Berita Nasional Terpercaya

Di India, Petugas Bersenjata Dikerahkan untuk Menjaga Tomat

0

HarianBernas.com ? Menyewa petugas keamanan bersenjata untuk menjaga kendaraan yang mengangkut uang atau logam mulia bukanlah hal yang aneh. Namun di India, petugas keamanan bersenjata juga disewa untuk mengawal truk pengangkut tomat. Meningkatnya ancaman dari pencuri tomat menjadi alasan di balik diambilnya keputusan yang tidak biasa tersebut.

Pengelola pasar Devi Ahilya Bai Holker di negara bagian Madhya Pradesh adalah contoh pihak yang menyewa petugas keamanan untuk melindungi tomat. Ketika truk-truk pembawa tomat sudah tiba di pasar untuk menurunan muatannya, mereka akan bersiaga di sekeliling truk sambil menggenggam senapannya.

Madhya Pradesh sekarang ini memang sedang mengalami krisis tomat. Curah hujan yang terlampau tinggi menyebabkan ladang-ladang yang biasa memasok tomat mengalami kerusakan pada tanamannya.

Rusaknya tomat secara massal lantas berdampak pada menipisnya pasokan tomat di pasaran. Harga tomat yang dijual di sejumlah tempat di Madhya Pradesh dikabarkan melonjak hingga 100 rupee atau setara 21 ribu rupiah per kilogramnya. Harga yang dianggap terlampau tinggi untuk golongan menengah ke bawah India.

Tomat sendiri termasuk sebagai komoditas yang banyak dicari karena kuliner India banyak menggunakan tomat sebagai bahan bakunya. Fenomena ini lantas dimanfaatkan oleh para oknum untuk mencuri tomat dan menjualnya kembali. Pada bulan Juli ini saja, jumlah tomat di Madhya Pradesh yang hilang dicuri dilaporkan mencapai ribuan kilogram.

Leave A Reply

Your email address will not be published.