Berita Nasional Terpercaya

AIA Vitality, Transformasi Cara Berasuransi Ala AIA Indonesia

1

BALI, BERNAS.ID – AIA Vitality, platform aplikasi kesehatan dan kebugaran (health and wellness) dari PT AIA FINANCIAL (AIA) yang diluncurkan pada 2021 lalu telah berhasil tingkatkan engagement nasabah sampai 50 persen. Produk-produk asuransi AIA yang terintegrasi dengan AIA Vitality pun telah berkontribusi pada kinerja positif perusahaan hingga 50 persen (per Desember 2021).

Didukung sains dan teknologi, AIA Vitality terbukti secara ilmiah meningkatkan angka harapan kehidupan. AIA Vitality bekerja dengan 3 tahap utama : Know Your Health, Improve Your Health, & Enjoy the Rewards untuk membantu nasabah memonitor dan meningkatkan gaya hidup sehat para anggotanya.

Kathryn Monika Parapak, Chief Marketing Officer AIA memaparkan, “Sebagai perusahaan yang berorientasi pada tujuan untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik, kami peduli akan kesehatan nasabah maupun masyarakat dimana kami beroperasi.

“AIA Vitality mentransformasi cara AIA menjalankan bisnis asuransi dengan pendekatan shared value model, artinya inovasi ini memiliki nilai berkelanjutan yang mampu memberikan dampak positif – bukan hanya bagi perusahaan tetapi juga nasabah, mitra dan masyarakat secara luas, seperti sebuah cycle atau rantai. Kami berharap AIA Vitality bisa mengubah persepsi masyarakat tentang asuransi dari payor menjadi partner. Jika dahulu asuransi identik dengan bisnis yang berkaitan dengan sakit, kini kami ingin diasosiasikan lebih dekat dengan gaya hidup sehat,” lanjut Kathryn.

Baca juga: Pastikan Anda Tidak Salah Paham Tentang Asuransi, Begini Penjelasannya

AIA menyadari kesehatan menjadi prioritas penting, terlebih setelah terjadinya pandemi global. Sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berfokus pada health dan wellness, AIA konsisten menghadirkan solusi proteksi dan kesehatan, baik melalui produk maupun layanannya.

Saat ini lebih dari 80 persen produk proteksi yang dipasarkan AIA telah dilengkapi oleh AIA Vitality diantaranya AIA Sehat Seratus, Proteksi Penyakit Kritis Maksima Extra (PRIMA Extra), AIA Amani, AIA Proteksi Prima Plus, Asuransi Tambahan Premier Hospital Surgical Extra, Asuransi Tambahan Vital Care, Asuransi Tambahan Waiver Care, Fortuna Berkah, Fortuna Critical Advance Protection dan AIA Platinum Legacy yang diluncurkan baru-baru ini.

Baca juga: Premi Lesu, Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Menurun Dibanding 2021

Menguatkan fokus tersebut, AIA secara global juga menggagas inisiatif AIA One Billion, yaitu ambisi besar untuk melibatkan satu miliar masyarakat di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik dan ditargetkan tercapai pada 2030 mendatang. AIA Vitality menjadi salah satu realisasi inisiatif tersebut.

Indonesia menjadi negara kesembilan yang telah meluncurkan AIA Vitality, setelah sebelumnya diluncurkan di Singapura, Filipina, Malaysia, Korea Selatan, Australia, Hongkong, Thailand dan New Zealand. Secara total, AIA Vitality telah menjaring total 1,3 juta anggota aktif.

Di Indonesia sendiri, hingga April 2022, jumlah anggota telah mencapai lebih dari 21.500 orang dan akan terus bertambah.

Head of AIA Vitality, Jong Wie Siu menjelaskan, “Dengan pendekatan yang didukung sains, AIA Vitality memberikan pengalaman gaya hidup sehat secara menyenangkan. AIA Vitality bahkan terbukti ilmiah turut meningkatkan angka harapan hidup. Di Indonesia, rata-rata angka harapan hidup adalah 69 tahun, tetapi bagi anggota AIA Vitality yang telah mencapai level Gold dan Platinum, indeks harapan hidupnya naik mencapai 87 tahun.

“Melalui aplikasi AIA Vitality, nasabah pengguna dimotivasi untuk membuat perubahan kecil dan realistis – seperti berjalan kaki, mengurangi konsumsi gula, berhenti merokok, dan sebagainya, secara bertahap, sehingga lambat laun menghasilkan transisi perilaku hidup sehat secara jangka panjang. AIA Vitality mengimplementasikan program berbasis insentif, berupa tantangan perilaku hidup sehat, yang membuahkan berbagai reward menarik sampai cashback premi,” papar Wie Siu.

AIA Vitality memiliki 3 tahapan: 1) Know Your Health, 2) Improve Your Health, dan 3) Enjoy the Rewards.

Pada tahap Know Your Health, AIA Vitality membantu nasabah mengetahui kondisi kesehatannya (Vitality Age) dengan mempelajari kebiasaan olahraga, asupan nutrisi dan kadar stres. Selanjutnya, pada tahap Improve Your Health, melalui AIA Vitality, nasabah diajak beraktivitas dan mengikuti berbagai tantangan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Dengan melewati berbagai aktivitas dan tantangan tersebut, nasabah akan mendapatkan poin – yang kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai reward pada tahap Enjoy the Rewards.

Semakin tinggi level (Status Vitality) pengguna, semakin banyak reward yang bisa diperoleh (berupa berbagai voucher atau diskon), antara lain medical check up di Prodia, voucher Gojek, Tokopedia, Grand Lucky, Lazada dan diskon gadget seperti Garmin dan Fitbit. Selain itu, anggota AIA Vitality juga bisa mendapatkan reward berupa cashback premi asuransi.

“Hingga akhir 2021 kemarin, AIA telah memberikan berbagai rewards kepada hampir 21.500 member, termasuk voucher gratis medical checkup (telah digunakan 1.000 member) dan 35 ribu voucher rewards mingguan. Lebih menarik lagi, kami juga memberikan cashback untuk produk-produk proteksi AIA yang terintegrasi dengan AIA Vitality. Dengan kata lain, nasabah seperti membayar premi asuransi bermodal keringat dari aktivitas olahraga dan hidup sehat,” lanjut Wie Siu.

Sementara itu, Laila Munaf, instruktur olahraga dari SANA Studio dan pelopor olahraga Zumba di Indonesia turut merasakan inovasi AIA Vitality dan sukses menjadi anggota dengan status AIA Vitality Gold.

“Saya sangat menikmati berasuransi dengan cara baru bersama AIA Vitality. Kelebihan paling mendasar dari AIA Vitality adalah terintegrasi dengan produk asuransi jiwa yang saya miliki. Melalui AIA Vitality, AIA justru semakin dekat dan memotivasi saya untuk terus berolahraga dan menjalani hidup sehat,” ungkap Laila.

“Tantangan aktivitas fisik dan gaya hidup sehat yang ada dalam aplikasi AIA Vitality sangat achievable oleh siapapun. Ditambah dengan reward, menambah motivasi untuk mengikuti tantangan setiap minggunya. Poin yang saya dapatkan dapat ditukarkan menjadi cashback atau diskon dari mitra-mitra AIA Vitality yang merupakan brand-brand ternama,” jelas Laila.

AIA Vitality yang sukses diluncurkan di berbagai negara menambah nilai yang membedakan AIA dengan lainnya, membantu perusahaan untuk mempertahankan dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar. Laporan terbaru Statista, data Juni 2022, kembali menempatkan AIA Group sebagai perusahaan asuransi jiwa nomor satu global berdasarkan kapitalisasi pasar. (den)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : AIA Vitality, Transformasi Cara Berasuransi Ala AIA Indonesia […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.