Berita Nasional Terpercaya

Membuat Gaji Tidak Hanya Numpang Lewat di Dompet

0

Bernas.id – Ketika hari gajian tiba, rasanya pasti sangat senang karena akhirnya jumlah angka di rekening meningkat dan Anda memiliki biaya yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam keinginan, terutama ketika gajian jatuh di saat long weekend. Namun, perlu diwaspadai, karena banyak orang yang tidak mampu mengendalikan keuangan dan membuat gajinya tersebut habis dengan cepat dan Anda sendiri tidak tahu dihabiskan untuk apa.

Inilah yang membuat gaji tidak bisa bertahan lama dan hanya sekedar mampir di rekening Anda. Lalu apa yang bisa dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening? Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menambah masa kadaluwarsa dari gaji bulanan, seperti yang dikutip dari berita ekonomi.

1. Menentukan prioritas kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening Anda adalah menentukan prioritas kebutuhan yang dimiliki. Agar gaji Anda tidak habis dengan begitu saja, cobalah untuk membuat pos – pos keperluan bulanan sejak awal. Misalnya yang pertama adalah pos pengeluaran untuk biaya transportasi.

Tentukan nominal uang yang akan dianggarkan untuk pos biaya transportasi tersebut. Lalu, jangan sampai jumlah uang yang dikeluarkan sampai melebihi dari rencana yang sudah ditentukan. Biasakan diri untuk berkomitmen, agar Anda bisa lebih lama untuk menikmati gaji tersebut.

Baca juga 4 Tipe Teman yang Dapat Membuat Keuangan Menjadi Kacau

 

2. Mengalokasikan pendapatan untuk tabungan

Hal kedia yang harus dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening Anda adalah mengalokasikan pendapatan untuk tabungan atau investasi. Gajian di saat long weekend itu memang menjadi salah satu hal yang sangat menggoda untu dihabiskan secepatnya. Tapi kalau Anda terus melakukan hal ini, maka di pertengahan bulan Anda pasti sudah dituntut berhemat habis – habisan. Sehingga, pastikan di awal bulan Anda sudah menyisihkan pendapatan untuk tabungan. Disarankan untuk menyisihkan 30% dari gaji yang sudah Anda terima.

 

3. Memanfaatkan berbagai promo biar lebih hemat

Hal ketiga yang harus dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening Anda adalah memanfaatkan berbagai promo saat berbelanja. Liburan akan terasa lebih ringan ketika budget yang Anda keluarkan tidak banyak dan mampu menguras dompet dan juga rekening Anda.

Untuk itu, jangan malas untuk mencari berbagai promo menarik untuk memangkas budget liburan Anda. Ada berbagai promo yang bisa ditemukan diberbagai tempat yang akan memberikan keringanan untuk Anda dalam liburan nantinya.

 

4. Rajin untuk melihat kalender liburan

Hal keempat yang harus dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening Anda adalah rajin untuk melihat kalender liburan. Ketika Anda sering melihat kalender liburan, ini akan mempermudah Anda untuk mengalokasikan gaji untuk liburan kedepannya. Sehingga, Anda sudah mempersiapkannya sejak jauh – jauh hari.

Anda juga harus memeriksa harga tiket akomodasi untuk sampai ke tujuan Anda. Jangan sampai Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar akomodasi.

 

5. Jangan membawa uang tunai terlalu banyak

Hal kelima yang harus dilakukan agar gaji tidak hanya sekedar mampir di rekening Anda adalah tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Walaupun gaji tetap awet saat long weekend tiba, tips yang satu ini mungkin terlihat sederhana.

Mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya tips yang satu ini cukup manjur dan patut untuk banyak orang. Ketika Anda bepergian, cobalah untuk membawa uang tunai secukupnya di dompet. Jangan membawa terlalu banyak karena akan membuat Anda tergoda untuk mengambilnya.

Baca juga Berbagai Tujuan Investasi dan Produk Investasi untuk Mencapainya

Leave A Reply

Your email address will not be published.