Berita Nasional Terpercaya

Ini 5 Makanan Khas Arab yang Populer di Indonesia

0

HarianBernas.com ? Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia disambut hangat dan antusias. Pemerintah Indonesia pun melayani dan menjamu Raja Salman dengan baik selama masa kunjungannya, pada 1-9 Maret 2017.

Salah satu bentuk pelayanan terbaik Pemerintah Indonesia kepada rombongan Kerajaan Arab Saudi adalah memberikan makanan yang sesuai dengan selera bangsa Arab.

Bangsa Indonesia sendiri sudah lama akrab dan menggemari makanan khas di negeri Arab. Ada beberapa makanan khas Arab yang sudah dimodifikasi dengan cita rasa masyarakat setempat.

Berikut, 5 makanan khas Arab Saudi yang digemari masyarakat Indonesia, yaitu:

1. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli adalah salah satu makanan yang disajikan untuk Raja Salman saat berada di Indonesia. Nasi ini biasa disantap oleh bangsa Arab selain juga Nasi Briyani, Nasi Kabsah dan Nasi Mandhi. Biasanya, warga Indonesia keturunan Arab memodifikasi menu tersebut agar bisa dinikmati cicik oleh lidah orang Indonesia. Ciri khas sajian nasi-nasi tersebut memiliki rasa gurih dan berwarna kekuningan.

2. Martabak

Martabak berasal dari bahasa Arab, yaitu Mutabbaq. Cemilan ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia dan mudah ditemui di banyak daerah, mulai dari Aceh hingga Papua.

3. Roti Canai

Roti Canai, atau dikenal di Aceh dengan nama Roti Cane sebenarnya nmakanan yang berasal dari India. Namun, roti ini kemudian digemari dan menjadi santapan bangsa Arab di Timur Tengah. Roti Canai yang disebut pula Roti Prata biasanya disantap bersama gulai kambing.

4. Gulai Kambing

Gulai sebenarnya bukan masakan asli Indonesia, namun merupakan kudapan yang memiliki pengaruh budaya Arab dan India, walaupun sudah lama menjadi salah satu kuliner favorit di Indonesia. Gulai Kambing biasanya disajikan pada hari raya ataupun momen tertentu, seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan aqiqah.

5. Samboosa

Roti atau pastri goreng berbentuk segitiga atau bulan sabit ini memiliki nama yang berbeda-beda di tiap-tiap negara, namun dari akar kata yang sama. Makanan ringan ini disebut Sanbosag oleh negara-negara berbahasa Persia. Warga Arab menyebutnya Sambusac (sanbusak) atau Sanbusaj. Di Afghanistan disebut Sambosa, Samboosa di Tajikistan, Samsa di Turki, Somsa oleh bangsa Uzbek, dan Camca oleh bangsa Kazaksthan.

Isi di dalam Samboosa pada umumnya adalah sayur-sayuran seperti kentang, bawang bombay, kacang kapri, dan sebagainya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.