Berita Nasional Terpercaya

Menyelisik Nama Panji di Berbagai Peninggalan Sejarah Kuno

0

MALANG, BERNAS.ID – Nama atau istilah Panji / Mapanji / Apanji sudah kerap kali muncul di dalam beberapa prasasti sejak era tahun 800-an hingga 1200-an Syaka. Begitu juga di teks kuno kidung maupun kakawin, terdapat kata Panji atau Mapanji.

Namun yang dimaksud bukan tokoh Panji Inu Kertapati, pasangan Dewi Sekartaji yang terkenal dalam cerita Panji era Kerajaan Kediri yang mendunia.

Hal tersebut disampaikan Ismail Lutfi, sejarawan yang juga Dosen Universitas Negeri Malang, Rabu, 24 April 2024. Ia menyampaikannya dalam acara webinar “Membincang Panji: Dari Teks Sastra Hingga Jejak Arkeologis” yang digelar Komunitas Sradhasala dan Perpustakaan Nasional RI.

“Penggunaan kata Panji ini lintas waktu, lintas jaman, dan lintas kedatuan. Panji ini bisa mewakili banyak pihak,” kata dia.

Baca juga: Seminar Internasional Panji, Kupas Kisah Cinta Dari Jawa Yang Mendunia

Ia memaparkan, pada tradisi formal Jawa Kuna, (m)apanji berarti memiliki atau menggunakan panji tertentu. Itu adalah sebutan kebangsawanan atau tokoh spiritual. Sementara pada tradisi sastra panji, apanji maupun mapanji merupakan sebutan untuk anggota keluarga bangsawan

“Kisah Panji artinya kisah tentang orang muda dari kalangan kraton,” jelasnya.

Sementara dari sisi artefak, ia berpendapat, umumnya gambaran pria bertopi tekes diidentifikasi para pakar sebagai sosok Panji / Inu Kertapati. Namun menurutnya ini perlu kajian yang lebih mendalam.

Baca juga: Cerita Panji Akan Didaftarkan Ke UNESCO

Kukuh S. Widodo, pembicara lain dari Komunitas Sraddha Sala menjelaskan, Panji ini lebih merupakan gelar bangsawan. Ada banyak nama Panji dalam kesusastraan Jawa Baru. Yang terkenal adalah Panji Inu Kertapati, namun ia juga memiliki adik-adik yang juga memiliki gelar Panji.

“Kalau di dalam kamus Panji itu artinya bendera. Sastra Panji di Jawa, tidak bisa lepas dari Serat Pustaka Raja karya Ranggawarsita,” kata dia. (den)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.