Berita Nasional Terpercaya

Pasar Keroncong Kotagede 2022 Digelar Secara Lesehan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Setelah sempat libur pada 2020 dan dilaksanakan secara daring pada 2021, festival musik tahunan, Pasar Keroncong Kotagede kembali digelar secara luring pada Sabtu, 3 Desember 2022. Pagelaran PKK kali ini sedikit berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, di mana kali ini konsepnya adalah lesehan, penonton duduk di tikar.

”Untuk mengantisipasi cuaca dan ketidaknyamanan pengunjung, dan berkaca pengalaman dari tahun – tahun sebelumnya, Pasar Keroncong Kotagede kita adakan di pendopo dan berkonsep lesehan. Ini akan memberi roh bagi bangunan ini,” ujar ketua panitia Pasar Keroncong Kotagede 2022 (PKK), M. Natsir atau yang kerap disapa Dabey.

Mengusung tagline “Keroncong Berhati Nyaman” PKK tahun ini juga menyajikan jajanan kuliner khas Kotagede seperti Kipo, Roti Kembang Waru, yangko, dan lainnya. Menu hangat seperti soto bathok atau kopi dan teh panas juga bisa dijumpai di ajang ini.

“Karena inti dari musik keroncong ini kan nge-laras, jadi kita selaraskan hati dan pikiran,” imbuh Dabey.

Baca juga: Pasar Keroncong Kotagede 2018 Yang Basah-Basahan

Tahun ini Pasar Keroncong Kotagede digelar di 2 pendopo sekitar Pasar Kotagede yaitu Pendopo Sopingen dan Pendopo Kajengan.

Dengan menampilkan 14 Orkes Keroncong dari Kotagede maupun daerah lainnya, di antaranya OK Kharisma, Orkes Keroncong Sarlegi, OK Sakpenake, Los Fugos, OK Horockoncong, D’jancuk, OK YnY, Kawula Muda, Pesona Irama, Lintang Kanistha, OK Gita Bahana, Side of X juga Bintang Tamu Hannah Marie Standiford dan Podhang Mas.

Baca juga: Pasar Keroncong Kotagede Digelar Lagi Akhir Pekan Ini, Luring

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan pagelaran Pasar Keroncong ini merupakan event yang sangat berbeda dengan pagelaran Ngayogjazz bulan lalu yang dilaksanakan di tengah suasana pedesaan.

“Pasar Keroncong dihelat di tengah kota yang padat penduduk dan banyak gang kecil boleh dibilang di sini banyak jalan menuju ke sebuah titik. Pasar Keroncong merupakan event yang unik sebagai lahirnya keroncong di Indonesia, PKK ini juga menjadi sebuah tesis bagi warga Kotagede apakah siap atau tidak menerima wisatawan,” kata dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.