Berita Nasional Terpercaya

Perayaan Peh Cun 2024 di Pantai Parangtritis Hadirkan Tari-tarian dari Paguyuban Tionghoa di Yogyakarta

0

BANTUL, BERNAS.ID – Jogja Chinese Art and Culture Centre atau JCACC yang merupakan organisasi pelestari sosial budaya berisikan gabungan 14 paguyuban Tionghoa di Yogyakarta kembali menggelar perayaan Peh Cun 2024 di Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 9-10 Juni 2024.

Perayaan Peh Cun sendiri diadakan dalam upaya mengingat dan meneladani jiwa patriotisme serta cinta Tanah Air dari seorang Menteri dari kerajaan Tiongkok kuno.

“Perayaan ini diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek dan dirayakan tidak hanya di negara asalnya saja,” ujar Ketua Panitia Perayaan Peh Cun 2024, Jimmy Sutanto.

Baca Juga : PSMTI DIY Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Wakil Ketua 2 JCACC ini juga mengatakan, bahwa selain melestarikan budaya peranakan Tiongkok, perayaan Peh Cun juga mengedepankan budaya akulturasi.

“Festival ini diadakan bukan hanya untuk melestarikan budaya peranakan Tiongkok saja, namun juga budaya akulturasi yang telah tercipta hingga saat ini,” imbuh Jimmy.

Perayaan Peh Cun yang merupakan hasil kerja bareng JCACC bersama Dinas Pariwisata DIY dan Pemkab Bantul sudah menjadi daya tarik pariwisata khususnya sebagai wisata religi sejak tahun 1950an.

Doa bersama perayaan Peh Cun 2024 di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY, Minggu (9/6/2024) – (Foto: dok.JCACC)

“Event budaya itu lebih cenderung pada pelestarian budaya,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Saryadi.

Hari pertama perayaan Peh Cun 2024 kali ini diramaikan dengan penampilan Liong tradisional dan Barongsai LDS Hoo Hap Wee, Taiji dari Hoo Hap Wee, tari-tarian dari paguyuban Hoo Hap Wee, PSMTI, Perhimpunan Fuqing, dan Paguyuban Bhakti Putera.

Sedangkan pada hari kedua perayaan Peh Cun 2024 bakal diisi kesenian Jatilan Mega Mendung dari Kabupaten Bantul, sembahyang Peh Cun dan tradisi mendirikan telur.

Baca Juga : Perayaan Peh Cun 2023, Alkulturasi Budaya Tionghoa

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY, Ellyn Subiyanti menyebut bahwa dalam perayaan Peh Cun 2024 diisi berbagai kesenian, dan tarian dari beberapa paguyuban warga Tionghoa yang ada di Yogyakarta.

“Perayaan Peh Cun malam ini diisi tari-tarian dari paguyuban Tionghoa yang ada di Yogyakarta,” kata Ellyn.

Melalui perayaan Peh Cun ini, JCACC berharap para pemuda semakin mengenal dan peduli serta mau melestarikan budaya, selain itu masyarakat umum bisa semakin kenal dengan seni dan budaya yang ada di Indonesia. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.