Berita Nasional Terpercaya

Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Festival Anak Lereng Merapi dalam rangka Hari Jadi Kalurahan Hargobinangun ke-77 diikuti 600 anak-anak usia PAUD hingga Sekolah Dasar se-Kalurahan Hargobinagun dan sekitarnya, Selasa (24/10/2023). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo secara langsung hadir dalam kegiatan yang digelar di Kampoeng Mahoni Hargobinangun Pakem tersebut.

Baca Juga Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Kustini dalam sambutannya berpesan pendidikan karakter sejak usia dini penting untuk ditanamkan kepada anak. Menurutnya usia kanak-kanak merupakan momen yang tepat untuk mengoptimalkan berbagai minat dan bakat anak. Harapannya, anak berkembang menjadi generasi cerdas yang mampu mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

“Usia dini merupakan golden age yang jika terlewatkan tidak akan dapat diulang kembali. Pemberian kesempatan dan pendidikan karakter sejak usia dini dapat mengoptimalkan kreativitas dan menentukan keberhasilan perkembangan anak selanjutnya sehingga generasi muda dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045,” terangnya.

Lebih lanjut, ia berharap melalui festival ini, anak-anak tertarik untuk melestarikan budaya dan seni tradisional. Di samping itu, kita bisa mengajak masyarakat untuk ikut serta merasa memiliki berbagai budaya dan seni tradisional.

Sementara itu, Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito melaporkan Festival Anak Lereng Merapi melibatkan seluruh kelompok masyarakat termasuk anak-anak usia dini. Ia menyebut kurang lebih sekitar 600 anak-anak yang berasal dari SPS, TK, dan SD di Hargobinangun Pakem dan sekitarnya.

Baca Juga Kepala Dispertaru DIY Jadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

“Kami melibatkan seluruh warga tidak terkecuali anak-anak kita untuk lebih mengenalkan potensi keberagaman budaya di Hargobinangun dan Sleman. Mudah-mudahan anak-anak kita dapat meneruskan melestarikan budaya melalui Festival ini,” ujar Amin.

Festival Anak Lereng Merapi dimeriahkan dengan dengan defile dari masing-masing SPS, TK maupun SD dilanjutkan penampilan tarian tradisional persembahan dari masing-masing Kelompok. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.