Malioboro, Kemana Ruhmu?

Editorial Harian Bernas - Heru Catur Nugroho
27 September 2017

Kondisi Malioboro pada hari Selasa (26/9). (Sumber foto: Icay Taher/Bernas.id)

YOGYAKARTA, Bernas.id - Ada pemandangan berbeda di Jl Malioboro, Selasa (26/9) kemarin. Ruas jalan sepanjang 1,3 kilometer di jantung kota Jogja itu mendadak sepi. Hiruk-pikuk pengunjung Malioboro yang biasanya memadati bangku-bangku pedestrian, mendadak “lenyap”. Lorong di sisi barat Jl Malioboro yang biasanya dipenuhi deretan lapak pedagang kaki lima yang menjajakan pakaian dan aneka kerajinan, mendadak lengang, kosong melompong.

Tidak hanya pedagang kaki lima dan pengunjung pedestrian, becak dan andong yang biasanya berjajar di sisi barat Jl Malioboro, juga ikut menghilang. Hanya ada beberapa orang yang berkumpul untuk berswafoto di depan papan penunjuk jalan Malioboro yang ikonik itu. Hanya kendaraan yang melintas yang terlihat mengisi kekosongan Jl. Malioboro.

Selasa (26/9) pagi kemarin, yang terlihat justru ratusan orang sibuk membersihkan jalan Malioboro. Pagi itu, diinisiasi Dinas Pariwisata Jogja, dan turut dihadiri walikota dan wakil walikota serta perangkat daerah lainnya, mereka secara bersama-sama membersihkan jalan legendaris tersebut. Bahkan semua pedagang yang biasanya berdagang di sepanjang jalan itu juga turut terlibat. Mereka libur berjualan sehari penuh.

“Kita ingin memberikan nafas kepada Malioboro sejenak,” ujar Kepala Dinas Pariwisata.

Dua jam kemudian, jalan Malioboro terlihat bersih, resik dan apik. Namun ada sesuatu yang aneh. Ada sesuatu yang hilang. Jalan yang biasanya sesak oleh pedagang dan wisatawan itu, jadi sepi dan hening. Tidak ada lagi orang berjualan cenderamata khas Malioboro. Tak ada lagi pedagang minuman khas semacam dawet ayu dan wedang uwuh. Jalan pagi di Malioboro yang diselingi makan pecel pincuk di depan Pasar Beringharjo, lenyap sudah.

Tidak ada lagi mbok-mbok yang sudah renta dengan jualan pisang kapok rebusnya yang super legit itu. Atau wangi sate gajih yang dibakar, dipadu dengan lontong. Semua terhenyak. Kemana Malioboro? Yang terlihat bukan jalan Malioboro, tapi sepotomg jalan yang resik dan bersih. Terasa bukan di Jogja.

Menjelang sore, keadaan tidak berubah, tetap sepi dan lengang. Seorang pegawai toko, tempat Bernas mengambil foto dari puncak tokonya, bercerita, “Biasanya jam segini Malioboro sudah padat. Sekarang sepi. Ngga enak juga melihat Malioboro seperti ini.”

Para tukang becak lebih banyak tertidur di becaknya. Biasanya di sore hari mereka sudah mengantongi sekitar lima puluh ribuan, sekarang belum sama sekali. Malioboro yang bersih tapi sepi dan tidak menarik.

Beberapa pegawai toko juga lebih banyak berdiri di trotoar di depan tokonya menyaksikan Malioboro yang sepi. Sesekali terdengar petugas berteriak-teriak menggunakan Toa, melarang pedagang asongan yang mencoba-coba berjualan.

Seorang turis asal Belanda ikut juga terheran-heran melihat Malioboro yang kosong melompong. “Ada apa? Saya dengar dari teman saya Malioboro itu ramai dan tempat jualan oleh-oleh etnik, tapi mengapa hari ini tidak ada?” tanyanya kepada Bernas.

Bernas mencoba menjelaskan bahwa hari ini Malioboro bebas dari para pedagang dan pengasong, untuk memberikan keleluasaan kepada turis menikmati jalan Malioboro. Bukannya berterimakasih atas penjelasan Bernas, turis itu malah menggerutu. “Kami ke sini justru ingin melihat Malioboro yang ramai dan ingin membeli barang-barang etnik khas Jogja,” katanya.

Bernas mengarahkannya ke sebuah toko, tapi dia menolak dan melanjutkan perjalanannya. Sejurus kemudian ia berbalik. Ia bertanya dimana bisa membeli air mineral kemasan. Bernas juga baru sadar bahwa hari itu Malioboro juga bebas dari seluruh pedagang makanan dan minuman. Jadi kalau perut kosong dan dahaga ya salah sendiri, kenapa nggak membawa makanan dan minuman dari rumah. Kalau hanya sekadar bersih, apa yang dinikmati lagi dari Malioboro? Kalau hanya sekadar apik, apa yang akan dicari orang di Malioboro?   

Yang diperlukan Malioboro tidak hanya sekadar bersih dan apik, tapi juga para pedagang yang menjual pernak-pernik Jogja yang khas itu. Juga para penjual makanan yang tidak akan ditemui di daerah wisata lainnya. Itulah yang membuat Malioboro hidup. Yang membuat Malioboro memiliki ruh. Kalau hanya sekadar bersih, semua juga bisa melakukannya. Tapi membuat seseuatu itu khas, sangat sulit. Jadi jangan membuang kekhasan Malioboro dengan sekadar alasan kebersihan.

Yang diperlukan adalah menata para pedagang yang khas itu menjadi tertib. Tidak hanya sekadar menarik uang iuran, uang kebersihan dan uang kemanan saja, tapi buatkan mereka kompartemen-kompartemen khusus untuk berdagang dan menyimpan dagangannya. Kompartemen itu dibuat sedemikan rupa sehingga menarik untuk dilihat. Ada berbagai model kompartemen yang menarik dan bercita rasa tinggi untuk pedagang kaki lima.

Coba tengok Singapura yang menata pedagang kaki lima dengan kompartemen yang menarik. Seragam dan sama ukurannya. Saat tengah malam, mereka hilang, lapak dan dagangannya disimpan di gudang khusus. Tempat itu kemudian berganti menjadi pedestrian dengan pedagang makanan yang menarik.  

Sementara di Malioboro, kalau malam hari kompartemen kaki lima ditutup dengan terpal hitam yang kumal, seperti tumpukan sampah.  Terlihat kotor. Inilah yang harus dibenahi. Jangan sampai Malioboro yang khas itu bersih, tapi kehilangan ruhnya. 

Suasana Malioboro baru terlihat sedikit hidup menjelang malam. Beberapa bangku di jalur pedestrian mulai diisi sejumlah wisatawan. Namun, suasana lengang masih juga terlihat di sisi barat jalur Malioboro. Tidak ada pedagang kaki lima, tidak ada suasana transaksi jual beli barang-barang kerajinan seperti biasanya.

Meski sejumlah wisatawan mulai mendatangi Malioboro pada malam hari, tetap saja ada pemandangan aneh. Restoran dan gerai makan di sekitar jalan utama Malioboro diserbu pembeli. Beberapa wisatawan yang duduk di bangku pedestrian terlihat menikmati es krim dan roti yang dibeli dari supermarket. Mereka tidak bisa menemukan makanan khas Jogja yang biasa dijual pada pedagang kali lima. Bernas bahkan menyaksikan ada beberapa pengunjung Malioboro yang minum bir dalam kemasan kaleng. Sebab, mereka tak bisa menemukan pedagang asongan yang biasanya menjajakan minuman di sepanjang Malioboro.

Program Selasa Wage

Sepinya Malioboro sepanjang hari kemarin, merupakan imbas dari program “Resik-resik Malioboro” yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DIY. Program ini dilaksanakan setiap Selasa Wage. Dengan demikian, pemandangan Jl Malioboro yang lengang itu akan terjadi setiap 35 hari sekali. Program Selasa Wage di kawasan Malioboro kemarin, baru kali pertama dijalankan. Program Selasa Wage ini berlangsung seharian penuh, mulai pukul 00.00 WIB.

Meski kegiatan utamanya “resik-resik”, tetap saja ada pengencualian. Hotel, toko dan area parkir Malioboro tetap boleh buka dan beraktivitas. Pada saat yang sama, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang kawasan legendaris ini. Kerja bakti ini ditujukan untuk membersihkan jalan sepanjang 1,3 kilometer, mulai depan Hotel Inna Garuda hingga Titik Nol Yogyakarta.

“Yang penting gerakan ini continue, rutin,” ujar Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, saat ditemui Bernas di kawasan Malioboro, Selasa (26/9).

Lengangnya Malioboro yang tak seperti biasanya itu sempat membuat kaget para wisatawan. Mereka tidak menyangka jika Malioboro “tutup”. Nindya Paramita (24), salah satu pengunjung dari Magelang sempat mengungkapkan kekecewaannya karena tidak berhasil membeli buah tangan dari Malioboro.

“Ke sini (Malioboro) memang mau beli barang, tapi nggak tau kalau ternyata tutup. Padahal mau beli oleh-oleh,” katanya dengan nada kecewa.

Malioboro boleh disebut ruhnya Jogja. Itu sebabnya Pemprov DIY memberi perhatian khusus terhadap kawasan Malioboro. Salah satunya adalah melalui program revitalisasi Malioboro yang telah menghabiskan anggaran puluhan miliar rupiah itu.

Namun, wajah Malioboro yang semakin cantik berkat program revitalisasi itu, ternyata belum dibarengi dengan kesadaran pengunjung dan pedagang untuk menjaga kebersihan. Berdasarkan pengamatan Bernas, setiap harinya selalu ada sampah yang berserakan di sekitar area pedestrian dan PKL. Bangku dan hiasan taman di sisi timur Jl Malioboro sudah ada yang rusak dan kotor. Tak hanya itu, area pedestrian yang seharusnya bersih dari PKL, masih sering digunakan oleh penjaja makanan kaki lima. Sampah dan limbah sisa makanan juga sering dibuang di area pejalan kaki tersebut.

Tak hanya area pedestrian yang belum terbebas dari sampah, aktivitas pengamen juga menjadi salah satu masalah serius di Malioboro. Tak sedikit pengunjung yang merasa terganggu dengan keberadaan para pengamen yang datang silih berganti.

Deny Hermawan (33), seorang waga Jogja punya pengalaman kurang menyenangkan ketika berkunjung di Malioboro. Kepada Bernas, ia mengaku terganggu dengan aktivitas pengamen yang dinilainya tidak bisa menghargai privasi orang lain.

“Pengamen di Malioboro banyak banget, kayaknya nggak terkontrol. Baru duduk-duduk sebentar aja udah banyak yang nyamperin,” ungkap Deny.

Isu kebersihan dan kenyamanan inilah nampaknya menjadi perhatian khusus pengelola kawasan Malioboro. Karena itulah kemudian dicanangkan Program “Bersih-bersih Malioboro” setiap Selasa Wage. (cay/tia)


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Bisnis 1 Jam lalu

Ini Lho 8 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Nomor 3 dan 4 Bikin Untung Besar!

Bernas.id - Ingin punya penghasilan sendiri, tapi bingung karena urusan rumah tangga, punya anak kecil dan tak mungkin keluar rumah? Ini lho 8 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang patut dicoba. Selain bikin nyaman, karena tidak harus kelu ...

Olahraga 2 Jam lalu

Kalahkan Imran, Stefer Sukses Mempertahankan Gelar Juara

JAKARTA, Bernas.id  - Petarung Indonesia sukses mempersembahkan kemenangan usai mengalahkan lawannya dalam perhelatan ONE Championship, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (20/1) malam. Dalam ajang ON ...

Ragam 8 Jam lalu

Istimewanya Masjid Jogokariyan di Daerah Istimewa Yogjakarta. Inilah Alasannya

Bernas.id - Masjid legendaris yang terletak di jalan Jogokariyan 36 kelurahan Mantrijeron kecamatan Mantrijeron Kota Jogja ini sudah sangat terkenal hingga seluruh Indonesia. Masjid yang dibangun pada tahun 1966 dan digunakan setahun s ...

Ragam 8 Jam lalu

Inilah Sisi Lain dari Pro dan Kontra Becak di Jakarta

Bernas.id - Kata becak berasal dari bahasa Hokkien, “Be Chia” yang artinya kereta kuda. Becak yang diperkirakan mulai tersebar di Indonesia sejak tahun 1930-an ini merupakan kendaraan hits pada jamannya yang ramah lingkunga ...

Nasional 14 Jam lalu

Pemerintah Amerika "Shutdown", Ini Dampak Bagi Indonesia Versi Hanafi Rais

JAKARTA, Bernas.id - Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump resmi ditutup, setelah kubu Partai Demokrat dan Republik gagal mencapai kesepakatan anggaran federal, Sabtu 20 Januari 2018.  Penutupan pemerintah ...

Inspirasi 14 Jam lalu

Dari Dilan Hingga Meghan Markle: Hati-hati Stereotipe yang Menutup Mata Hati dan Kreasi

Bernas.id - Tahun 2018 ini penuh dengan berbagai kejutan peristiwa menarik. Diawali dengan berita diluncurkannya film Dilan 1990 di awal Januari ini, hingga pengumuman resmi dari Istana Kensington, Kerajaan Inggris yang memaklumatkan bahwa ...

Inspirasi 15 Jam lalu

Harry dan Meghan: LDR Manis ala Keluarga Kerajaan Inggris, Bagaimana Denganmu?

Bernas.id - Dunia seakan selalu menantikan berita dari para pangeran dan puteri Kerajaan Inggris. Terlahir sebagai urutan kelima pewaris tahta kerajaan Inggris, membuat Pangeran Harry sudah terekspos di berbagai media sejak masih dalam kand ...

Film 15 Jam lalu

Wah, Ini 3 Alasan Kenapa Banyak Cewek Ingin Dicintai Oleh Dilan!

Bernas.id - Bagian pertama dari sebuah trilogi besutan Pidi Baiq akhirnya naik ke layar lebar. Di bawah arahan sutradara Fajar Bustomi, pemeran utama Dilan yang dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan dan Milea oleh Vanessa Priscilla, dianggap berha ...

Teknologi 18 Jam lalu

Xiaomi Keluarkan TV Android Seluas 50 Inci, Harganya Sungguh Terlalu!

Bernas.id – Sepertinya Xiaomi tidak pernah bosan menghancurkan pasar gadget dengan produk-produk mereka yang dibanderol dengan harga yang sangat miring. Baru-baru ini Indonesia sempat dikejutkan dengan Xiaomi yang merilis ...

Film 18 Jam lalu

Lara Croft Mencari Ayahnya Dalam Trailer Terbaru Tomb Rider

Bernas.id – Reboot film Tomb Raider yang akan dirilis bulan Maret 2018 diharapkan bisa membawa petualangan baru bagi karakter utama Lara Croft. Film Tomb Raider kali ini merupakan adaptasi dari video game dengan judul yang sama. Lara ...

Umum 19 Jam lalu

Efek Pemanasan Global, Suhu Bumi Meningkat dalam 3 Tahun Terakhir

Bernas.id – Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat menyebut, tahun 2017 adalah tahun terpanas ketiga setelah 2016 dan 2015. The Verge menyebut, kecenderungan suhu Bumi dalam jangka panjang meningkat 1,1 derajat ...

Nasional 22 Jam lalu

PDIP Sesalkan Akrobat Hukum MK

JAKARTA, Bernas.id - Ketua DPP PDIP Arteri Dahlan menyebut, keputusan Komisi Pemilihan Umum atau KPU dalam merevisi PKPU Nomor 7/2017 tentang verifikasi parpol akan keteteran, pasalnya akan terkendala dengan waktu. "KPU ak ...

Highlight 23 Jam lalu

Benarkah Pulau Ini Sedang Dijual? Ini Jawaban Detailnya!

Bernas. id - Mitos atau fakta jika pulau bisa dijual? Akhir - akhir ini terdengar isu dari sebuah situs bernama privateislandsonline.com yang diketahui menjual sebuah Pulau Ajab di Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau Ajab adalah sebuah Pula ...

Inspirasi 23 Jam lalu

Jangan Tunda Lagi, Kini Saatnya Mengubah Ruang Kerja Anda Jadi Surga!

Bernas.id - Apakah Anda pernah merasa buntu mendapatkan ide baru untuk deadline terdekat? Seolah Anda menginginkan waktu berlibur, namun ternyata jadwal padat tidak mengizinkan untuk sejenak menghirup udara segar. Kemudian Anda merasa ruang ...

Inspirasi 24 Jam lalu

Jangan Salah, Tukang Kredit Dapat Memperbaiki Ekonomi Indonesia yang Banyak Utang!

Bernas.id - Masih ingat kejadian fenomenal di tahun 1998, hampir sebagian belahan dunia mengalami krisis moneter (krismon) tidak terkecuali negara kita Indonesia. Rush besar-besaran terjadi dimana-mana sampai banyak pelaku usaha yang gulung ...

Film 24 Jam lalu

Sosok Dilan 1990: Serupa Tapi Tak Sama, Pergeseran Perilaku Remaja dari Masa ke Masa

Bernas.id - Bagi mereka yang bersekolah di jenjang SMA pada tahun 1990an, film Dilan 1990 memberi gambaran nostalgik bersekolah di Bandung pada era tersebut. Diambil dari sebuah trilogi yang bercerita tentang remaja pintar tapi bengal berna ...

Selebritas 1 Hari lalu

Berstatus Duda, Arie Langsung Meminang Ardina Rasti Tanpa Pacaran

Bernas.id – Artis peran Ardina Rasti bakal mengakhiri masa lajanganya, Sabtu (20/1/18). Ia telah menggelar pengajian pada Jumat (19/1/18). Ardina Rasti akan dinikahi artis peran Arie Dwi Andika yang menyandang status duda. Orang tu ...

Wisata 1 Hari lalu

Dua Event Internasional Ini Jadi Momentum Angkat 10 Destinasi Prioritas

JAKARTA, Bernas.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan bertaraf internasional, yakni Asian Games 2018 dan Annual Meeting IMF. Dua acara internasional di tahun 2018 ini akan menjadi incaran penjualan paket 10 destinasi pariw ...

Selebritas 1 Hari lalu

Ayu Ting Ting Mau Nikah? Ini 4 Fakta yang Perlu Anda Tahu

Bernas.id – Pedangdut Ayu Ting Ting dikabarkan akan segera menikah. Kabar bahagia ini dibeberkan oleh perancang busana ternama sekaligus teman Ayu, yakni Ivan Gunawan itu. Benarkah Ayu Ting Ting akan mengakhiri masa jandanya di tahun ...

Nasional 1 Hari lalu

DPP Hanura: Sepanjang Bersama OSO, Kami Dukung Jokowi

JAKARTA, Bernas. id - Ketua Dewan DPP Partai Hanura Benny Rhamdani menduga ada agenda tersembunyi di balik kisruh yang terjadi di Partai Hanura. Benny yang berada di kubu Oesman Sapta Odang (OSO) itu menilai ada pihak yang tidak menginginka ...

Nasional 1 Hari lalu

Waktu Singkat, Revisi UU MD3 Demi Langgengkan Jabatan

YOGYAKARTA, Bernas.id - Pakar Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Dr. W. Riawan Tjandra  S.H., M.Hum mengungkapkan revisi UU MD3 yang saat ini diajukan DPR RI saat ini  punya maksud tertentu. “Perubahan di suatu a ...

Olahraga 1 Hari lalu

Kemenpora Lakukan Evaluasi untuk Resolusi Rencana Tahun 2018

BOGOR, Bernas.id-Menghadapi tahun 2018, Kemenpora mengaku sudah mempersiapkan rangkaian evaluasi untuk mempersiapkan program kerja yang akan dilakukan demi meraih hasil yang maksimal. Langkah itu dilakukan Kemenpora dalam Rapat Koordinas ...

Olahraga 1 Hari lalu

Kemenpora Optimis Bebas dari Status Disclaimer

BOGOR, Bernas.id-Kemenpora optimis pihaknya bisa bebas dari status disclaimer atau tidak menyatakan pendapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), usai melakukan evaluasi secara menyeluruh. Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahra ...

Nasional 2 Hari lalu

Idrus Marham dalam "Genggaman" Jokowi. Masih Tajamkah "Kuku" yang Pernah Mencabik?

Bernas.id - Apakah benar keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, menjadi Menteri Sosial adalah ancang-ancangnya menghadapi Pilpres 2019? Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Muhamm ...

Highlight 2 Hari lalu

Gedung BEI Ambruk, Ini 5 Pihak yang Bertanggung Jawab!

Bernas.id - Ambruknya selasar gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) hari senin  tanggal 15 Januari lalu masih menyisakan pertanyaan siapa yang bertanggung jawab. Berbagai spekulasi beredar di tengah masyarakat. Pihak kepolisian pun masih m ...

Properti 2 Hari lalu

Anies: Rumah DP 0 Rupiah Tak Bisa Diperjualbelikan

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan ada persyaratan lain yang harus disetujui pemilik rumah down payment (DP) 0 rupiah. Anies menyebutkan warga tidak bisa menjual kembali rumah tersebut ke ...

Nasional 2 Hari lalu

Perhatikan! Taksi Online Tak Penuhi Persyaratan Permenhub Bakal Ditilang

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Perhubungan masih menertibkan taksi online. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan pihaknya bersama kepolisian akan mulai menindak tegas taksi online yang melanggar Peraturan Menteri Perh ...

Nasional 2 Hari lalu

Kereta Api Buatan Indonesia Dipesan Negara Asia-Afrika

MADIUN, Bernas.id – PT Industri Kereta Api (INKA) menerima banyak pesanan kereta api dari beberapa negara di kawasan Asia dan Pasifik. Ada negara yang sudah berulang kali memesan kereta api buatan anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ...

Nasional 2 Hari lalu

Jelang Pilkada, Awas Uang Palsu Beredar

SEMARANG, Bernas.id - Bank Indonesia kantor wilayah Jawa Tengah memperingatkan perbankan dan industri keuangan untuk lebih berhati-hati tentang kemungkinan beredarnya uang palsu pada Pilkada serentak 2018. BI pun meminta agar semua ...

Nasional 2 Hari lalu

Ini yang Terjadi Kalau Cantrang Terus Dibiarkan

Bernas.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penggunaan alat penangkapan ikan, yakni cantrang. Ia pun sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 72/MEN-KP/II/2016 tentang larangan penggunaan cantrang untuk mengambil ...

Nasional 2 Hari lalu

Serba Digital, Jokowi Dorong Dunia Industri Dalam Negeri Ikuti Tren Ini

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan soal perkembangan dunia industri yang terus berkembang cepat seiring perkembangan teknologi informasi. Memasuki era industri keempat atau era industri yang serba digital membuat b ...

Nasional 2 Hari lalu

Menperin Pastikan Kemudahan Impor Garam Industri

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan memprioritaskan impor garam industri. Pihaknya akan memberikan kalangan industri untuk mengimpor garam. "Garam untuk indust ...

Nasional 2 Hari lalu

Setelah Reshuffle Kabinet Jilid III, Ini Kata Ketua MPR

KUNINGAN, Bernas.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menyampaikan institusinya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet. Sebab, perombakan kabinet merupakan hak perogratif Presiden ...

Teknologi 2 Hari lalu

Rusia Ingin Ciptakan Jaringan Internet Tandingan

Bernas.id – Internet bak dunia yang tidak mengenal batas. Pasalnya di internet, siapapun bisa berkomunikasi dan bertukar informasi di internet tanpa terikat oleh jarak dan lokasi. Namun di sisi lain, kelebihan internet tersebut juga m ...

Internasional 2 Hari lalu

Wah, Di Negara Ini Narapidananya Malah Diajari Cara Membuat Senjata

Bernas.id – Merakit senjata tanpa izin adalah praktik yang dianggap ilegal di banyak negara, tak terkecuali di Thailand. Maka bukan hal yang mengherankan jika mereka yang tertangkap basah melakukan hal tersebut harus berakhir di balik ...

Internasional 2 Hari lalu

Mobil Ini Tersangkut di Bangunan Bertingkat Usai ‘Terbang’

Bernas.id – Di film-film action, mungkin Anda pernah melihat adegan di mana mobil melayang usai keluar dari jalan raya. Percaya tidak percaya, ternyata adegan macam itu bukan cuma ada di dalam film. Daily Mail mengabarkan sebuah mobil ...

Nasional 2 Hari lalu

Sudding Dilaporkan Karena Dugaan Pemalsuan

JAKARTA, Bernas.id – Sekretaris Jenderal Partai Hanura kubu Daryatmo, Sudding dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Kamis (18/1/18) malam. Serfasius Serbaya Manek adalah adalah pelapor yang mengaku diberi kuasa oleh Hanura. "Laporan ...

Properti 2 Hari lalu

Stasiun Tigaraksa Jadi Incaran Pembangunan Perumahan Murah

JAKARTA, Bernas.id - Pengembang properti terus berupaya membangunan hunian bagi masyarakat guna pencapaian program pemerintah melalui sejuta rumahnya. Kini para pengembang melakukan pembangunan di sekitar stasiun, terminal, atau tempat f ...

Properti 2 Hari lalu

Industri Bisnis Properti Disinyalir Aman di Tahun Politik

JAKARTA, Bernas.id - Tahun 2018 dan tahun 2019 merupakan 2 (dua) tahun politik. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun ini, dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019, disinyalir tidak mengganggu bisnis properti, alias bisnis properti ...

Properti 2 Hari lalu

Soal Rumah DP Rp 0, BI Ingatkan Kepala Daerah Hati-Hati

JAKARTA, Bernas.id - Gubernur dan Wakil Gubernur  DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Anies-Sandi) dalam kampanyenya mengatakan, akan memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan membeli rumah di Jakarta, dengan Down ...

Nasional 2 Hari lalu

Kemenag Perkuat Pendidikan di Madrasah

LOMBOK, Bernas.id-Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan terobosan untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial. Langkah yang dimaksud adalah menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Direktorat Guru dan Tena ...

Properti 2 Hari lalu

Komisi Keamanan Bangunan Dibentuk, Antisipasi Kejadian Seperti Ambrolnya Selasar BEI

JAKARTA, Bernas.id - Insiden ambrolnya selasar lanta I Tower II gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi pembelajaran bagi pemerintah. Untuk mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan ...

Selebritas 2 Hari lalu

Posting Foto saat Umroh, Netizen Doakan Meisya Siregar Selamanya Kenakan Hijab

JAKARTA, Bernas.id - Aktris cantik Meisya Siregar diketahui tengah berada di Mekkah menjalankan ibadah umroh bersama sang suami Bebi Romeo. Ia pun membagikan postingan tengah berada di Masjid Nabawi lewat media sosialnya. Wanita 38 tahun ...

Pet 2 Hari lalu

Kasihan, Lumba-Lumba Ini Mati Akibat Tersedak Saat Makan

Bernas.id – Pernahkah Anda memakan makanan yang berukuran besar tanpa mengunyahnya? Tentunya Anda bakal merasa kewalahan saat mencoba menelan makanan tersebut. Bahkan Anda mungkin bakal sempat mengalami kesulitan bernapas saat makanan ...

Selebritas 2 Hari lalu

Pose Mesra dengan Sophia Latjuba, Netizen Anggap Robby Purba Lebih Cocok Dibanding Ariel NOAH

JAKARTA, Bernas.id - Robby Purba baru-baru ini menjadi model pemotretan pameran salah satu fotografer. Ia dipasangkan oleh Sophia Latjuba untuk berpose bersama. Hasil pemotretan tersebut pun dibagikan oleh Robby di Instagram miliknya. Terl ...

Sudut Pandang 2 Hari lalu

Sebab Menumpuknya Hutang Indonesia Karena Para Ibu, Benarkah?

Bernas.id - Hutang! Apa yang terbayang dalam pikiran kita jika terlintas kata tersebut? Tentu saja, hutang adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pihak peminjam terhadap pihak yang meminjamkan. Tidak hanya masyarakat e ...

Properti 2 Hari lalu

Ini Tugas Komisi Keamanan Bangunan Yang Akan Dibentuk Kemen PUPR

JAKARTA, Bernas.id - Pasca ambrolnya selasar Lantai I Tower 2 gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin kemarin, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membentuk Komisi Keamanan Bangunan.  ...

Properti 2 Hari lalu

Rumah DP 0 Rupiah Mulai Dibangun, Ini Syarat yang Ingin Memilikinya

JAKARTA, Bernas.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah melakukan peletakkan batu pertama pembangunan rumah DP Rp 0 di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (18/1/18). Anies pun mengaku sudah mulai melunasi j ...

Nasional 2 Hari lalu

Punya Koleksi Kendaraan Mewah, KPK: Bamsoet Wajib Lapor Harta Kekayaan Terbaru

JAKARTA, Bernas.id – Bambang Soesatyo mulai melaksanakan tugas barunya sebagai Ketua DPR RI. Komisi Pemberantasan Korupsi pun mengimbau agar pria yang akrab disapa Bamsoet itu memperbaharui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Ne ...

Nasional 2 Hari lalu

Agung Laksono Tolak Jadi Saksi Meringankan Fredrich, Ini Kata KPK

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan tanggapan soal penolakan Ketua Dewan Partai Golkar Agung Laksono menjadi saksi meringakan untuk Fredrich Yunadi. Hal ini terkait dengan Fredrich yang telah ditetapkan sebaga ...