BERNAS.ID – Kemajuan organisasi, apapun jenis organisasi itu sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor inilah yang seringkali perlu diperkuat agar eksistensi organisasi sesuai bidang atau layanannya dapat terwujud dengan baik dan efektif.
Faktor dalam keberhasilan organisasi sama seperti Sumber Daya yang dimiliki sebagai pondasi keberhasilan suatu organisasi bersaing sekaligus acuan pencapaian target yang akan dipenuhi.
Sumber Daya ini meliputi beberapa hal, diantaranya Mesin, Metode dan Manusia yang kerapkali menjadi modal utama dalam pengembangan organisasi selain modal yang berupa uang.
Baca Juga : BPKH-UGM Bersinergi dalam Pembentukan SDM Berkualitas
Salah satu Sumber Daya yang terbukti ampuh dalam menentukan arah perjalanan Perusahaan/organisasi kedepan adalah Sumber daya berupa Manusia (Man), karena justru ini adalah sumber daya terpenting asset utama yang akan memberikan dampak besar dalam kemajuan Perusahaan di masa yang akan datang
“Semakin kompeten Sumber Daya Manusia yang ada dalam organisasi anda maka semakin berkesempatan Usaha anda berkembang, karena dikelola dengan tangan – tangan ahli dari SDM anda yang terbukti kompeten di bidangnya masing – masing”.
Maka perlu memaksimalkan lagi peran Sumber Daya Manusia (SDM) ini untuk lebih terlibat dalam percepatan dan pengembangan bisnis dalam usaha/organisasi.
Pengelolaan SDM ini juga cukup rumit namun jika dikelola dengan baik dan tepat maka akan semakin terlihatlah peran SDM dalam perkembangan bisnis organisasi kedepan.
Ada 4 tahap dalam pengelolaan SDM, yaitu :
• Recruitment
• Adminsitrasi
• Maintaining
• Development
Pada tulisan ini, saya akan lebih banyak mengulas tentang bagaimana Secret of Recruitment yang memang perlu dipahami sebagai salah satu pintu awal dalam menciptakan SDM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.
Recruitment menjadi salah satu pintu gerbang atau pintu masuk setiap SDM menuju rumah kontrakannya.
Setiap orang membutuhkan rumah tinggal dan akan mencari rumah yang sesuai dengan visi dirinya, entah itu rumah kontrak ataupun rumah itu adalah tempat tinggal bagi diri dan masa depannya, sedangkan kita sebagai bagian SDM dalam organisasi sama seperti penjual atau penyewa rumah tinggal, karena kita memiliki kebutuhan akan rumah kita yang harus segera dihuni.
Namun jangan salah guys, rumah yang kita jual atau sewakan ini pastikan juga kita memiliki kriteria tertentu yang utamanya adalah setiap orang yang tinggal didalamnya ini memenuhi kualifikasi :
• Bisa Bahagia
• Bisa senang
• Bisa merawat/menjaga
• Bisa memastikan “kebersihan”
• Bisa mengembangkan
Artinya setiap orang yang kita cari haruslah memiliki “Kesamaan dan kenyamanan ketikan tinggal dalam beberapa waktu di rumah ini”. Ketika kita nyaman tinggal maka kita akan menjadi lebih aware merawat dan mengembangkan rumah dan segala budaya didalamnya.
Baca Juga : Ada SPBU Batasi Pembelian Pertalite, Begini Kata Menteri ESDM
Proses Recruitment juga mensyaratkan hal tersebut, karena kita tidak bisa asal panggil orang, mungkin kualifikasi orang tersebut sama dengan syarat yang kita tentukan dalam jabatan atau fungsi tertentu yang kita butuhkan, namun belum tentu kualifikasi tersebut sama untuk fungsi yang ada karena karakter tertentu yang tidak dimiliki orang tersebut sesuai dengan budaya yang sedang dibangun.
Maka dalam hal recruitment ini perlu 3 hal yang harus kita siapkan yang belum banyak diketahui orang namun ini terbukti efektif dalam prosesnya, 3 hal tersebut adalah :
Pertama, Tetapkan dahulu Jabatan dan kualifikasi tertentu pada organisasi anda yang berhubungan dengan capaian bisnis anda dalam organisasi tersebut.
Bisnis perlu dijaga dan dikembangkan dan tidak semua orang memahami bisnis ini sebagai bagian hidupnya.
Ada orang yang hobby memasak tapi tidak mau menawarkan apa yang menjadi kehaliannya, orang yang hobby menyampaikan pendapat dan membangun suasana tertentu untuk menghidupkan budaya dan system tertentu namun mereka tidak mau terlibat dari sekedar “konsep” yang mereka bangun, termasuk ada orang yang sukanya nglayap dan menceritakan tentang banyak hal dan lebih suka menjual apa yang ada dalam pikirannya namun ndak mau repot mengurusi hal rumah tangga.
Inilah yang perlu kita siapkan dahulu karena kita perlu menyapkan tim kita seefektif mungkin sehingga setiap fungsi dapat dilakukan dengan tepat oleh orang yang tepat nantinya (The Rigth man in the right place).
Dalam menetapkan “ruangan fungsi” ini kita semua perlu memahami arah bisnis kita saat ini maupun pada masa yang akan datang karena dengan memahami arah bisnis ini kita menjadi semakin memahami organisasi seperti apakah yang kita butuhkan termasuk jenis pribadi orang yang kita harapkan sejalan dengan ruangan yang kita siapkan.
Salah satu metode yang bis akita siapkan dalam hal ini adalah Man Power Planning, dari situ kita akan memahami posisi, jumlah dan kualifikasi apa yang kita butuhkan sesuai dengan tujuan bisnis kedepan.
Kedua, temukan dimana kitab isa melakukan recruitment dengan tepat, apakah kita akan melakukannya sendiri atau kita memerlukan bantuan pihak lain yang lebih ahli untuk tugas mulia ini.
Kita perlu memetakan beberapa metode dan platform yang sesuai dengan jenis orang yang akan kita rekrut, mungkin saat ini banyak orang lari ke salah satu platform terbesar dalam rekrutmen tapi belum tentu efektif mencari orang yang kita butuhkan, bukan karena tidak baik tetapi karena memang kurang sesuai sasarannya.
Metode yang cukup menarik dibahas memang salah satunya dengan melibatkan karyawan lain yang telah menjadi bagian dari Perusahaan sebelumnya dengan testimonia tau pandangan mereka yang memang obyektif denga napa yang sudah dialami dan dirasakan di organisasi mereka berada inilah yang salah satunya bisa disebut dengan Employee Branding.
Kita perlu memastikan sekali lagi bahwa setiap orang nyaman di rumah kita saat ini, mereka senang, mereka Bahagia dan mereka menyadari adanya hubungan timbal balik antara organisasi dengan mereka, seperti symbiosis mutualisme yang positif sehingga semua sejajar dan saling memberikan rasa manfaat didalamnya.
Ketiga, tentukan metode tes yang paling tepat. Tepat bukan berarti mahal dan bergengsi, tepat berarti mampu mengukur kualifikasi yang dibutuhkan oleh organisasi atas orang yang sesuai fungsi kerjanya, ini bisa disiapkan jangka Panjang karena dengan metode ini akan memudahkan setiap rekrutmen yang dilakukan nantinya.
Anda akan memulai dengan waktu yang sangat Panjang karena anda membutuhkan diskusi dan kriteria yang majemuk dan diperlukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan namun hal ini adalah awal saja karena setelah itu anda akan lebih mudak mengakses metode ini untuk kebutuhan berikutnya di masa yang akan datang.
Metode ini perlu dikembangkan dan diperkuat dengan munculnya Identifikasi Kompetensi yang sesuai dengan fungsi dan jabatan yang sedang anda butuhkan, maka siapkan Kompetensi ini jauh – jauh hari sebelum anda mulai merekrut karena ini memudahkan anda untuk mendapatkan orang yang sesuai kebutuhan anda.
Selamat melakukan rekrutmen dengan lebih efektif ya guys………
(Penulis: Fajar Riadi Dwi Sasongko, S.Psi, CPHRM |Human Resources Management Specialist)