Berita Nasional Terpercaya

Pengertian Berbagai Istilah PO dalam Jualan Online

0

BERNAS.ID – Jika Anda sering beli barang secara online, mungkin sering mendengar kata “PO” pada beberapa produk tertentu, umumnya produk yang dibeli berasal dari luar negeri. Kata PO juga sering digunakan oleh toko online baik di media sosial, e-commerce, ataupun yang ada di aplikasi untuk jualan online shop.

Lalu, apa arti PO dalam jualan online? Anda mungkin sudah dapat menyimpulkan jika singkatan PO memiliki arti untuk pre-order alias memesan produk yang dibuat terlebih dahulu sebelum dirilis. Selain pre-order, PO juga dapat diartikan menjadi kata lain, berikut ini beberapa pengertian dari PO:

Baca Juga : Menteri Investasi Tak Percaya NIB Dijual Online

Apa Saja Berbagai Istilah PO dalam Jualan Online?

1. Pre-order

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, arti PO dalam jualan online banyak diartikan sebagai pre-order. Pre-order merupakan sistem pembelian atau pemesanan sebuah barang yang memerlukan waktu baik untuk dikemas ataupun diracik terlebih dahulu.

Biasanya, barang PO merupakan barang dari luar negeri maupun barang khusus seperti kerajinan tangan atau barang limited edition. Bisnis jasa titip atau jastip juga sering menggunakan sistem pre-order ini.

Biasanya, pemilik bisnis akan mengunjungi suatu negara atau tempat. Lalu membuka jastip dengan cara pre-order, yaitu mengumpulkan pesanan berbagai macam barang yang hanya ada di tempat tersebut.

2. Purchase Order

Berbeda dengan pre-order, istilah PO selanjutnya bukanlah sistem penjualan. Lalu, apa arti PO dalam jualan online yang berikutnya? PO juga dapat dijadikan singkatan dari purchase order atau jika diartikan berarti pesanan pembelian atau daftar pembelian yang diberikan oleh pembeli.

Baca Juga : IFW Minta Pemerintah Larang Perbankan Terima Deposit Judi Online

Biasanya, purchase order memuat data seperti jenis barang, jumlah barang, dan harga barang yang akan disepakati oleh penjual. Dokumen ini penting agar dapat menjadi patokan baik untuk pembeli maupun penjual. Sehingga, baik pembeli maupun penjual bisa terhindar dari kecurangan pemesanan.

Sesuai namanya, purchase order bisa menjadi bukti jika terjadi permasalahan dalam pemesanan. Misal, jika barang yang diterima kurang atau jumlah barang yang diberikan tidak sesuai, purchase order dapat ditunjukkan kepada pihak yang bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan pemesanan.

3. Payout

Berbeda dengan dua penjelasan PO yang sebelumnya, arti PO berikutnya adalah singkatan dari payout atau pembayaran. Payout merupakan aktivitas pembayaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau marketplace kepada pihak penjual produk.

Nah, itulah beberapa arti dari singkatan PO. Kata PO sendiri banyak digunakan oleh penjual di toko online yang ada di marketplace seperti Koala App.

Apa itu Koala? Koala merupakan aplikasi jualan online yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan penjual melakukan transaksi hanya dalam satu aplikasi.

Koala App membantu Anda yang ingin jualan online untuk lebih mudah mengolah transaksi dan mengurus toko dan produk Anda.

Mulai Jualan Online Melalui Koala App
Berikut ini fitur serta kelebihan yang ada pada aplikasi Koala App:

1. Cek Ongkos Kirim

Memudahkan Anda mengecek ongkos kirim dari jasa logistik J&T, JNE, Grab, dan SiCepat sehingga membantu Anda dalam memberikan informasi kepada pelanggan tanpa perlu berpindah aplikasi ataupun menutup aplikasi.

Anda dapat memunculkan fitur Cek Ongkos Kirim pada Keyboard Jualan.

2. Keyboard Jualan

Anda tetap bisa memberikan kabar terbaru pesanan pembeli Anda dari aplikasi chat apapun berkat fitur Keyboard Jualan. Dengan mengaktifkan keyboard ini, Anda dapat langsung memberikan status pembayaran ataupun pengiriman terbaru barang pembeli Anda tanpa perlu pindah aplikasi.

3. Template Chat

Untuk membalas pertanyaan konsumen secara cepat, Anda dapat memanfaatkan fitur Template Chat untuk mengirimkan suatu rangkaian pesan. Selain itu, Anda juga bisa membuat template sendiri yang dapat disesuaikan dengan toko Anda.

4. Atur Transaksi

Anda juga bisa memeriksa status transaksi Anda, mulai dari membuat, mengedit, mengubah, dan membatalkan transaksi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat status suatu transaksi yang sedang berjalan.

5. Kontak Pelanggan

Anda tidak perlu lagi pindah aplikasi untuk menghubungi pelanggan Anda. cukup buka menu Kontak Pelanggan dan Anda dapat langsung menghubungi dan memberi tahu status belanja pelanggan Anda.

6. Website Jualan

Anda juga bisa membuat website jualan online Anda, dengan memasang produk Anda sehingga pelanggan dapat melihat dan membeli produk secara mudah.

Tidak hanya itu, Koala App juga memiliki fitur berlangganan bernama KOALA+ yang dapat membantu Anda karena memiliki tambahan fitur yang lengkap.

Melalui KOALA+, Anda dapat membagikan pesan atau Broadcast Message melalui WhatsApp Business API. Lalu Anda juga bisa memanfaatkan Chatbot untuk merespon pesan yang masuk secara otomatis.

Lalu ada juga manajemen produk dan transaksi dalam satu dashboard, sehingga mempermudah Anda melihat dan memeriksa semua transaksi yang sedang berjalan.

Dan, ada juga fitur Live Customer Service sehingga Anda dapat melayani pelanggan secara langsung hanya dari satu aplikasi saja. (***)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.