Berita Nasional Terpercaya

6 Tips Mencuci Piring Bebas Kuman dan Hemat Waktu

0

BERNAS.ID – Bagi sebagian besar orang, kegiatan memasak dan makan adalah aktivitas yang menyenangkan. Tapi, tidak dengan aktivitas mencuci piring kotor di dapur. Meski memang melelahkan, mau tidak mau Anda harus mencuci piring kotor menggunakan sabun cuci piring setiap hari agar sisa makanan tidak kering dan menjadi sulit dibersihkan. Malas mencuci piring hanya akan menyebabkan pertumbuhan jamur, bakteri, dan sarang serangga akibat partikel sisa makanan.

Meskipun sepintas tampak mudah, tetapi mencuci piring memerlukan teknik yang tepat agar piring benar-benar bersih dari kuman. Mencuci piring dengan tepat bisa menghilangkan bakteri dan kotoran secara optimal. Tapi Anda jangan khawatir karena mencuci piring yang tepat sebenarnya cukup praktis. Anda bisa menerapkan beberapa tips mencuci piring bebas kuman berikut ini.

1. Buang Sisa Makanan di Tempat Sampah

Pertama, buang semua sisa makanan dan kotoran di tempat sampah terlebih dahulu. Jangan sampai saluran air menjadi tersumbat akibat sisa-sisa makanan dan kotoran yang menumpuk di bak cuci piring. Anda juga dapat menggunakan wadah plastik yang berongga untuk menyaring sisa-sisa makanan di bak cuci piring.

Jika ada sisa kuah yang mengandung minyak dan lemak, seperti gulai dan lainnya, segera buang ke tempat terpisah agar minyak dan lemaknya tidak menyumbat saluran pembuangan.

2. Rendam Alat Makan

Adanya noda lengket yang membandel di piring dan permukaan alat masak memang cukup menyebalkan. Misalnya, permukaan piring yang berlemak dan berminyak serta kerak nasi yang lengket dan sulit dibersihkan. Untuk mengatasi masalah ini solusinya cukup mudah. Anda bisa merendam piring dan peralatan makan dengan sedikit sabun pencuci piring selama beberapa saat atau menggunakan bahan yang alami seperti air lemon.

Proses perendaman ini akan membuat kotoran dan residu yang menempel pada permukaan bisa terlepas dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih mudah mencuci piring dan peralatan masak tersebut. Cara ini memang cukup efektif agar menghemat saat mencuci piring dan menghilangkan noda yang membandel.

3. Bilas dengan Air Hangat

Selanjutnya, bilaslah piring dan alat makan lainnya dengan air hangat agar lemak dan minyak yang menempel di permukaan piring bisa hilang. Sebab, semakin tinggi suhu air, akan semakin mudah noda yang berkerak bisa terangkat. Setelah itu, perlahan bilas satu per satu sehingga tidak ada lemak, minyak dan kotoran yang terselip.

Piring yang berada dalam kondisi basah dan tanpa ada sisa makanan umumnya akan lebih mudah dibersihkan saat dicuci. Pastikan Anda memakai sarung tangan karet untuk menjaga kesehatan tangan dan menghindari permukaan piring yang licin.

4. Mulai Mencuci Piring dengan Spons

Meski terdengar sepele, banyak orang yang tidak menyadari bahwa urutan yang tepat saat mencuci piring juga penting untuk dapat menjaga spons tahan lama dan lebih awet. Hindarkan piring, spons dan alat makan lainnya bersentuhan dengan kotoran dan minyak berlebih.

Pastikan Anda mengawali mencuci piring dari peralatan makan yang tidak berminyak terlebih dahulu, misalnya gelas, cangkir, dan alat makan. Baru selanjutnya, giliran piring dan peralatan masak dengan noda yang membandel, seperti wajan yang berminyak dan panci kotor. Dengan urutan seperti ini, spons pencuci piring tidak perlu berulang kali dibilas dan proses mencuci piring bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

5. Keringkan Piring dan Peralatan Makan

Tahap selanjutnya sestelah dicuci yaitu keringkan piring dan perlatan makan. Anda bisa langsung meniriskan piring dan alat makan hingga kering. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kain berbahan mikrofiber khusus, yang bisa menyerap air atau cairan dengan lembut tanpa menggores permukaan piring dan alat makan.

Tahapan pengeringan piring dan alat makan ini penting untuk dilakukan agar piring tidak penuh dengan bakteri dan kuman yang bertebaran. Terlebih, dapur merupakan area yang lembab sehingga bisa pertumbuhan kuman cukup cepat.

6. Bersihkan Spons dan Area Cuci Piring secara Rutin

Selanjutnya, langkah terakhir yang sepintas tampak sepele tapi jadi hal yang penting dari rangkaian urutan mencuci piring. Pastikan Anda rutin membersihkan area cuci piring dan spons dari sisa bekas makanan. Jangan sampai ada kotoran yang mengendap dan mengumpul ke dalam spons.

Tapi, jika spons masih tetap kotor meski telah dicuci, ini artinya Anda harus mengganti spons dengan yang baru. Sebaiknya, ganti spons cuci piring minimal setiap bulan sekali.
Jangan lupa area pencucian juga harus rutin dibersihkan dari sisa makanan dan kotoran yang menempel. Sebaiknya, Anda membilasnya setiap hari agar area pencucian tidak akan mudah bau dan berkerak.

Itulah 6 tips mencuci piring yang bisa Anda coba di rumah. Yuk, bikin kegiatan cuci piring jadi mudah dengan banyak pilihan sabun cuci piring dari berbagai merek di Blibli. Anda bisa mendapatkan promo sabun cuci piring hanya di Blibli.com. Situs belanja yang satu ini juga menawarkan Anda berbagai produk rumah tangga serta masih banyak lagi produk-produk lainnya yang terlengkap dari berbagai brand. Selamat berbelanja! (*/cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.