Berita Nasional Terpercaya

Kiat Ampuh Membuat Nama Toko Online yang Estetik dan Otentik

0

BERNAS.ID – Kecanggihan teknologi membuat bisnis dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Banyak sekali aplikasi toko online berupa marketplace yang dapat diandalkan untuk mendukung bisnis.

Kini, Anda bisa merintis bisnis toko online untuk memasarkan produk dengan jangkauan lebih luas ke luar daerah hingga negara lain. Belum terlambat untuk memulai rencana bisnis jika saat ini Anda baru sempat mewujudkannya. Mari merintis bisnis online pertama Anda secara serius dengan membentuk personal branding yang kuat.

Membahas soal personal branding tentu tak lengkap tanpa menyebut soal nama toko online. Karena nama toko online aesthetic akan membuat bisnis Anda lebih cepat populer dan diingat banyak orang. Jadi, mari mencoba membuat nama toko online terbaik untuk mengawali kesuksesan bisnis Anda.

Tips Membuat Nama Toko Online Aesthetic dan Menarik

Beberapa hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda saat membuat nama toko online adalah sebagai berikut:

Jumlah kata yang tepat: semakin sedikit jumlah kata yang digunakan untuk nama toko, maka semakin mudah diingat pula nama tersebut. Jadi, usahakan agar nama toko pilihan Anda tidak melebihi tiga kata.

Dapat menjelaskan produk atau jasa secara langsung: pertimbangan berikutnya ketika menentukan nama toko online adalah deskripsi produk yang terkandung di dalamnya. Alangkah lebih baik jika Anda memilih nama yang bisa langsung mendefinisikan produk atau jasa, contohnya Laundry Kinclong, Juragan Unggas, dan Rumah Lumpia. Meskipun terkesan sederhana, kriteria ini akan membuat calon pelanggan lebih mudah mengingat bisnis Anda.

Hindari penggunaan istilah yang sulit dipahami: nama toko online aesthetic yang sarat filosofi memang menarik. Sayangnya, istilah yang sulit dipahami malah membuat nama toko tersebut mudah dilupakan. Kalaupun ingin menggunakan istilah tertentu, pastikan bahwa istilah tersebut gampang dipahami semua orang.

Jangan menggunakan padanan huruf yang sulit dieja: poin berikutnya yang tak kalah penting adalah ejaan nama. Sebaiknya Anda menghindari padanan huruf yang sulit dieja karena hal ini juga membuat nama toko online sulit diingat. Misalnya, Anda wajib menghindari nama yang mengandung padanan huruf seperti ch dan th. Selain sulit diingat, padanan huruf yang rumit juga akan menyulitkan saat Anda hendak membuat domain website.

Usahakan untuk menghindari penggunaan simbol: penggunaan simbol seperti tanda seru, strip, dan karakter lainnya juga berisiko membuat nama toko online jadi susah dipahami. Jadi, sebaiknya Anda hanya menggunakan huruf saja atau huruf yang disertai sedikit kombinasi angka.

Periksa orisinalitas nama di internet: nama toko online yang benar-benar belum pernah digunakan sebelumnya akan membuat bisnis Anda terkesan original. Oleh karena itu, Anda patut memeriksa orisinalitas nama toko di internet sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Jika menemukan nama yang sama persis atau mirip, maka Anda masih punya kesempatan mengganti nama toko.

Hal Penting Lainnya untuk Mendukung Personal Branding Toko Online

Personal branding toko online bukan sekadar soal nama toko yang estetik. Lebih dari itu, beberapa hal penting berikut ini juga patut jadi perhatian Anda saat merintis bisnis toko online:

Target pasar mempengaruhi strategi bisnis: perbedaan target pasar turut mempengaruhi strategi bisnis yang patut Anda lakukan. Contohnya, target pasar dari kalangan generasi milenial dan gen Z membuat Anda harus lebih aktif melakukan promosi di media sosial. Sementara itu, target pasar berupa kalangan generasi X lebih cocok dengan promosi konvensional dan sistem bisnis Cash On Delivery (COD) karena kurang familiar dengan metode pembayaran digital.

Siapkan detail kontak yang jelas: informasi kontak yang detail juga sangat mempengaruhi personal branding bisnis Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda sudah mencantumkan berbagai informasi seperti akun media sosial, nomor telepon, dan URL website secara jelas agar mudah diakses calon pelanggan.

Buat konten secara konsisten: promosi toko online membutuhkan konsistensi agar brand bisnis Anda lekas berkembang dan berhasil mengungguli kompetitor. Salah satu strategi yang patut Anda coba adalah membuat konten secara konsisten. Misalnya, jika Anda menjual produk berupa baju, maka jangan ragu membuat konten berupa panduan Outfit Of The Day (OOTD) atau padu padan outfit dengan harga super terjangkau. Konten yang menarik dan kekinian akan membuat Anda berkesempatan meraih perhatian lebih banyak calon pelanggan baru.

Jadikan saran dan kritik sebagai bahan evaluasi: menerima saran dan kritik memang tidak mudah, apalagi jika saran dan kritik tersebut tidak sesuai dengan fakta yang terjadi. Contohnya, kritik pelanggan tentang bahan baju ekstra tipis yang membuat tampilannya terkesan menerawang ketika digunakan. Padahal, Anda tidak pernah berbohong tentang detail material baju tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa lain kali Anda harus menjelaskan detail bahan baju secara lebih teliti untuk meminimalkan kesalahpahaman.

Jangan lupa bahwa nama adalah doa. Nama merupakan deskripsi toko online yang estetik dan mengandung arti yang baik adalah salah satu modal awal untuk mencapai kesuksesan bisnis di masa depan. Mari membuat nama toko online yang menarik dan membangun personal branding bisnis yang terkesan profesional dari sekarang. (***)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.