Berita Nasional Terpercaya

Belajar Digital Marketing dan Branding dengan Selebgram Batam, Bernard Wibowo

0

BERNAS.ID – Bermodalkan digital marketing, sebuah bisnis kini dapat dikenal masyarakat luas dengan lebih mudah. Hal tersebut sudah dibuktikan sendiri oleh selebgram asal Batam sekaligus digital marketing konsultan bernama Bernard Wibowo.

Bernard berhasil membangun branding sebagai seorang selebgram food vlogger. Ia berhasil melakukan branding secara mandiri dan berbuah manis. Kini, di akun Instagram pribadinya @bernard_huangg telah diikuti 126.000 followers.

Sudah banyak hasil yang didapat dari Instagramnya tersebut. Mulai dari paid promote, endorsement, hingga diundang kerja sama dengan berbagai brand yang diperhitungkan di Batam. Sehingga tidak hanya menghasilkan, tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan bisnis kafe @mr.bcoffee yang dikelolanya.

Baca Juga : Peringati Hari AIDS Sedunia, Selebgram Hits Jogja Kampanyekan Stop Diskriminasi ODHA

Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari jerih payahnya mengembangkan akun Instagram food vlogger @deliciousbatam yang sudah dibangun sejak tahun 2014 silam.

Dari hasil tersebut, bisa dibilang, kiprahnya di bidang digital marketing khususnya mengembangkan brand layak diperhitungkan.

Kesuksesan Bernard lantas membawanya untuk ingin berbagi ilmu dengan membuka layanan konsultasi digital marketing. Untuk menghubunginya, lelaki kelahiran tahun 1988 itu terbuka menerima DM di Instagram.

“Karena saya dulu mengalami betapa susahnya mengembangkan bisnis, kini saya terbuka bagi siapapun yang ingin berkonsultasi terkait branding dan digital marketing melalui DM @bernard_huangg,” ungkapnya saat diwawancara mengenai alasan utama dirinya berkecimpung di bidang digital marketing.

Lelaki yang murah senyum saat diwawancarai itu pun tidak pelit membagikan ilmu terkait digital marketing dan branding.

Menurutnya, pemula bisa memulai membuat konten yang sedang hits. Bisa juga mencari inspirasi dari content creator yang berkecimpung di bidang yang sama.

Ada lagi satu hal yang menurutnya sangat penting, yaitu passion. Inilah yang sebenarnya menjadi rahasia kesuksesan seorang Bernard Wibowo dalam mengelola beberapa akun Instagram sekaligus.

“Memang bersaing di dunia digital itu tidak mudah. Apalagi harus membuat konten. Namun, hal tersebut dikembalikan lagi ke passion. Setiap orang pasti memiliki passion tersendiri. Kalo dia sangat berminat dengan suatu hal, akan terus digeluti walaupun susah,” paparnya.

Ia menganjurkan agar ide yang ditemukan dikemas semenarik mungkin, edukatif, serta memiliki daya jual secara soft selling.

“Selain menciptakan unsur hiburan dan edukasi, paling penting itu sebuah konten harus memiliki daya jual. Tapi, usahakan jangan seperti jualan banget. Misalnya, menyelipkan kata-kata ajakan dan promosi di akhir atau di tengah konten video. Jadi, penonton terhibur, nilai jualnya juga masuk,” jelasnya.

Penting juga bagi seorang pemula yang berkecimpung di dunia digital memperhatikan jam posting untuk mendapatkan traffic.

“Memperhatikan jam posting ini kadang-kadang dianggap sepele. Padahal, dampaknya luar biasa jika disiplin dilakukan. Utamakan posting pada waktu terbaik di jam 10-12 siang, jam 2-4 sore, dan jam 6-8 malam,” katanya.

Baca Juga : Gini Caranya Konten Kreator SnackVideo Tetap Cuan Sesuai Community Guideline

Jika sudah konsisten melakukan hal tersebut, dirinya selalu menekankan untuk terus berkarya dan aktif di media sosial tanpa melupakan daya jual yang sebelumnya dijelaskan.

Dengan konsisten menerapkan ilmu yang sudah dibagikan oleh Bernard Wibowo, akun media sosial lambat laun pasti mengalami peningkatan followers.

Bernard mengakui, hal tersebut tidaklah mudah. Ditambah lagi, dirinya masih kerap mendapatkan sambutan negatif dari beberapa orang.

“Akan selalu ada orang yang negatif saat kota melakukan upaya branding secara digital. Sampai sekarang pun saya masih mengalaminya. Katanya, ‘Ah, Bernard cari nama. Postingannya lebai.’ Hal ini sebaiknya dijadikan pemicu semangat saja. Tetap fokus pada tujuan dan berusaha keras dengan terus membuat konten yang bagus,” tutupnya. (***)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.