Berita Nasional Terpercaya

Jaga Inflasi, Kios Segoro Amarto Pasar Sentul Diresmikan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemkot Yogyakarta melakukan peresmian Kios Segoro Amarto di kawasan Pasar Sentul Yogyakarta, Rabu, 8 Mei 2024. Kios Segoro Amarto merupakan salah satu inovasi dalam pengendalian inflasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, di mana peran utama Kios Segoro Amarto adalah sebagai titik pantauan harga yang dapat menyajikan harga rujukan (referensi harga) dan diharapkan dapat menjadi barometer pengendalian harga bahan pokok khususnya di pasar rakyat.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, inflasi kini menjadi momok bagi seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Maka Pemerintah Kota Yogyakarta menurutnya berusaha terus menjaga inflasi, salah satu upayanya dengan cara membentuk Kios Segoro Amarto di berbagai pasar tradisional.

“Harus dijaga stabilisasi inflasi, tidak boleh terlalu rendah, tidak boleh terlalu tinggi, sehingga bisnisnya berjalan,” kata dia dalam talkshow di acara peluncuran Kios Segoro Amarto Pasar Sentul, Rabu, 8 Mei 2024.

Referensi harga di Kios Segoro Amarto ini menurut Singgih sebenarnya adalah upaya adanya operasi pasar yang berlangsung tiap hari. Pedagang yang mau melakukan mark-up harga bakal langsung terkoreksi.

“Kalau bapak ibu menemukan harga yang di luar kewajaran, datanglah ke Kios Segoro Amarto,” pesan dia.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan, sebelumnya, Kios Segoro Amarto sudah beroperasional di Pasar Beringharjo, Kranggan dan Prawirotaman. Sebagai tindak lanjut rekomendasi Tim TPID Provinsi DIY pada High Level Meeting TPID di mana Kios Segoro Amarto direkomendasikan untuk dilakukan penambahan, maka Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta menambah Kios Segoro Amarto baru di Pasar Sentul.

“Harapan kami secara fisik tahun ini bisa menambah [Kios Segoro Amarto] di Pasar Demangan,” ujar dia.

Baca juga: Pasar Demangan Bakal Dilengkapi Angkringan Segoro Amarto

Dalam rangka mendukung dan memperlancar operasional Kios Segoro Amarto pada 5 lokasi pasar tersebut, Bank Indonesia DIY dalam kesempatan ini memberikan bantuan hibah berupa kendaraan roda 4 berupa mobil pick-up yang akan digunakan sebagai alat angkut (sarana distribusi) komoditas Kios Segoro Amarto.

 

Kios Segoro Amarto di Pasar Sentul Yogyakarta (foto: Deny Hermawan / Bernas.id)
Kios Segoro Amarto di Pasar Sentul Yogyakarta (foto: Deny Hermawan / Bernas.id)

 

Selanjutnya untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta pedagang pasar rakyat dalam mewujudkan stabilisasi harga sehingga inflasi di Kota Yogyakarta dapat terkendali, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Sosialisasi Literasi Inflasi bagi Pedagang Pasar Rakyat. Selanjutnya diluncurkan juga MRANTASI, atau Masyarakat lan Pedagang Tanggap Inflasi.

“Bank Indonesia merupakan bagian yang menginisiasi hal ini, bersama dengan Tim TPID Provinsi DIY,” ujar Veronica.

Maksud dan tujuan kegiatan ini menurut dia adalah untuk mewujudkan sinergitas seluruh pihak dalam menciptakan stabilisasi pasokan dan harga bahan pokok di Kota Yogyakarta. Selain itu juga guna memberikan akses informasi harga dan kesempatan berbelanja komoditas berkualitas dengan harga sesuai ketentuan.

“Meningkatkan pengetahuan dan kepedulian pedagang pasar rakyat mengenai kenaikan harga, inflasi beserta dampaknya,” imbuh Veronica.

Baca juga: BI DIY Optimis Inflasi Akan Terus Sesuai Target

Sementara itu Ibrahim selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY menjelaskan, BI memang selama ini berkepentingan menjaga inflasi. Dan Kios Segoro Amarto ini menurut dia adalah inovasi yang sangat baik dari Kota Jogja, yang kini sudah ditiru oleh beberapa daerah lain di Indonesia, guna menjaga inflasi.

“Inflasi ini bahaya loh,” tegasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.