Berita Nasional Terpercaya

Sifat Sabar Perlu Dimiliki Entrepreneur Cerdas

0

Ada sejumlah pakar yang mengatakan bahwa faktor ketidaksabaran itulah salah satu sebab yang membuat bisnis seorang entrepreneur mengalami kemunduran bahkan kebangkrutan. Nah, jika Anda saat ini sebagai seorang entrepreneur atau wirausahawan, maka tentu menginginkan usaha yang Anda tekuni menjadi sukses dan dapat diandalkan untuk masa depan.

Nah, jika Anda pembaca tulisan ini, ingin sekali menjadi seorang entrepreneur cerdas, maka sudah tentu harus mempersiapkan mental yang kuat dan memiliki sifat sabar menghadapi segala tantangan. Hal itu sangat perlu dimiliki seorang entrepreneur cerdas agar tetap dapat bertahan dalam kondisi apapun sebagai wirausahawan atau entrepreneur. Penulis yakin, para entrepereneur tentu akan siap memulai usahanya dengan cara merangkak dari bawah hingga ke atas, dan meraih kesuksesan.

Bahkan, ketika Penulis bersama Prof.Mudrajad Kuncoro, Ph.D menulis biografi Rachmad Ali seorang bankir terkenal di Yogyakarta asal Padang, juga memulai usaha BPR dari nol. Lewat perjuangan dan kerja keras. Bahkan, dalam buku biografi Rachmad, Penulis tulis bagaimana kisah Rachmad Ali yang awalnya sebelum menjadi entrepreneur sukses pernah menjadi penyadap karet dan penjual daun pisang.
“Kuncinya, sabar, mau kerja keras dan harus semangat serta pantang menyerah, “ ujar Rachmad Ali kepada Penulis saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Yah, memang tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi entrepreneur sukses memang harus mengalami dulu proses yang sangatlah berat. Banyak hal yang tidak kita kehendaki dapat terjadi suatu saat dalam usaha kita. Oleh karena itu dibutuhkan mental yang sangat kuat untuk menjadi entrepreneur. Berbagai macam faktor yang tidak terduga suatu saat dapat mengacaukan usaha yang kita tekuni. Untuk itu kita harus sabar dalam menghadapi apapun yang terjadi dengan usaha yang kita tekuni.

Perlu kita ketahui bahwa ketidaksabaran dapat mengakibatkan hal – hal yang sangat fatal, terlebih pada suatu usaha yang telah kita kembangkan sejak lama. Ketidaksabaran dalam berbagai macam proses tentu akan menimbulkan kecerobohan yang sering kita lakukan. Anda pun, sebagai wirausaha dituntut pula untuk sabar menyikapi berbagai macam persoalan yang selalu Anda hadapi dalam dunia usaha. Jadi kita, harus sabar setiap saat, setiap waktu dan dimana pun kita berada. Persoalan tersebut dapat kita atasi dengan berbagai cara termasuk dengan bersabar mencari solusi yang terbaik untuk persoalan yang kita dapatkan dari berbagai macam persoalan tersebut.

Oleh sebab itu mental kita sebagai entrepreneur akan teruji ketika dihadapkan dengan berbagai macam persoalan yang sangat mengganggu usaha yang kita rintis dalam meraih kesuksesan. Seperti kita ketahui, dalam dunia usaha banyak sekali saingan dan berbagai macam persoalan yang harus kita hadapi. Kita mengetahui jika saingan itu tidak selamanya bersaing dengan cara yang sehat atau melakukan kecurangan.

Persoalan yang demikian biasanya dapat membuat kita kurang sabar dalam menanggapinya, sehingga muncul berbagai macam tindakan ceroboh yang kita lakukan dalam menanggapi persoalan tersebut. Dengan demikian emosi kita akan tersulut dan kita akan dihadapkan pada suatu keadaan dimana penalaran tidak dapat kita gunakan dalam menanggapi masalah tersebut. Sehingga terkadang situasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak lainnya untuk merugikan usaha kita.

Seorang entrepreneur yang tidak sabar senantiasa melakukan sesuatu dengan terburu – buru. Dengan cara tersebut tentu hasil yang diperoleh kurang maksimal, sehingga mengecewakan banyak pihak terutama para konsumen. Seorang entrepreneur yang terburu – buru dalam mengerjakan sesuatu yang wajib dikerjakannya tentu akan memberikan hasil yang kurang bagus karena pikiran kita tidak akan fokus ketika mengerjakan sesuatu dengan terburu – buru.

Berbeda halnya dengan seorang entrepreneur cerdas yang punya sifat sabar dan tidak terburu – buru dalam melakukan pekerjaannya. Seorang entrepreneur yang dapat melakukan pekerjaannya dengan sabar tentu akan dapat menekuni usahanya dengan baik. Seorang entrepreneur yang tekun tentu akan mendapatkan kesuksesan dalam waktu yang tidak dapat ditentukan.

Biasanya seorang wirausaha atau entrepreneur baru akan memperoleh kesuksesan dalam usahanya selama bertahun – tahun menekuni usaha tersebut dengan penuh kesabaran. Dengan demikian, waktu yang dapat kita gunakan untuk meraih kesuksesan dalam melakukan usaha tidaklah singkat.
Kita harus membangun tiap aspek dalam usaha kita agar dapat meraih kesuksesan. Kita memerlukan waktu yang sangat lama untuk meraih apa yang kita inginkan yaitu kesuksesan dalam usaha, namun jika kita tidak sabar maka kita hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk ‘menghancurkan’ semua yang telah kita miliki.

Oleh karena itulah, Pembaca tulisan ini tentunya tidak menginginkan hal itu terjadi, maka bersabarlah. Memang, bukan hal mudah, tetapi kita harus berusaha mencobanya, dan itu lebih baik dari pada Anda tidak mencobanya sama sekali. *** ( Joko Indro )

Leave A Reply

Your email address will not be published.