Berita Nasional Terpercaya

Jalur Rel Kereta Api dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga Stasiun Wates Mulai Dicek Jelang Mudik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) bersama dengan PT KAI DAOPS VI Yogyakarta mengecek kesiapan jalur rel kereta api dari Stasiun Tugu sampai Stasiun Wates, Jumat (14/4/2023). Pengecekan yang dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan didampingi oleh Ka Daops VI KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Tujuan pengecekan menyasar kesiapan stasiun kereta api hingga jalur rel agar arus mudik menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah besok berjalan aman dan lancar. “Kegiatan ini rutin kami laksanakan untuk tetap menganggap operasi ini bersifat operasi yang khusus karena pemudik itu akan mengalami peningkatan sebanyak 44% dari tahun lalu,” jelas Kapolda DIY di Stasiun Wates Kulonprogo.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Ia mengatakan, arus mudik tahun 2023 diprediksi mengalami peningkatan jumlah sebanyak 123 juta orang dari tahun sebelumnya sebanyak 83 juta. Peningkatan itu akan berpengaruh terhadap angkutan kereta api yang masuk wilayah Daops VI.

“Jadi sangat penting memastikan bahwa situasi kondisi jalan, tidak hanya kondisi jalan rel kereta apinya tetapi juga lingkungan sekitarnya, sehingga sebagai modal kita untuk memberitahukan kepada jajaran Kepolisian di sekitar stasiun dan PT KAI karena akan ada penambahan arus kereta api yang cukup banyak. tentunya keselamatan jalur penutup-penutup jalan diluar stasiun kereta api itu harus diberikan perhatian khusus,” beber Kapolda.

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

Sementara itu, Ka Daops VI KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan jajaran PT KAI telah melaksanakan pengecekan dan Safety First keselamatan. Kemudian prasarana jalur-jalur juga sudah dilakukan pemeriksaan, termasuk juga para kru juga telah melaksanakan medical check up.

“Terkait perlintasan tanpa palang pintu, pihak kereta api sudah melaksanakan pengecekan dan menambah penjaga perlintasan ekstra tahun ini. PT KAI telah berupaya semaksimal mungkin untuk penambahan (jumlah personel pengamanan) baik tambahan dari internal maupun kita rekrut dari eksternal terutama warga sekitar,” tutup Raden Agus. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.