Berita Nasional Terpercaya

Pelatihan Aksara Jawa Dilakukan untuk 30 Kampung Kota Jogja di 2024

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja menggelar pembukaan Pawiyatan (pelatihan) Aksara di Kampung Kota Yogyakarta, Selasa (20/2/2024). Ini adalah kegiatan tahunan yang rutin digelar sejak dua tahun lalu.

Kabid Warisan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Susilo Munandar menjelaskan, Pawiyatan Aksara di Kampung Kota Yogyakarta merupakan program strategis sejak 2022. Awalnya pelatihan menulis aksara Jawa dilakukan kepada perwakilan lima kampung, dan di 2023 dilanjutkan dengan lima kampung juga.

“Dari masyarakat memberikan respons positif, sehingga kami melanjutkan kegiatan ini, dan tahun ini menyasar pada 30 kampung,” ujarnya dalam pembukaan acara di Pendopo Suryo Puri.

Baca juga: Pemkot Jogja Gencarkan Penggunaan Aksara Jawa Di Ranah Digital

Ia memaparkan, dalam pelatihan ini, tiap kampung mewakilkan 25-30 peserta. Ke depan seluruh kampung di Kota Jogja, sebanyak 169 kampung ditargetkan akan mendapat pelatihan juga.

“Pelatihan ini digelar antara 20 Februari sampai 5 Maret selama dua kali pertemuan untuk tiap kampung,” imbuhnya.

Baca juga: Taman Aksara Pacibita, Menjaga Aksara Jawa Dari Kepunahan

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja Yetty Martanti menjelaskan, Kampung Kadipaten adalah salah satu kampung. Pihaknya memang ingin agar aksara Jawa bisa lebih dipahami dan dimaknai secara luas. Pasalnya selama ini pembelajaran aksara Jawa di sekolah dianggap sangat berat. Karena itu, kegiatan pelatihan ini digelar secara menyenangkan, dan melibatkan berbagai usia, termasuk anak-anak.

“Kalau sebelumnya pelaksanaan pelatihan dipusatkan di satu tempat, sekarang dilakukan di kampung-kampung, supaya banyak yang mengikuti kegiatan ini secara langsung,” ujar dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.