Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Bahan Viscose, Ciri, Kelebihan, dan Cara Merawatnya

0

BERNAS.ID – Di dunia industri tekstil, kita akan menemukan beragam jenis kain yang berbeda digunakan. Setiap jenis kain tersebut memiliki atribut serta properti yang unik. Salah satu dari varian tersebut adalah bahan viscose, yang sering juga disebut dengan rayon.

Bahan viscose merupakan pilihan alternatif untuk menggantikan sutra dalam pembuatan kain. Sebagai material yang telah terbukti dalam pembuatan pakaian selama beberapa dekade, viscose tidak hanya berguna untuk keperluan fashion, namun juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan lainnya.

Apa Itu Bahan Viscose?

Rayon viscose, yang sering disebut sebagai viscose, termasuk dalam kategori kain semi-sintetis. Bahan utamanya adalah selulosa atau pulp kayu yang diperoleh dari pohon cepat tumbuh seperti kayu putih dan bambu.
Dalam proses produksinya, selulosa tersebut dicampur dengan larutan kimia untuk membentuk pasta kental yang kemudian dipintal menjadi serat dan diolah menjadi benang.

Secara umum, viscose sering dikenal dengan sebutan Sutra KW karena memiliki tekstur yang lembut dan mengkilap, menyerupai sutra. Namun, penting untuk diingat bahwa perawatan viscose berbeda dari kain lainnya.

Viscose dapat menjadi pilihan yang tepat jika mencari bahan yang tahan lama dan terjangkau. Kain ini memiliki daya tahan yang baik untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari dan dapat digunakan sebagai bahan untuk produk rumah tangga.

Dengan demikian, viscose dapat dikatakan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Perlu diketahui juga bahwa konveksi yang sering menggunakan bahan viscose yang berkualitas tinggi satu-satunya adalah konveksi Oscas.

Pada akhir abad ke-19, seorang ilmuwan Prancis menemukan bahan serat alami yang dikenal sebagai viscose. Sebelum penemuan tersebut, Robert Hook dari Inggris telah mencoba mengembangkan jenis bahan serupa.

Namun, produksi massal viscose baru dilakukan pada abad ke-20. Sejak saat itu, kanvas viscose telah meraih popularitas yang besar karena kemampuannya yang serbaguna.

Ciri Bahan Viscose
Kain viscose memiliki keunikan tersendiri dan menarik banyak minat dari penggemar fashion. Di bawah ini adalah beberapa ciri khas utama dari bahan ini, yang kadang disebut sebagai alternatif dari sutra:

1. Warnanya Beragam
Viscose menonjol dalam dunia tekstil karena kemampuannya mempertahankan warna yang cerah dan tahan lama. Kain ini juga mudah menyerap warna, sehingga tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari warna-warna muda hingga yang lebih gelap, sesuai dengan tren mode saat ini.

2. Kemiripan dengan Sutra
Salah satu ciri khas viscose adalah teksturnya yang hampir serupa dengan sutra. Hal ini membuat viscose menjadi alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sutra, tetapi tetap menawarkan kesan yang lembut dan berkilau, menciptakan tampilan yang elegan dan mewah.

Meskipun serupa dengan sutra, viscose lebih mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga menjadi favorit di kalangan perancang busana dan penggemar mode.

3. Cenderung Mengkerut dan Kusut
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa viscose cenderung mengkerut dan kusut saat digunakan. Ini dapat mempengaruhi penampilan pakaian, terutama dalam acara penting.

Oleh karena itu, disarankan untuk merawat dan menyimpan pakaian viscose dengan baik, serta menggunakan setrika dengan suhu rendah untuk menjaga kekencangan kain.

4. Tidak Elastis
Viscose umumnya memiliki sifat kaku, tetapi sering kali dicampur dengan serat elastis untuk meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas saat dipakai.

5. Berkarakter Adem
Kain ini memiliki sirkulasi udara yang baik karena termasuk dalam kategori kain semi-sintetis dan memiliki permukaan yang tidak terlalu tebal seperti wol. Hal ini membuat viscose menjadi pilihan yang nyaman untuk dipakai dalam berbagai kondisi.

Kelebihan Bahan Kain Viscose
Beragam faktor mendasari popularitas kain rayon viscose di kalangan produsen pakaian. Selain permintaan yang tinggi, kelebihan-kelebihan berikut menjadi alasan mengapa kain viscose diminati oleh banyak konsumen:

1. Fleksibilitas Tinggi dan Multifungsi
Kain ini menonjolkan tingkat fleksibilitas yang tinggi, mampu menyesuaikan diri dalam berbagai desain pakaian, baik sebagai bahan tunggal maupun dalam kombinasi dengan kain lainnya.

Viscose dapat diaplikasikan sebagai bahan pokok dalam pembuatan pakaian serta beragam produk rumah tangga seperti gorden.

2. Harga Terjangkau
Viscose menjadi alternatif yang terjangkau untuk kebutuhan akan sutra versi yang lebih ekonomis.

Harganya yang terjangkau sebagian besar karena campuran serat sintetis dalam komposisinya, menjadikannya pilihan yang ekonomis.

3. Memiliki Tekstur Lembut
Tekstur viscose terasa lembut saat disentuh, serupa dengan kehalusan sutra alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa kain ini cenderung rentan terhadap kerutan dan kusut.

4. Daya Serap Air dan Keringat yang Baik
Bahan viscose memiliki kemampuan menyerap air dan keringat dengan baik, memungkinkan pakaian yang terbuat darinya untuk menyerap keringat dengan efektif, sehingga pengguna merasa nyaman. Namun, perawatan yang baik diperlukan untuk menjaga keawetan kain viscose.

5. Bobot Ringan
Kain viscose memiliki bobot yang ringan, membuatnya nyaman digunakan terutama dalam cuaca panas. Keringanan ini memberikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya.

Cara Merawat Kain Viscose
Meskipun memiliki harga yang terjangkau, perawatan untuk bahan kain seperti viscose tetap memerlukan kehati-hatian tertentu.

Namun, salah satu kelebihan dari viscose adalah kemudahan dalam perawatannya dibandingkan dengan kain sutra asli. Untuk menjaga bahan viscose tetap terawat dengan baik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Pertama-tama, penting untuk memeriksa label laundry yang terdapat di dalam pakaian. Instruksi perawatan biasanya disertakan di sana, dan bahan seperti viscose mungkin disarankan untuk menggunakan layanan dry-clean. Namun, penting untuk diingat bahwa memeras kain viscose tidak disarankan agar menghindari kerutan yang cepat muncul.

Kedua, ketika mencuci viscose, disarankan untuk melakukannya secara manual. Mesin cuci dengan siklus putaran yang keras dapat memperburuk kondisi kerutan pada kain. Selain itu penting juga untuk menghindari penggunaan air hangat, karena dapat menyebabkan warna kain memudar dengan cepat.

Jika terdapat noda pada kain viscose, sebaiknya segera bersihkan dengan hati-hati. Hindari menggosok kain terlalu kasar, karena viscose cenderung membuat noda menjadi kering. Penting untuk segera mengatasi noda tersebut agar tidak semakin sulit untuk dibersihkan di kemudian hari.

Mengucek kain terlalu kuat juga perlu dihindari, karena dapat merusak serat kain dan memperburuk kondisi kain secara keseluruhan. Dengan mengikuti tips-tips perawatan ini bahan kain viscose dapat tetap terlihat segar dan terawat dengan baik selama penggunaannya.

Itulah tadi penjelasan mengenai bahan viscose terkait dengan ciri, pengertian, kelebihan serta cara merawatnya. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, bahan viscose telah terbukti menjadi pilihan yang populer untuk berbagai jenis produk pakaian.

Fleksibilitasnya membuatnya menjadi alternatif yang menarik bagi sutra. Selain itu, ketersediaan dan harga yang terjangkau menjadikannya opsi yang menarik bagi konsumen dari berbagai lapisan masyarakat.

Dengan demikian, bahan viscose tidak hanya memberikan kualitas yang baik, tetapi juga memenuhi kebutuhan akan produk yang ramah di kantong. Oleh sebab itu bahan kain viscose ini juga menjadi salah satu bahan kain yang sangat recommended. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.