Berita Nasional Terpercaya

Petani Gunungkidul Panen Tembakau 4 Varietas

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta bersama para petani menggelar panen tembakau, di Kapanewon Purwosari, Sabtu (5/8/2023). Ada empat varietas yang dipanen di antaranya Sadana, Jowo, Paiton, dan Kedu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Rismiyadi mengatakan luas lahan tanaman tembakau yang tersebar di Kalurahan Giritirto dan Giriasih mencapai 68,5 hektar. Luas tanaman ini dari tahun ketahun terus mengalami penurunan.

“Tahun 2021 ada 75,7 hektare dan tahun 2022 ada 71,7 hektare,” katanya.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Pihaknya mengatakan, selain luas lahan yang mengalami penurunan, jumlah produksi daun basah juga mengalami penurunan pada tiga tahun terakhir. Pada Tahun 2021 tercatat 63 ton sementara tahun 2022 turun menjadi 53 ton.

“Untuk tahun 2023 data yang masuk sementara, produksi daun basah tercatat 28 ton,” ungkap Rismiyadi.

Salah satu petani tembakau, Mandoyo mengatakan kendala yang dihadapi petani tembakau pada umumnya masalah sarana prasarana penyiraman. Selain itu petani juga mengeluhkan masalah pengeringan.

“Harga jual tingkat petani saat ini mencapai Rp100.000 – Rp300.000 tergantung varietas tembakau,” kata Mandoyo.

Terkait dengan pemasaran, ia menyebut tembakau dijual di pasar lokal, pengepul dan pedagang diwilayah Bantul. Namun tidak sedikit masyarakat yang memasarkan secara online.

“Pasar online lebih mengarah ke pasar luar daerah,” ucapnya.

Baca Juga: Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, sentra tembakau di Gunungkidul terdapat di empat wilayah di antaranya Ngawen, Semin, dan Purwosari. Untuk Purwosari terpusat di Padukuhan Ploso dan Gading Kalurahan Giritirto.

“Potensinya luar biasa, memang dibutuhkan pendampingan yang lebih maksimal lagi,” kata bupati.

Selain mengikuti panen dengan petani, Bupati juga melihat langsung proses pengolahan tembakau dari pemotongan, pengeringan hingga pengepakan sebelum dijual. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.