Berita Nasional Terpercaya

Merah Putih Berkibar di Istana Kota Terlarang, Beijing Sambut Jokowi

0

BEIJING, BERNAS.ID – Bendera nasional Indonesia tampak bersanding dengan bendera nasional China di dua ikon wisata utama, yaitu di Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen, Beijing. Pengibaran bendera Merah-Putih di Istana Kota Terlarang dan Tiananmen merupakan kejadian langka.

Pengibaran bendera Merah-Putih ini menyambut kunjungan kenegaraan Joko Widodo (Jokowi) ke China, Selasa (26/7). Kunjungan Jokowi ke Beijing dilakukan atas undangan Presiden China Xi Jinping. Presiden Jokowi beserta istri dan jajaran kabinetnya tiba di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, Senin (25/7) pukul 21.30 waktu setempat.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Perwira polisi yang bertanggung jawab atas keamanan Istana Kota Terlarang-Tiananmen mengatakan pengibaran bendera nasional Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap kerjasama China dengan Indonesia. “Ini salah satu bentuk dukungan kami terhadap kerjasama China dengan Indonesia yang berjalan semakin baik,” tuturnya.

Presiden Jokowi menjadi pemimpin asing pertama yang berkunjung ke China sejak Februari lalu. Ia menjadi salah satu di antara sedikit kepala negara yang mengadakan kunjungan kenegaraan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang pada Selasa sore (26/7) di Gedung Diaoyutai, Beijing.

Diketahui, bendera Indonesia itu berkibar saat momen liburan sekolah akhir semester, berbarengan dengan liburan musim panas di China. Alhasil, Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen dipadati ribuan wisatawan sejak pagi hingga sore hari. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.