Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Menikmati Hidup yang Singkat Melalui Filosofi Sakura

Menikmati Hidup yang Singkat Melalui Filosofi Sakura

HarianBernas.com - Keindahan mekarnya bunga sakura merupakan salah satu momen yang paling indah di Jepang. Masyarakat merayakan keindahan bunga sakura dengan pergi piknik atau makan bersama- sama.

Kadangkala disertai dengan menari dan menyanyi bersama di bawah kecantikan bunga sakura yang bermekaran. Meskipun mekarnya bunga sakura hanya dapat dinikmati secara singkat namun itu seperti mempunyai makna jika kehidupan kita yang berwarna pun relatif singkat juga.

Biasanya bunga sakura bermekaran di bulan April. Salah satu keluarga di Jepang yang bernama keluarga Yoshida sangat senang untuk berpiknik keliling Jepang di bulan tersebut. “ April merupakan puncak mekarnya bunga sakura. Bunga sakura serta istana merupakan kombinasi pemandangan yang sangat menawan dan mempesona,” ujar Yoshida Akemi yang telah bermukim di kota Saga di pulau Kyushu.

Salah satu keindahan yang berhasil direkam dalam kamera Yoshida di saat bersama ibunda menikmati mekarnya Sakura di Kastil Kumamoto. Banyak orang Jepang yang melakukan tsunami atau Piknik untuk melihat bunga sakura bersama dengan para kelompoknya.

Namun ada pula yang memilih untuk berhenti bersama dengan keluarganya seperti keluarga Yoshida. Di samping itu, kami juga dapat dilakukan bersama dengan teman kantor ataupun tetangga.

Sebenarnya tidak sembarang tempat yang dipenuhi oleh bunga Sakura di negeri Jepang itu bisa dipakai untuk melakukan hanami. Beberapa tanaman pasti telah penuh dengan orang-orang yang sangat ingin berpiknik. Biasanya perusahaan akan mengirim terparah karyawan yang baru untuk mencari serta menjaga lokasi yang dipakai untuk berpiknik.

Ketika Sakura Mekar maka orang Jepang akan merayakannya dengan makanan, musik serta tari. Itulah beberapa penuturan dari Emiko Ohnuki-Tierney yang merupakan ahli antropologi Amerika berketurunan Jepang.

Tata krama dalam melakukan hanami

  • Memesan tempat terlebih dahulu

Pertama kali ialah memastikan tempat di taman tersebut telah memberi izin untuk dapat melakukan piknik hanami. Tempat untuk piknik memang harus ditandai dengan membentangkan tikar yang terbuat dari plastik. Bahkan ada pula yang menggunakan cara untuk menyuruh seseorang didalam grupnya untuk menunggu tempat yang telah dibentangkan tikar tersebut sampai semua orang di dalam kelompok tersebut datang.

  • Jangan meninggalkan sampah di taman sakura

Sebagian besar lokasi hanami memang tidak mempunyai tong sampah. Maka dari itu, Anda harus menyadari jika sebaiknya membawa satu kantong sendiri untuk dapat menampung sampah.

  • Bawalah penghangat singa tidak merasa kedinginan ketika berada di taman sakura

Cuaca ketika musim sakura bermekaran tiba memang masih sangat dingin. Oleh karena itu bawalah penghangat, termos air hangat, jaket ataupun selimut supaya piknik hanami Anda terasa sangat menyenangkan.

Sakura sebagai simbol kefanaan

Biasanya musim sakura permasalahan itu tepat pula dimana tahun ajaran baru untuk sekolah serta Universitas dimulai, sama-sama berada di bulan April menjadikan acara piknik melihat bunga sakura terasa sangat mengasikkan. Penerimaan karyawan baru pun dimulai pada saat lebih kurang waktu yang sama, sehingga hanami menjadi sebuah acara untuk dapat keluar bersama dengan para teman kantor yang baru.

Tumbuh dan besar di negeri matahari terbit tersebut, Ohnuki-Tierney setiap tahun selalu melakukan hanami namun tidak pernah dapat mendalami makna yang ada di balik keindahan Sakura. Namun setelah ia menjadi seorang antropolog, maka ia mulai memahami tentang Sakura.

Melalui penelitian yang dilakukannya tentang bunga sakura yang telah menjadi simbol bangsa Jepang. Pada akhirnya hasil penelitian pun diterbitkan dengan buku yang berjudul “Kamikaze, Cherry Blossoms and Nationalism” di tahun 2002.

Sakura memang mempunyai posisi yang sangat tinggi di dalam masyarakat Jepang karena bunga tersebut merupakan simbol dari sebuah siklus kehidupan di mana terdapat kematian dan juga kelahiran kembali.

“Pohon sakura sering dipakai sebagai simbol di dalam banyak aspek kehidupan masyarakat Jepang yang dimulai dari kesuksesan panen padi sampai dengan pilot Kamikaze di saat perang dunia ke-2,” tutur Ohnuki-Tierney.

Jika dihubungkan dengan Buddhisme, maka Sakura menjadi simbol kehidupan yang fana. Sakura hanya dapat Mekar rupawan di dalam waktu yang sangat sebentar Seperti halnya kehidupan manusia yang indah tetapi berjalan dengan singkat.

Timbulnya bunga sakura yang indah itu pada akhirnya akan berguguran dan sedikit demi sedikit mulai habis hingga akhir April. Sakura memang menjadi semacam pengingat untuk manusia betapa singkatnya hidup kita, betapa berharganya serta Indahnya hidup yang kita alami.

Di zaman modern seperti sekarang ini, Sakura memang menjadi simbol sebuah harapan bagi masyarakat Jepang. Di dalam film dokumenter yang bertajuk the tsunami and the Cherry Blossom yang berhasil menjadi nominator Oscar 2012, telah tergambarkan Bagaimanakah kekuatan pohon sakura di dalam menghadapi bencana alam yang menimpah di Jepang pada tahun 2011 yang telah lalu.

Segala hal yang ada di daratan termasuk juga pohon sakura pada saat itu telah tersapu bersih oleh tsunami. Namun hanya dalam waktu 1 bulan saja telah tumbuh banyak tunas baru, pohon sakura pun menjadi simbol untuk pembaruan dan pembangunan kembali setelah adanya kematian dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa dan tsunami.

Inilah 4 taman sakura yang asik untuk melakukan hanami

Sungai Meguro

Di tempat wisatawan yang cukup populer ini, akan terbentang sungai yang indah lebih kurang berjarak 4 km warna bunga sakura dapat dinikmati di kedua sisi sungai tersebut. Terdapat banyak Café serta toko yang ada di sepanjang sungai meguro, Jadi selain Anda menikmati keindahan bunga sakura maka anda pun bisa berbelanja dengan nyaman. Ketika malam tiba, parafrase puisi menyinari di sepanjang sungai dan dapat memberikan suasana yang lain dari biasanya.

Taman Chidorigafuchi

Taman ini menjadi salah satu situs utama bunga sakura. Taman ini terletak di tengah Chidorigafuchi yang merupakan sebelah barat Istana Kaisar serta Kedutaan Besar Inggris. Di taman ini terdapat 170 jenis bunga sakura yang bermekaran seperti Sakura Yoshino serta Sakura Yamazakura. Ketika festival tahunan hanami berlangsung maka jalanan di taman ini akan diperangi oleh pemandangan yang sangat menakjubkan dan tersedia pula perahu Go untuk melakukan pelayaran ketika malam tiba.

Taman Euno

Taman ueno sangat dikenal sebagai destinasi untuk dapat melihat keindahan bunga sakura yang dimulai dari zaman Edo yakni pada tahun 1603 sampai 1868. Keindahan Taman ini masih dapat dinikmati hingga sekarang.

Taman ueno sangat diyakini oleh banyak orang sebagai tempat terakhir untuk dapat Menikmati keindahan bunga sakura ketika berada di Tokyo. Tradisi mengagumi keindahan bunga sakura atau hanami di malam hari memang masih menjadi kegiatan yang digemari ketika musim semi tiba, terlebih lagi dengan diterangi oleh 1300 lentera yang terbuat dari kertas.

Taman Shiba

Taman Shiba memang berbeda dengan taman sakura yang lainnya, di taman ini anda akan dapat menyaksikan keindahan bunga sakura dengan Menara Tokyo Sebagai latar belakangnya. Tentu saja hal tersebut menambah keindahan dari taman ini.

Taman yang satu ini memang sangat terkenal di kalangan para pekerja kantoran karena dapat menikmati bunga sakura Ketika pulang kerja di waktu malam hari. Selain itu, anda pun dapat melihat keindahan bunga Sakura dan Menara Tokyo yang nampak berbeda di malam hari dari luar taman tersebut.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru