Berita Nasional Terpercaya

Pasar Argosari, Wonosari Menjadi Sasaran Gerakan Bersih Pasar

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar gerakan bersih pasar di Pasar Argosari, Wonosari, Kamis (16/2/2023). Gerakan Bersih pasar dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta turun langsung dalam gerakan bersih pasar sekaligus sebagai ajang sosialisasi tentang pengelolaan sampah melalui 3R (Reuse, Reduce, Recycle). “HPSN ini sebagai sarana pengingat, sekaligus sosialisasi penanggulangan sampah di Gunungkidul,” kata Bupati dalam sambutanya.

Baca Juga Wakil Bupati Gunungkidul Panen Raya Padi Varietas Ciherang Di Lahan 28 Hektar

Ia menekankan penanggulangan pengelolaan sampah dapat dilaksanakan dengan 3R. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Kemudian, reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Lalu, Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

“Pengelolaan sampah melalui 3R selalu kita tekankan kepada masyarakat dan ini mulai berkembang di Gunungkidul,” tutur Sunaryanta.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hary Sukmono mengatakan peringatan HPSN 2023 melibatkan komunitas, masyarakat pengelola sampah, OPD, TNI, Polri dan Relawan Gunungkidul dalam gerakan bersih pasar ini.

“Kita berkomitmen melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengelola sampah, untuk itu kita memilih area pasar agar masyarakat lebih mengetahui bagaimana cara pengelolaan  dan memilah sampah,” katanya.

Baca Juga Gunungkidul Punya Potensi Besar Di Sektor Kerajinan

Kegiatan bersih pasar dimulai dengan apel yang dipimpin langsung oleh bupati Gunungkidul. Dilanjutkan dengan pembersihan area pasar sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi, baik lantai satu maupun lantai dua.

“Kita juga bagikan tas kepada masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Jadi ketika belanja bisa memakai tas ini,” tambah Hary.

Turut hadir dalam kegiatan bersih pasar, Sekretaris Daerah ( Sekda) Gunungkidul Sri Suhartanta, Kepala Dinas Perdagangan Kelik Yuniantoro, Ketua Tim Penggerak PKK Gunungkidul Diah Purwanti Sunaryanta serta perwakilan dari komunitas, OPD, TNI, Polri dan relawan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.