Berita Nasional Terpercaya

40 Anggota DRPD Terpilih Resmi Ditetapkan KPU Kota Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta terpilih dari 8 partai politik yang terbagi dalam lima daerah pemilihan (Dapil) resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, Selasa, 28 Mei 2024 di The Malioboro Hotel & Conference Center.

Komposisi parpol yang menduduki anggota DPRD Kota Yogyakarta terpilih pada Pileg lalu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 11 kursi, kemudian Partai Golkar, Gerindra, dan PKS masing-masing 5 kursi, lalu PPP, PAN, dan Partai Nasdem masing-masing memperoleh 4 kursi, terakhir PKB memperoleh 2 kursi.

Sementara pembagian kursi dalam dapil terbagi atas Dapil 1 sebanyak 9 kursi, Dapil 2 sebanyak 7 kursi, Dapil 3 sebanyak 8 kursi, Dapil 4 sebanyak 6 kursi, dan Dapil 5 sebanyak 10 kursi.

Baca Juga : Wujudkan Pemilu Jurdil, Bukan Hanya Tugas KPU dan Bawaslu

Dengan telah ditetapkannya anggota DPRD Kota Yogyakarta tersebut, maka berakhirlah masa tahapan Pileg 2024 di Kota Yogyakarta.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamudro mengatakan, pihaknya menjadi KPU paling akhir yang menetapkan anggota DPRD terpilih. Hal itu dikarenakan baru selesainya perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugurnya gugatan Bacaleg Partai Ummat, serta menerima surat dinas dari KPU RI.

Baca Juga : Paguyuban Dukuh Protes ke KPU Sleman Terkait Snack Tak Layak

“Kami menerima surat dinas dari KPU RI untuk segera melakukan penetapan anggota DPRD Kota Yogyakarta terpilih. Ini merupakan penghujung tahapan pemilu 2024, sehingga kami bisa lebih memaksimalkan dalam menjalankan tahapan pilkada 2024 yang sudah berjalan ini,” kata Harsya.

Disampaikan Harsya kembali, KPU Kota Yogyakarta mencatat anggota DPRD termuda adalah Novita Mawar Sharon, yang terpilih saat berusia 23 tahun.

“Dia terpilih menjadi anggota DPRD Kota Yogyakarta saat menginjak usia ke 23 tahun. Kelahiran 28 November 2000,” katanya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.