Berita Nasional Terpercaya

Perkenalkan Khasiat Jamu, Dewan Jamu Indonesia Minum Jamu Bareng Sivitas UAD

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dewan Jamu Indonesia (DJI) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dekan Farmasi UAD, dan Mahasiswa Farmasi UAD menikmati bersama aneka jamu di lobby kampus Farmasi UAD Yogyakarta, Kamis (2/11/2023).

Ketua Dewan Jamu Indonesia Cabang DIY, Prof Nyoman Kertia menyampaikan, setiap satu bulan sekali pihaknya menggelar kegiatan minum jamu bersama dengan berkeliling ke universitas, rumah sakit dan instansi yang ada di DIY.

“Misi kegiatan ini adalah menyebarkan lebih jauh tentang jamu, dan dengan segala khasiat baiknya,” ujar Prof Nyoman.

Baca Juga : Dewan Jamu Indonesia DIY : Jamu Banyak Sekali Manfaatnya

Prof Nyoman mengatakan, pihaknya ingin mempromosikan, menyampaikan, dan meyakinkan kepada masyarakat bahwa jamu itu aman dan berkhasiat.

“Kegiatan ini kami gerakan agar semakin menggeliat, masyarakat yakin dengan khasiat karena merasakan sendiri. Jamu sudah punya bukti ilmiah bahwa membawa manfaat. Masyarakat tahu bahwa jamu masuk kampus, diterima kalangan ilmiah. Gerakan ini akan terus kami lakukan karena manfaat jamu ini luar biasa dan kita bisa rasakannya sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UAD, Prof Muchlas mengapresiasi dan menyambut antusias kolaborasi yang dilakukan Dewan Jamu Indonesia dengan UAD, dalam menggelorakan minum jamu di kampus.

“UAD memiliki Fakultas Farmasi yang juga sering kali melakukan penelitian tentang jamu. Kami menyambut antusias minum jamu bareng di Fakultas Farmasi ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Prof Muchlas, UAD memiliki fakultas yang bisa berkolaborasi dengan Dewan Jamu Indonesia. Banyak kajian yang terkait jamu ini, bagaimana sinergi ini bisa lebih kuat lagi ke depan.

Baca Juga : Jamu dan Herbal Pelangsing, Apakah Aman dan Efektif?

“Jamu sudah menjadi bagian dalam kajian akademik. Ini upaya kita membangun kepercayaan masyarakat dan regulator terkait obat dan jamu di Indonesia. Hal ini agar bisa mendapat tempat sebagai upaya bangsa menyehatkan warganya,” terangnya.

Aulia Salsabila Merdekasari, Mahasiswi Farmasi UAD mengaku, dengan adanya kegiatan minum jamu bersama ini meningkatkan antusias mahasiswa dalam mengkonsumsi jamu.

“Jadi kami bisa tahu khasiatnya apa, belinya dimana, cara mengkonsumsinya bagaimana,” katanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.