Berita Nasional Terpercaya

Sebuah Masjid di Jerman Kibarkan Bendera LGBT

0

JERMAN, BERNAS.ID – Masjid Ibn Rusyd-Goethe mencatat sejarah sebagai masjid pertama mengibarkan bendera pelangi untuk mendukung komunitas LGBT. Tak pelak, masjid di Jerman ini menjadi sorotan dari pekan lalu sampai saat ini.

Pemasangan bendera bernuansa pelangi tersebut berlangsung di depan sekumpulan orang dan senator budaya Berlin, Klaur Lederes sebelum salat Jumat. Mayoritas yang hadir memakai stiker bertuliskan “Cinta itu Halal.”

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Pengibaran bendera tersebut terjadi menjelang Festival Lesbian dan Gay pada 16-17 Juli di Berlin dan Christopher Street Day (CSD) pada 23 Juli. CSD adalah pawai keliling kota yang dilakukan kaum gay dan lesbian.

Mo El-Ketab, salah satu imam masjid Ibn Rusyd Goethe menginginkan Masjid Ibn Rusyd-Goethe menjadi rumah yang aman bagi semua golongan dengan harapan kaum LGBT bisa merasakan sisi spiritual kehidupan.

Ia pun berharap masjid lain melakukan hal serupa. “Saya berharap banyak masjid lain juga akan mengibarkan bendera dengan cara ini atau memberikan tanda-tanda positif lain bagi komunitas LGBT,” katanya seperti diberitakan French24.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Anggota dewan CSD, Marc Eric Lehmann menilai tindakan tersebut sebagai dukungan yang penting bagi komunitas LGBT.”Orang queer juga bisa religius dan percaya pada Tuhan,” kata Lehmann.

Ia menyebut warga seharusnya tak hanya bicara soal ruang aman di bar dan klub di Berlin, tapi juga di tempat ibadah.

Diketahui, Masjid Ibn Rusyd berdiri pada tahun 2017 di sekitar Moabit, Berlin. Tempat ibadah ini menjadi satu-satunya masjid yang memiliki citra liberal.Mereka mengizinkan laki-laki dan perempuan beribadah bersama, termasuk LGBT. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.