Berita Nasional Terpercaya

1200 Tahun Borobudur Diperingati Dengan Dharmayatra dan Puja Adi Buddha

0

MAGELANG, BERNAS.ID – Memperingati 1200 tahun usia Borobudur, Sangha Agung Indonesia menggelar Dharmayatra Adi Buddha Puja Tanggal 25-26 Mei 2024. Ratusan peserta, yang terdiri dari biksu maupun umat awam melakukan ziarah spiritual, tak hanya ke Candi Borobudur, tapi juga Candi Mendut dan Pawon.

Bhikkhu Nyanasuryanadi Mahatera, selaku Mahanayaka Sangha Agung Indonesia menjelaskan, pengetahuan umat Buddha Indonesia terkait warisan budaya leluhur seperti Candi Borobudur, maupun juga teks Buddhis Nusantara seperti Sang Hyang Kamahayanikan relatif rendah.

Karena itu, acara ini menurut dia menghadirkan Dr Hudaya Kandahjaya selalu pakar Buddhisme asal Indonesia yang kini bermukim di Amerika Serikat, yang telah lama melakukan riset terkait hal tersebut.

“Kita punya candi yang luar biasa, tapi kadang umat Buddha tidak ngerti mengenai Borobudur,” ujar dia.

Baca juga: Heboh Tiket Borobudur Rp750.000, Bakal Ada Tarif Khusus Untuk Warga Jateng-DIY

Dr Hudaya Kandahjaya selalu narasumber di acara ini menjelaskan, Borobudur yang dibangun pada abad 8 oleh Dinasti Syailendra, diyakini genap berusia 1.200 tahun di tahun 2024 ini. Umur Borobudur ini diukur dari Prasasti Kayumwungan yang memiliki inkripsi 746 Syaka atau 824 Masehi.

Menurut dia, Johannes de Casparis, seorang filolog Belanda menafsirkan bahwa prasasti itu memuat informasi pendirian Borobudur. Tulisan prasasti menyebutkan, Pramodawardhani, putri mahkota Śailendravaṃśa (Wangsa Syailendra) meresmikan bangunan suci bernama “Jinalaya”.

Kata Jinalaya inilah yang diperkirakan Casparis sebagai Borobudur juga dan disetujuinya, usai menerjemahkan sendiri prasasti tersebut.

“Saya sudah melakukan riset terkait ini selama 30 tahun,” kata dia.

Baca juga: Legenda Dibutuhkan Untuk Mempopulerkan Borobudur

Peserta menjalankan praktik aṣṭāṇga sīla (8 aturan) selama mengikuti kegiatan di Pusdiklat Catra Jinadhammo Borobudur. Di candi-candi yang dikunjungi, rombongan peziarah melakukan puja Adi Buddha menggunakan bahasa Sansekerta. Khusus di Borobudur, dilantunkan Anuttarapūjā, puja dari jaman Borobudur yang sampai sekarang masih lestari di Bali. (den)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.