Berita Nasional Terpercaya

RSUP Dr Sardjito Luncurkan Program Full Day Tingkatkan Pelayanan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan progam “Full Day” mulai tanggal 1 Juli 2024 dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada kesehatan masyarakat. Peluncuran ini dilatarbelakangi RS Dr Sardjito sebagai rumah sakit rujukan tertinggi  di wilayah DIY dari berbagai daerah dengan kunjungan 4000-4500 per hari.

Diketahui, RSUP Dr. Sardjito menangani pasien yang datang bukan hanya dari wilayah DIY, melainkan dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, bahkan dari luar Jawa pun ada seperti Kalimantan, Sumatra dan Papua.

Hadir dalam acara tersebut Dr. dr. Sri Mulatsih,Sp.A(K)., MPH, Plt Direktur Medik dan Keperawatan; Banu Hemawan, SH, M.H.Li, Manajer Hukum  dan Humas; dr. Dwi Septikawati, MPH, Manajer Pelayanan Medic; serta dr. Nitami Oktavia  Indiarti, Asisten Manajer Palayanan Medik Rawat Jalan dan Rawat Inap.

Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito dr. Eniarti, M.Sc, Sp.KJ, M.M.R berharap dengan adanya program Full Day, masyarakat luas bisa memanfaatkan layanan dan menerima layanan sesuai dengan kebutuhannya. “RSUP Dr. Sardjito juga merupakan Rumah Sakit  Pendidikan  Utama dari Fakutas  Kedokteran,  Pendidikan Masyarakat  dan Keperawatan UGM. Merupakan historis yang luar biasa antara UGM dan RSUP Dr. Sardjito, dalam usia 43 tahun pada bulan Febuari 2025 yang akan datang selalu melakukan pembenahan-pembenahan, termasuk transformasi di bidang kesehatan dengan  mengikuti visi dan misi tranformasi  dari Kementrian Kesehatan RI,” terang dr. Eniarti saat acara Jumpa Pers di Ruang Bulat, rumah sakit setempat, Kamis (27/6/2024).

“Sebagai contoh yang banyak dikeluhkan adalah tempat parkir dan ruang tunggu. Oleh karena itu, dari kebutuhan-kebutuhan tersebut dan berbagai masukan dari masyarakat kita ingin memperpajang waktu layanan kita dengan progam Full Day, yakni sampai jam 18:00 WIB,” kata dia.

Lanjut tambahnya, dr. Eniarti menyampaikan RSUP Dr. Sardjito menceritakan latar belakang pelaksanaan progam Full Day karena adanya peningkatan jumlah pasien dan jumlah kunjungan rawat jalan, penambahan jumlah DPJP Spesialis dan subspesialis, kepadatan jadwal praktek DPJP sesi pagi hari. Fasilitas pendukung yang tidak sebanding dengan peningkatan jumlah pengunjung dan banyaknya pasien  menuggu  dan tidak mendapatkan kursi, lobi yang penuh dan  kurang nyaman.

Dengan progam Full Day, dr. Eniarti, berharap masyarakat dapat memanfaatkan waktu layanan yang lebih panjang sehingga mereka  bias lebih nyaman lagi berada atau berobat di RSUP Dr. Sardjito. “Perlu diketahui bahwa jumlah pasien pada tahun 2021  ada 490.090 orang , tahun 2022 ada 587.967 orang, tahun 2023 ada 688.698 jiwa dan sampai bulan Mei tahun ini sudah tercatat sebanyak 302.535 orang,” ujar dia.

“Dengan progam Full Day ini diharapkan upaya adanya pemerataan jam layanan rawat jalan, tidak hanya pagi hari, mengurai kepadatan rawat jalan, meningkatan kepuasan pelanggan rawat jalan dan menyedikan fasilitas pendukung kepada pengunjung rawat jalan,” tandas dr. Eniarti.

Nantinya, agar tidak menunggu lama, pasien dapat mendaftar lewat online ke Klik Sardjito Aja, dengan jam layanan diperpanjang  sampai sore jam 18;00 wib.  Di aplikasi Klik Sardjito Aja, pasien bisa melihat  jadwal praket dokter yang dinginkan. “Alhasil, tidak harus antri ke rumah sakit. Begitu juga untuk pelayanan obatnya bisa dilihat lewat online sehingga tidak harus antri di Apotik,” ucap dr. Nitami Oktavia Indiarti, selaku Asisten Manager Pelayanan Medik Rawat Jalan dan Rawat Inap RSUP Dr. Sardjito.

“Usaha peningkatan pelayanan yang lain mulai dari satpam, office boy, para perawat atau medis lainnya. Termasuk para dokternya pun serta semua karyawan dituntut agar selalu ramah dan baik dalam melayani pasien yang datang,” ujar dr. Nitami. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.