Berita Nasional Terpercaya

Wakil Bupati Gunungkidul Panen Raya Padi Varietas Ciherang di Lahan 28 Hektar

2

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Kelompok Tani Ploso Agung menggelar panen raya padi varietas Ciherang dengan luas lahan 28 hektar. Panen raya bersama Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto di Gading, Playen, Gunungkidul mampu menghasilkan 5,4 ton/ha gabah kering giling, Senin (23/1/2023).

Ketua Kelompok Tani Ploso Agung, Rubiyati dalam laporannya menceritakan hambatan yang dihadapi saat masa tanam padi. Ia menyebut salah satunya penyaluran air  belum merata sehingga mengusulkan adanya pipanisasi. “Salah satu hambatannya adalah penyaluran air belum bisa jauh jadi kami mengusulkan pipanisasi,” tuturnya.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan, bibit padi yang digunakan merupakan varietas unggulan di antaranya varietas inpari 42 dan varietas ciherang. “Varietas yang digunakan unggulan semua, antara lain varietas inpari 42 dan ciherang” katanya.

Baca Juga DKP Gunungkidul Lepas 400 Ribu Benih Ikan Ke 20 Telaga

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengapresiasi panen raya padi kelompok tani Ploso Agung. Ia pun menyampaikan pentingnya menanam padi secara berkesinambungan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan nasional.

“Selaku pemerintah daerah memberikan apresiasi setinggi tingginya karna hasilnya cukup bagus untuk lahan tadah hujan,” ucapnya.

“Saya juga sangat berharap untuk bisa mendorong petani-petani milenial ikut bersinergi menjaga keberlangsungan hidup dan ketahanan pangan kita,” pungkasnya. (jat)

2 Comments
  1. […] Baca Juga Wakil Bupati Gunungkidul Panen Raya Padi Varietas Ciherang Di Lahan 28 Hektar […]

  2. […] Baca Juga Wakil Bupati Gunungkidul Panen Raya Padi Varietas Ciherang Di Lahan 28 Hektar […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.