Berita Nasional Terpercaya

Menteri Investasi Tak Percaya NIB Dijual Online

1

SLEMAN, BERNAS.ID – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia mengaku tak percaya saat awak media menanyakan adanya dugaan penyedia jasa atau jual beli Nomor Induk Berusaha (NIB) di marketplace. Dengan nada tinggi, ia pun berucap akan memenjarakan oknum-oknum penjual NIB tersebut.

Diketahui, NIB dapat diperoleh melalui OSS (Online Single Submission). OSS merupakan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang dikelola dan diselenggarakan oleh Lembaga OSS Kementerian Investasi/BKPM.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

“Siapa yang jualbelikan itu. Salah itu, nggak mungkin itu karena orang mau masuk OSS dia harus mempunyai registrasi terhadap ijin perusahaannya. Ada kode perusahaan atau perorangan,” tuturnya tak percaya sesuai membagikan 600 NIB kepada para pelaku UMKM di GOR UGM, Selasa (23/8).

Ia mengatakan tak akan main-main bila terbukti ada pihak-pihak yang menjual NIB. “Jadi nggak mungkin diperjualbelikan.Kalau ada saya penjarakan itu orang. Saya nggak main-main kalau urusan ini,” ujarnya.

Menurut Bahlil, NIB hanya bisa diurus oleh pelaku UMKM itu atau orang yang berkepentingan itu sendiri. “Saya nggak pernah mengijinkan itu. Justru kehadiran OSS untuk memangkas mata rantai cara-cara seperti itu.Ini bandit-bandit yang harus segera kita selesaikan,” katanya.

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

“OSS ini dalam rangka memberikan transparansi, efisiensi, kecepatan, dan kemudahan. Orang-orang kayak gitu (penjual NIB-red) nggak punya tanggung jawab moral. Menurut saya ini bandit-bandit yang harus segera diselesaikan,” imbuhnya.

Ia mengatakan sistem OSS akan memudahkan pelaku UMKM guna memperoleh NIB untuk mengakses perbankan, pembinaan, serta sertifikat halal dan SNI secara gratis. Melalui OSS, pelaku UMKM tak perlu ketemu para pejabat terkait untuk mengurus ijin usaha.

Bahlil pun berucap akan menyelesaikan dugaan adanya penjualan NIB di marketplace. Bahkan, ia akan segera melakukan rapat karena kapasitasnya sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.