya menginjak dua tahun keluarganya pindah ke Prancis.

Pemain dengan nama asli Eduardo Celmi Camavinga lahir di Miconge, Angola pada 10 November 2002 silam. Camavinga saat ini tercatat sebagai pemain sepak bola yang memainkan peran sebagai gelandang untuk klub Real Madrid dan Timnas Prancis.

Sejak kecil Camavinga sudah mencintai sepak bola. Camavinga kecil lalu bergabung dengan klub lokal AGL-Drapeau Fougeres, kala masih berumur 6 tahun. Klub itu terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Rennes.

Klub tersebut merupakan salah satu tim pemasok bakat buat Rennes dan Camavinga tak sulit menarik perhatian pemandu bakat karena kemampuan spesial yang ia miliki. Bersama dengan AGL-Drapeau Fougères sejak tahun 2008, gelandang berambut gimbal itu menghabiskan waktu lima tahun di sana sebagai pemain junior.

Baca juga: Kisah Hidup Gareth Bale, Produktif  Bersama Trio BBC Namun Kini Melempem

Bakatnya Menyita Perhatian di Tim Muda Rennes

Pada usia 13 tahun Camavinga bergabung dengan akademi Rennes, setelah tiga tahun berlatih di tim muda, ia lalu menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Rennes pada bulan Desember 2018 di usia 16 tahun.

 Debut Camavinga untuk tim utama Rennes terjadi di akhir musim lalu, ia masuk sebagai pemain pengganti saat imbang 3-3 di kandang Angers pada 6 April 2019.

Melansir laporan dari Thesun, kemampuan Camavinga sebagai gelandang kerap disamakan dengan Paul Pogba. Dia bahkan dipercaya suatu saat nanti memiliki peran vital untuk timnas Prancis ketimbang Paul Pogba dan N’Golo Kante.

Meroketnya karir sepak bola Camavinga seolah menegaskan jejak sejarah Rennes yang rajin mengorbitkan talenta-talenta berbakat sepak bola tak surut. Sebelumnya, klub tersebut menelurkan produk berkualitas seperti Sylvain Wiltord, Yoann Gourcuff, hingga tentu saja, Ousmane Dembele.

Baca Juga: Catatan Karir Bek Manchester United, Harry Maguire yang Semakin Diragukan Fans 

Membuat Klub Klub Eropa Terkesima di Usia Muda

Debutnya di skuad senior Camavinga terjadi sejak masih berusia 16 tahun. Debut itu juga membuatnya tercatat sebagai pemain termuda yang mampu berlaga di klub yang berkompetisi di Ligue 1 Prancis.

Meskipun masih terbilang muda di antara pemain seusianya, peran Camavinga di sektor lini tengah Les Rouges et Noirs, julukan Rennes, tak pernah tergantikan. Camavinga merupakan sosok gelandang yang memiliki postur tubuh yang mumpuni.

Ia memang memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah. Namun, ia juga bisa ditarik sedikit mundur ke belakang untuk bermain sebagai gelandang bertahan. Selama memperkuat Rennes, ia berhasil mencatat 88 penampilan.

Kontribusi itu juga ia lengkapi dengan dua gol dan lima assist membautnay banyak  klub klub Eropa terkesima. Namun pada akhirnya,  godaan Real Madrid lah yang mampu membuat Les Rouges et Noirs itu melunak. Dengan nilai transfer 45 Juta Euro,  Camavinga sepakat melanjutkam karirnya di Santiago Bernabeu musim 2021/ 22.

Baca juga: Perjalanan Karir Bruno Fernandes, Playmaker Kreatif  Menggila di Sporting lisbon

Petualangan Baru Bersama Real Madrid

Kedatangan Camavinga di kubu Real Madrid tak banyak menjadi sorotan. Real Madrid secara diam diam mendatangkan gelandangnya dengan kontrak enam tahun dari klub Prancis Stade Rennes.

Eduardo Camavinga memulai debutnya sebagai pemain Real Madrid dengan cukup mengesankan. Pemain muda kelahiran Angola itu tampil gemilang saat mengalahkan tamunya Celta Vigo 5-2 di Liga Spanyol, Senin, dini hari WIB, 13 September 2021.

Meski masuk sebagai pemain pengganti Eden Hazard pada menit ke-66, ia langsung mencetak gol keempat dalam laga itu, yang mana hanya berselang enam menit dua detik setelah ia masuk ke lapangan.

Dengan gol cepatnya itu, pemain berusia 18 tahun 306 hari itu mengikuti jejak Rodrygo ketika melawan Osasuna pada September 2019 (18 tahun 259 hari). Hingga kini ia rutin mengisi skuad utama Los Blancos.

Ia musim ini sudah memainkan 43 laga, yang mana dari total laga yang ia mainkan, Camavinga sukses catatkan dua gol dan dua assist. Dengan usia yang masih muda dan potensi besar yang ia miliki, bukan suatu hal yang mustahil jika nama Camavinga akan menjadi salah satu midfielder terbaik andalan Real Madrid di masa depan.

Baca juga:  Jadi Pahlawan Kemenagan Real Madrid atas Manchester City, Ini Profil Rodrygo Goes

2 Comments
  1. […] Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Eduardo Camavinga, Wonderkids Anyar Real Madrid  […]

  2. […] Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Eduardo Camavinga, Wonderkids Anyar Real Madrid Asal Prancis […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.