Berita Nasional Terpercaya

FK-KMK UGM Galang Dana untuk Pasien Kanker dengan Konser Piano Klasik

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar konser musik klasik untuk kegiatan kemanusiaan di ruang Auditorium FK-KMK UGM, Kamis malam (25/8). Nantinya, hasil dari penggalangan dana dari konser  tersebut akan disalurkan sepenuhnya kepada pasien kanker di Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Konser amal tersebut menggandeng musisi dari Jerman Jongky Goei, pianis cilik asal Spanyol Zihao Zou dan Prof Francisco Jose Perez Perello. Pada babak pertama, Zou dan Jongky akan menampilkan beberapa karya dari komposer ternama seperti Reinhold Gliere, Berkowitch, Albeniz, dan Frederic Francois Chopin.

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

Penanggung jawab konser, Prof Adi Utarini mengatakan pergelaran konser musik untuk kemanusiaan bagi pasien kanker terinspirasi dari kisah hidup suaminya Alm Prof Iwan Dwiprahasto sebagai penyintas leukemia atau kanker darah yang mampu menumbuhkan empati kemanusiaan dengan menggerakkan kegiatan konser amal bagi penderita kanker. Selain itu, penyakit kanker masih menjadi program prioritas kesehatan di Indonesia karena memiliki beban kesehatan tinggi sehingga memerlukan perhatian lebih besar.

“Konser musik klasik ini harapannya tidak sekedar menjadi ruang untuk menikmati musiknya saja, tapi menjadi sarana untuk menggiatkan aktivitas amal. Sejak tahun 2018, saya pribadi telah banyak terlibat dalam penyelenggaraan konser dan bermain musik untuk kegiatan amal kemanusiaan. Semoga kegiatan yang bersifat amal ini bisa berjalan rutin,” ujar Prof Adi Utarini.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Plt. Dekan FKKMK dr Yodi Mahendradhata mengatakan konser musik klasik di FK-KMK UGM rutin dilaksanakan sejak era tahun 80-an. Namun, kegiatan konser musik untuk kegiatan kemanusiaan mulai dilakukan sejak 2018 lalu dengan menggandeng Yayasan Kanker Indonesia cabang DIY. “Kita ingin musik tidak hanya untuk menghibur, tapi juga  wahana untuk penggalangan dana,” katanya.

Toety Lukman, Wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia YKI DIY mengapresiasi konser FK-KMK UGM untuk membantu pasien kanker. “Visi kami ingin memberikan dukungan pada yang membutuhkan dan memberikan semangat pada pasien untuk selalu terus berusaha mendapatkan pengobatan sebaik baiknya,” ujarnya.

Konser yang menyajikan alunan musik klasik piano ini bertujuan untuk menyajikan pertunjukan berkualitas bagi para penggemar, sekaligus menjadi ruang untuk menggali semangat berdonasi untuk amal.

Seluruh pendapatan dari hasil penjualan tiket konser maupun donasi akan digunakan untuk biaya operasional pasien di rumah singgah dan perawatan sarana dan prasarana rumah singgah YKI DIY di Sendowo Sinduadi Mlati Sleman DIY. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.