Berita Nasional Terpercaya

Perayaan Fenomenal: Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 Digelar Di 553 Titik Tanah air.

0

JAKARTA, BERNAS.ID- Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 silam adalah saat Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum. Pesiden  Soekarno berpidato di hadapan BPUPKI mengusulkan nama dasar negara Pancasila. Dalam suatu momen yang luar biasa, peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023, tidak saja di laksanakan upacara di Monumen Nasional saja namun digelar di 553 titik menyebar ke seluruh Indonesia. Berdasarkan mandat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 51 tahun 2022 tentang program Paskibraka.

Presiden Jokowi bertidak sebagai inspektur upacara dalam pidatonya mengamanatkan, “Di tengah krisis yang melanda dunia, dari sedikit negara yang berhasil, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonominya, stabilitas politik, inflasi terkendali, lapangan kerja bertambah, investasi tumbuh. Fondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan oleh Ir Soekarno Presiden Pertama RI. Kesuksesan Indonesia dalam gelaran presidensi G-20 hingga KTT ASEAN menjadi bukti ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diakui dunia. Pancasila bukan hanya untuk  Indonesia. Pancasila sangat relevan untuk dunia. Negara besar Indonesia harus duduk sejajar dengan negara lain, berkolaborasi dengan negara manapun. Dan menjadi titik temu serta jembatan perbedaan di dunia. Salam Pancasila ! “.

Puan Maharani (Ketua DPR RI) membacakan Undang-Undang Dasar 1945 dan Bambang Soesantyo (Ketua MPR RI) membacakan Pancasila. Turut mengikuti upacara K.H Ma’aruf Amin (wakil Presiden XIII), Prof.Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri (Ketua Dewan Pengarah BPIP), Dr.H. Hamzah Has (wakil presiden IX), Prof. Dr. H. Boediono, B.Sc., M.Ec., Ph.D (wakil presiden XI), para Menteri Indonesia Maju, Duta besar negara sahabat, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, PUSPEN TNI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., DPD-RI, BPK-RI, KY, MK-RI, MA-RI, BPIP, dan para undangan lainnya.

Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila ditetapkan tanggal 1 Juni 1945.  Setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bentuk pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutaman Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Komitmen bersama segenap bangsa dan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023 dilaksanakan melalui upacara di seluruh wilayah Republik Indonesia dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Makna Logo Harlah Pancasila 2023 sarat akan makna di setiap detailnya. Ilustrasi masyarakat berpegang tangan memiliki makna melambangkan semangat gotong royong dan peradaban manusia. Tanda panah ke atas di bawah kepala Garuda melambangkan pertumbuhan global. Ilustrasi burung Garuda dengan warna merah putih mempresentasikan simbol negara yakni pancasila, semangat pancasila, serta semangat juang bangsa Indonesia. Sayap berjumlah 5 helai mempresentasikan nilai-nilai Pancasila. Membentuk lingkaran bermakna bola dunia sebagai wujud peradaban dunia. (DEV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.