Malioboro, Kemana Ruhmu?

Editorial Harian Bernas - Heru Catur Nugroho
27 September 2017

Kondisi Malioboro pada hari Selasa (26/9). (Sumber foto: Icay Taher/Bernas.id)

YOGYAKARTA, Bernas.id - Ada pemandangan berbeda di Jl Malioboro, Selasa (26/9) kemarin. Ruas jalan sepanjang 1,3 kilometer di jantung kota Jogja itu mendadak sepi. Hiruk-pikuk pengunjung Malioboro yang biasanya memadati bangku-bangku pedestrian, mendadak “lenyap”. Lorong di sisi barat Jl Malioboro yang biasanya dipenuhi deretan lapak pedagang kaki lima yang menjajakan pakaian dan aneka kerajinan, mendadak lengang, kosong melompong.

Tidak hanya pedagang kaki lima dan pengunjung pedestrian, becak dan andong yang biasanya berjajar di sisi barat Jl Malioboro, juga ikut menghilang. Hanya ada beberapa orang yang berkumpul untuk berswafoto di depan papan penunjuk jalan Malioboro yang ikonik itu. Hanya kendaraan yang melintas yang terlihat mengisi kekosongan Jl. Malioboro.

Selasa (26/9) pagi kemarin, yang terlihat justru ratusan orang sibuk membersihkan jalan Malioboro. Pagi itu, diinisiasi Dinas Pariwisata Jogja, dan turut dihadiri walikota dan wakil walikota serta perangkat daerah lainnya, mereka secara bersama-sama membersihkan jalan legendaris tersebut. Bahkan semua pedagang yang biasanya berdagang di sepanjang jalan itu juga turut terlibat. Mereka libur berjualan sehari penuh.

“Kita ingin memberikan nafas kepada Malioboro sejenak,” ujar Kepala Dinas Pariwisata.

Dua jam kemudian, jalan Malioboro terlihat bersih, resik dan apik. Namun ada sesuatu yang aneh. Ada sesuatu yang hilang. Jalan yang biasanya sesak oleh pedagang dan wisatawan itu, jadi sepi dan hening. Tidak ada lagi orang berjualan cenderamata khas Malioboro. Tak ada lagi pedagang minuman khas semacam dawet ayu dan wedang uwuh. Jalan pagi di Malioboro yang diselingi makan pecel pincuk di depan Pasar Beringharjo, lenyap sudah.

Tidak ada lagi mbok-mbok yang sudah renta dengan jualan pisang kapok rebusnya yang super legit itu. Atau wangi sate gajih yang dibakar, dipadu dengan lontong. Semua terhenyak. Kemana Malioboro? Yang terlihat bukan jalan Malioboro, tapi sepotomg jalan yang resik dan bersih. Terasa bukan di Jogja.

Menjelang sore, keadaan tidak berubah, tetap sepi dan lengang. Seorang pegawai toko, tempat Bernas mengambil foto dari puncak tokonya, bercerita, “Biasanya jam segini Malioboro sudah padat. Sekarang sepi. Ngga enak juga melihat Malioboro seperti ini.”

Para tukang becak lebih banyak tertidur di becaknya. Biasanya di sore hari mereka sudah mengantongi sekitar lima puluh ribuan, sekarang belum sama sekali. Malioboro yang bersih tapi sepi dan tidak menarik.

Beberapa pegawai toko juga lebih banyak berdiri di trotoar di depan tokonya menyaksikan Malioboro yang sepi. Sesekali terdengar petugas berteriak-teriak menggunakan Toa, melarang pedagang asongan yang mencoba-coba berjualan.

Seorang turis asal Belanda ikut juga terheran-heran melihat Malioboro yang kosong melompong. “Ada apa? Saya dengar dari teman saya Malioboro itu ramai dan tempat jualan oleh-oleh etnik, tapi mengapa hari ini tidak ada?” tanyanya kepada Bernas.

Bernas mencoba menjelaskan bahwa hari ini Malioboro bebas dari para pedagang dan pengasong, untuk memberikan keleluasaan kepada turis menikmati jalan Malioboro. Bukannya berterimakasih atas penjelasan Bernas, turis itu malah menggerutu. “Kami ke sini justru ingin melihat Malioboro yang ramai dan ingin membeli barang-barang etnik khas Jogja,” katanya.

Bernas mengarahkannya ke sebuah toko, tapi dia menolak dan melanjutkan perjalanannya. Sejurus kemudian ia berbalik. Ia bertanya dimana bisa membeli air mineral kemasan. Bernas juga baru sadar bahwa hari itu Malioboro juga bebas dari seluruh pedagang makanan dan minuman. Jadi kalau perut kosong dan dahaga ya salah sendiri, kenapa nggak membawa makanan dan minuman dari rumah. Kalau hanya sekadar bersih, apa yang dinikmati lagi dari Malioboro? Kalau hanya sekadar apik, apa yang akan dicari orang di Malioboro?   

Yang diperlukan Malioboro tidak hanya sekadar bersih dan apik, tapi juga para pedagang yang menjual pernak-pernik Jogja yang khas itu. Juga para penjual makanan yang tidak akan ditemui di daerah wisata lainnya. Itulah yang membuat Malioboro hidup. Yang membuat Malioboro memiliki ruh. Kalau hanya sekadar bersih, semua juga bisa melakukannya. Tapi membuat seseuatu itu khas, sangat sulit. Jadi jangan membuang kekhasan Malioboro dengan sekadar alasan kebersihan.

Yang diperlukan adalah menata para pedagang yang khas itu menjadi tertib. Tidak hanya sekadar menarik uang iuran, uang kebersihan dan uang kemanan saja, tapi buatkan mereka kompartemen-kompartemen khusus untuk berdagang dan menyimpan dagangannya. Kompartemen itu dibuat sedemikan rupa sehingga menarik untuk dilihat. Ada berbagai model kompartemen yang menarik dan bercita rasa tinggi untuk pedagang kaki lima.

Coba tengok Singapura yang menata pedagang kaki lima dengan kompartemen yang menarik. Seragam dan sama ukurannya. Saat tengah malam, mereka hilang, lapak dan dagangannya disimpan di gudang khusus. Tempat itu kemudian berganti menjadi pedestrian dengan pedagang makanan yang menarik.  

Sementara di Malioboro, kalau malam hari kompartemen kaki lima ditutup dengan terpal hitam yang kumal, seperti tumpukan sampah.  Terlihat kotor. Inilah yang harus dibenahi. Jangan sampai Malioboro yang khas itu bersih, tapi kehilangan ruhnya. 

Suasana Malioboro baru terlihat sedikit hidup menjelang malam. Beberapa bangku di jalur pedestrian mulai diisi sejumlah wisatawan. Namun, suasana lengang masih juga terlihat di sisi barat jalur Malioboro. Tidak ada pedagang kaki lima, tidak ada suasana transaksi jual beli barang-barang kerajinan seperti biasanya.

Meski sejumlah wisatawan mulai mendatangi Malioboro pada malam hari, tetap saja ada pemandangan aneh. Restoran dan gerai makan di sekitar jalan utama Malioboro diserbu pembeli. Beberapa wisatawan yang duduk di bangku pedestrian terlihat menikmati es krim dan roti yang dibeli dari supermarket. Mereka tidak bisa menemukan makanan khas Jogja yang biasa dijual pada pedagang kali lima. Bernas bahkan menyaksikan ada beberapa pengunjung Malioboro yang minum bir dalam kemasan kaleng. Sebab, mereka tak bisa menemukan pedagang asongan yang biasanya menjajakan minuman di sepanjang Malioboro.

Program Selasa Wage

Sepinya Malioboro sepanjang hari kemarin, merupakan imbas dari program “Resik-resik Malioboro” yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DIY. Program ini dilaksanakan setiap Selasa Wage. Dengan demikian, pemandangan Jl Malioboro yang lengang itu akan terjadi setiap 35 hari sekali. Program Selasa Wage di kawasan Malioboro kemarin, baru kali pertama dijalankan. Program Selasa Wage ini berlangsung seharian penuh, mulai pukul 00.00 WIB.

Meski kegiatan utamanya “resik-resik”, tetap saja ada pengencualian. Hotel, toko dan area parkir Malioboro tetap boleh buka dan beraktivitas. Pada saat yang sama, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang kawasan legendaris ini. Kerja bakti ini ditujukan untuk membersihkan jalan sepanjang 1,3 kilometer, mulai depan Hotel Inna Garuda hingga Titik Nol Yogyakarta.

“Yang penting gerakan ini continue, rutin,” ujar Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, saat ditemui Bernas di kawasan Malioboro, Selasa (26/9).

Lengangnya Malioboro yang tak seperti biasanya itu sempat membuat kaget para wisatawan. Mereka tidak menyangka jika Malioboro “tutup”. Nindya Paramita (24), salah satu pengunjung dari Magelang sempat mengungkapkan kekecewaannya karena tidak berhasil membeli buah tangan dari Malioboro.

“Ke sini (Malioboro) memang mau beli barang, tapi nggak tau kalau ternyata tutup. Padahal mau beli oleh-oleh,” katanya dengan nada kecewa.

Malioboro boleh disebut ruhnya Jogja. Itu sebabnya Pemprov DIY memberi perhatian khusus terhadap kawasan Malioboro. Salah satunya adalah melalui program revitalisasi Malioboro yang telah menghabiskan anggaran puluhan miliar rupiah itu.

Namun, wajah Malioboro yang semakin cantik berkat program revitalisasi itu, ternyata belum dibarengi dengan kesadaran pengunjung dan pedagang untuk menjaga kebersihan. Berdasarkan pengamatan Bernas, setiap harinya selalu ada sampah yang berserakan di sekitar area pedestrian dan PKL. Bangku dan hiasan taman di sisi timur Jl Malioboro sudah ada yang rusak dan kotor. Tak hanya itu, area pedestrian yang seharusnya bersih dari PKL, masih sering digunakan oleh penjaja makanan kaki lima. Sampah dan limbah sisa makanan juga sering dibuang di area pejalan kaki tersebut.

Tak hanya area pedestrian yang belum terbebas dari sampah, aktivitas pengamen juga menjadi salah satu masalah serius di Malioboro. Tak sedikit pengunjung yang merasa terganggu dengan keberadaan para pengamen yang datang silih berganti.

Deny Hermawan (33), seorang waga Jogja punya pengalaman kurang menyenangkan ketika berkunjung di Malioboro. Kepada Bernas, ia mengaku terganggu dengan aktivitas pengamen yang dinilainya tidak bisa menghargai privasi orang lain.

“Pengamen di Malioboro banyak banget, kayaknya nggak terkontrol. Baru duduk-duduk sebentar aja udah banyak yang nyamperin,” ungkap Deny.

Isu kebersihan dan kenyamanan inilah nampaknya menjadi perhatian khusus pengelola kawasan Malioboro. Karena itulah kemudian dicanangkan Program “Bersih-bersih Malioboro” setiap Selasa Wage. (cay/tia)



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan 1 Jam lalu

Hati-hati! Suhu Dingin Bisa Membunuh Bayi Anda

Bernas.id - Setiap manusia ditakdirkan untuk memiliki sistem homeostasis dari lahir. Sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jika terjadi sesuatu gangguan pada sistem homeostasis ini, maka suhu tubuh dapat turun maupun m ...

Inspirasi 4 Jam lalu

Tak Mau Jadi Rengginang Yang Sembunyi Dalam Kaleng Biskuit? Ini Caranya, Hidup Akan Lebih Asyik!

Bernas.id - Lelucon mengenai kaleng biskuit yang hits di tahun 1980an ini ramai dan biasanya menjadi viral jika mendekati lebaran. Biasanya pada hari Lebaran akan kita temui kaleng-kaleng dengan merk biskuit tersebut yang isinya b ...

Kesehatan 4 Jam lalu

Terbukti Ampuh! Terapi Minyak Tanah Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Bernas.id - Jika kedua kaki Anda selalu terasa nyeri untuk berjalan, bisa jadi Anda adalah penderita salah satu penyakit asam urat dan rematik. Sebenarnya, asam urat dan rematik itu adalah jenis penyakit yang sama, hanya saja asam urat adal ...

Wisata 7 Jam lalu

Inilah Wisata Malam Di Jogja Yang Selalu Dirindukan Pengunjungnya!

Bernas.id - Jogja adalah kota yang menyuguhkan keindahan dan keromantisan di setiap sudut kotanya, sehingga tidak jarang seseorang yang pernah berkunjung ke kota ini akan kembali lagi. Jogja memang membuat rindu setiap pengunjungnya, kerama ...

Seni Budaya 7 Jam lalu

Mengenal Bangunjiwo, Kelurahan Dengan Berbagai Potensi Budaya

Bernas.id - Saat ini Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sedang menggalakkan program Rintisan Desa Budaya, dimana setiap desa diharuskan untuk memiliki satu atau lebih kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik. Salah satu Desa yang mem ...

Internasional 8 Jam lalu

Planet Ini Jaraknya Tidak Jauh dari Bumi dan Mungkin Berpenghuni

Bernas.id – Keberadaan alien memang masih belum terbukti hingga sekarang. Namun misi para astronom untuk mencari planet lain yang berpenghuni masih terus berlanjut. Tim astronom di observatorium Chili baru-baru ini mengumumkan kalau p ...

Bola 9 Jam lalu

Waduh, Dua Rekan Setim Ini Berkelahi di Tengah-Tengah Pertandingan

Bernas.id – Sepak bola merupakan olah raga tim. Jadi sudah sepantasnya pemain-pemain di tim yang sama menunjukkan kekompakannya di atas lapangan hijau. Namun hal berbeda tersaji dalam pertandingan Liga Serie A Brazil antara Flamengo m ...

Tokoh 9 Jam lalu

Semua Harus Dilakukan dengan Cara dan Pikiran yang Benar

Bernas.id - Handy Wijaya CFP menceritakan pengalaman istimewanya yang menjadi titik balik dalam kehidupannya. Waktu itu, ia mengambil keputusan untuk pindah ke dunia perbankan setelah  satu setengah tahun bekerja di perusahan sekuritas ...

Umum 9 Jam lalu

Canggung Menari, Kahiyang Ayu Lempar Senyum Manis Usai Terima Marga Siregar

MEDAN, Bernas.id – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu resmi menerima marga Siregar, Selasa (21/11/17). Dalam pemberian marga tersebut, Kahiyang didudukkan di atas pelaminan yang sudah disediakan keluarga paman Bobby, yaitu Doli ...

Tokoh 10 Jam lalu

Presenter TV Senior AS Charlie Rose Dituduh Sebagai Pelaku Pelecehan Seksual

Bernas.id – Charlie Rose, jurnalis TV senior yang menjadi pembawa acara CBS This Morning, dan paling dikenal untuk tayangan wawancara PBS-nya, baru saja ditambahkan ke daftar nama pria yang dituduh melakukan pelecehan secara seksual d ...

Kesehatan 10 Jam lalu

Ternyata, Berdasarkan Penelitian, Lemak itu Tak Bikin Gemuk!

Bernas.id – Banyak orang menganggap memakan makanan berlemak bakal membuat gemuk. Namun, semakin banyak saja penelitian yang membuktikan anggapan itu keliru. Salah satu penelitian tentang lemak ini ditulis oleh Aaron Carroll, seorang ...

Nasional 11 Jam lalu

Mubazir Kalau Plt Ketum Golkar Orang di Dekat Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar pada Selasa (21/11/17) siang ini akan menggelar rapat pleno untuk menentukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum partai untuk mengganti posisi Setya Novanto yang kini menjadi ta ...

Nasional 11 Jam lalu

Nazaruddin Siap Bantu KPK Beri Keterangan Soal Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apabila keterangannya diperlukan dalam penyidikan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi e-KT ...

Internasional 11 Jam lalu

Dituduh Penyihir, Gadis Asal Papua Nugini Disiksa Warga Secara Brutal

Bernas.id – Seorang gadis muda disiksa secara brutal di Papua Nugini setelah secara keliru dituduh mempraktikkan ilmu sihir. Gadis yang diyakini berusia sekitar enam tahun itu, saat ini, tengah dirawat di rumah sakit karena luka pa ...

Musik 11 Jam lalu

Video Klipnya Dinilai Terlalu Sensual,  Penyanyi Pop Wanita Mesir Ini Diciduk Polisi

Bernas.id – Seorang penyanyi wanita bergenre pop asal Mesir terpaksa ditahan oleh kepolisian setempat setelah video klip lagu yang ia nyanyikan menuai kontroversi. Karya yang ia garap dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sensual te ...

Lifestyle 12 Jam lalu

Masih Suka Menunda-nunda dan Mengabaikan Pekerjaan? Sadari Kerugian Ini Agar Kamu Tidak Melakukannya Lagi

Bernas.id - Hal kecil seringkali luput dari penglihatan kita. Tapi tau nggak sih bahwa kita itu nggak boleh meremehkan hal kecil. Sebab sekecil apapun itu pasti akan berdampak besar bila dilakukan secara berulang-ulang. Kebiasaan mengaba ...

Highlight 12 Jam lalu

Tiang Listrik, Akhir Perjalanan Panjang Setnov Menuju KPK

Bernas.id - Drama panjang nan melelahkan antara KPK dan ketua DPR RI Setya Novanto akhirnya menemuka ujungnya. Minggu malam (19/11) Setyo Novanto resmi mengenakan rompi orange KPK. Tersangka kasus mega korupsi e-KTP ini tiba di gedung KPK m ...

Kuliner 12 Jam lalu

Inilah Keripik Kentang Termahal Sedunia, Cuma Lima Keping Dihargai Rp 730 Ribu!

Bernas.id – Sebuah perusahaan bir di Swedia tak hanya memproduksi bir, namun juga mengeluarkan produk camilan keripik kentang. Namun, keripik kentang keluaran St. Erik's Brewery ini bukanlah camilan yang biasa-biasa saja.  ...

Film 12 Jam lalu

Waduh, Film Anak Naura dan Genk Juara Dituduh Sudutkan Islam

Bernas.id – Kita tentu senang jika terdapat film anak-anak buatan Indonesia di masa sekarang. Salah satunya adalah film anak-anak ‘Naura & Genk Juara’. Tetapi sayangnya terdapat kabar tak sedap menghampiri film ini. Be ...

Film 12 Jam lalu

Tonton Trailer Memukau “A Wrinkle Time” dari Disney

Bernas.id – Disney baru saja meluncurkan trailer baru untuk film berdasarkan novel fiksi ilmiah karya Madeleine L’Engle yang berjudul A Wrinkle Time. Film yang digarap oleh sutradara Ava DuVernay ini telah merampungkan proses pe ...

Inspirasi 12 Jam lalu

Jual Merchandise Tanpa Dijaga, Idol ini Tuai Pujian

Bernas.id – Mencari pendapatan lebih bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menjual barang-barang khas (merchandise) dari sebuah grup idol. Karena tingginya minat penggemar untuk membeli barang yang dijual o ...

Nasional 12 Jam lalu

Fahri Hamzah Sebut Jasa Setya Novanto kepada Pemerintahan Jokowi

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menganggap wajar jika Ketua DPR Setya Novanto meminta perlindungan Presiden Joko Widodo. Setya Novanto menjadi tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP. Penilaian Fahri ...

Properti 14 Jam lalu

Wow! Kota Seluas 50 Kali Meikarta akan Dibangun Bos Microsoft

PHOENIX, Bernas.id - CEO Microsoft Bill Gates, berencana akan membuat kota pintar, yang luasnya diperkirakan 50 kali dari kota baru Meikarta yang tengah digarap Lippo Group. Mereka rencananya akan membangun kota baru dengan mengintegrasi ...

Properti 15 Jam lalu

Target Akhir Tahun Bangun 200 Ribu Rumah, REI Optimis Tercapai

JAKARTA, Bernas.id - Menjelang akhir tahun ini, target pembangunan rumah rakyat harus tercapai. Terkait soal itu, REI optimis bisa melampaui target yang diperkirakan melebihi capaian yakni 200 ribu unit rumah. Hal tersebut dikatakan Ketu ...

Film 15 Jam lalu

Justice League Gagal Capai Prediksi Box Office

Bernas.id – Dalam pembukaan perdana di Amerika Utara, Justice League ternyata tak mampu mencapai prediksi pendapatan box office. Jika banyak yang memperkirakan film ini akan meraih USD 110 juta kenyataanya hanya USD 96 juta di pekan p ...

Fashion 15 Jam lalu

Agnez Mo Tampil Menawan di Red Carpet American Music Awards 2017

Bernas.id – Agnez Mo mempunyai kesempatan untuk menghadiri red carpet ajang penghargaan musik tahunan America Serikat, American Music Awards (AMAs) 2017. Penyanyi cantik berambut pendek ini tampil menawan dengan gaun putih. Penampilan ...

Film 15 Jam lalu

Ternyata Film Justice League Banyak Kemiripan dengan Avengers. Tonton ini Kalau Gak Percaya

Bernas.id – Apakah kamu sudah menonton Justice League? Kalau belum hati-hati, karena tulisan ini akan menjadi spoiler. Kalau sudah menonton, mungkin kamu akan menyadari ada banyak kemiripan antara Justice League dengan film The Ave ...

Bisnis 15 Jam lalu

Terungkap! Ini Harta Karun Dalam Bisnis yang Belum Dimanfaatkan

Bernas.id - Terkadang dalam keseharian, kita disibukkan dengan memikirkan pemasaran produk dan pelayanan dari waktu kewaktu. Jarang dari kita yang melihat ke dalam dan menyadari apa yang sebenarnya kita miliki. Ternyata kita memil ...

Selebritas 15 Jam lalu

Ayah Irfan Hakim Meninggal Dunia Setelah Opname 53 Hari

Bernas.id – Kabar duka baru saja datang dari presenter kondang Irfan Hakim. Pria yang memiliki 4 anak ini baru saja kehilangan ayahanda tercinta H. Rosyid Sukarya pada pukul 3.30 pagi ini (21/11/2017). Selama 53 hari ayahanda di rawat ...

Destinasi 16 Jam lalu

Wah, Desa Ini Menjadi Yang Terindah di Dunia!

Bernas.id - Banyak tempat di Indonesia yang begitu menawan namun tidak dikenali, padahal nyatanya memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Kali ini perjalanan menyusuri sebagian kecil daerah Sumatera Barat atau biasa diken ...

Mutiara Iman 16 Jam lalu

Wahai Muslimah, Hari Gini Masih Baperan? Oh, No!

Bernas.id - Kita mungin sudah tak asing dengan kata "baper" atau "bawa perasaan". Istilah yang sudah kekinian ini ternyata menurut tulisan pakar Romansa memiliki beberapa arti ...

Bisnis 16 Jam lalu

Jika Ingin Bisnis Jalan Di Tempat, Jangan Baca Ini!

Bernas.id - Liburan yang seru itu yang sudah tahu destinasi wisata yang asyik, jangan asal jalan saja karena selain waktu habis di jalan sambil memikirkan tempat tempat yang bisa didatangi, sudah pasti boros bensin dan tenaga. Keb ...

Marketing 16 Jam lalu

Strategi Jitu Costumer Service Online, Bahkan Emoticon Berpengaruh!

Bernas.id - Seperti yang sudah diketahui bersama, bagi sosok costumer service, seorang pelanggan atau konsumen adalah sasaran empuk yang bagaimana caranya membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Seorang costumer service mau ...

Finansial 18 Jam lalu

Mau Asah Skill Investasi? Yuk Bermain Cashflow Game

JAKARTA, Bernas.id -- Ada hal yang berbeda di Kantor Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM) di Lantai 6 Gedung GKBI, Jakarta. Sekelompok orang dari berbagai profesi sedang bermain 'Cashflow Game'. Cashflow Game merupakan s ...

Highlight 19 Jam lalu

Hati-Hati! Kini Ada Virus Malware yang Ancam Pemakai Facebook dan Twitter

Bernas.id – Jika kamu termasuk pemakai aktif Facebook dan Twitter maka harus semakin berhati-hati. Saat ini sedang terdapat malware yang menjangkiti media sosial dengan nama Trojan Terdot. Malware ini adalah turunan dari Trojan Zeus y ...

Selebritas 19 Jam lalu

Sedih, Lee Min Ho dan Suzy Miss A Resmi Putus

Bernas.id – Bisa jadi banyak pecinta Korean Drama (KDrama) menelan kekecewaan karena adanya berita yang cukup mengejutkan. Kabar ini berasal dari pasangan paling serasi asal Korea Selatan, Lee Min Ho dan Suzy yang berasal dari girlban ...

Bisnis 19 Jam lalu

Bermain Permainan Ini, Anda Bisa Terhindar dari Kesalahan Berinvestasi

JAKARTA, Bernas.id - Meski pernah bekerja di instansi perbankan, tak menjamin seseorang memiliki pemahaman tentang aset maupun liabilitas. Ini dialami Bapak Yohanes, mantan bankir di sebuah intansi perbankan. Dia mengaku memahami mindset te ...

Nasional 19 Jam lalu

Nasib Setya Novanto Ditentukan Siang Ini

JAKARTA, Bernas.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran etik oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto pasca ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelum menin ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Tikus Bakal Digunakan untuk Perangi Wabah TBC

Bernas.id – Tikus selama ini dianggap sebagai hama dan biangnya wabah penyakit. Namun organisasi APOPO yang berbasis di Belgia memiliki pandangan berbeda. Pasalnya APOPO seperti yang dilansir oleh Reuters justru berniat melatih tikus ...

Internasional 19 Jam lalu

Hebat! Robot Ini Bisa Lakukan Salto Tanpa Terjatuh

Bernas.id – Robot yang bisa bergerak dengan lincah bukan cuma ada di film-film. Perusahaan robotik Boston Company yang berbasis di Amerika Serikat (AS) belum lama ini merilis video mengenai Atlas, robot humanoid buatan mereka. Dala ...

Gadget 20 Jam lalu

Ingin Mengirim Foto Lewat WhatsApp dengan Kualitas Bagus? Gini Caranya!

Bernas.id – Pemakai WhatsApp telah lebih dari 1 miliar, bisa dibilang platform pengirim pesan ini memang sangat digemari masyarakat dunia. Tak mengherankan jika platform ini mempunyai fitur yang lengkap, sebut saja pengiriman dok ...

Highlight 20 Jam lalu

Hati-Hati, Kini Sedang Tren Jebakan Teks yang Mengaku dari WhatsApp

Bernas.id – Pemakai WhatsApp di Inggris kini sedang ditakuti dengan adanya jebakan scam atau penipuan berbentuk teks yang kelihatan telah dikirimkan oleh WhatsApp. Sejak hari Minggu (19/11/2017), mayoritas pemakai platform ini mendapa ...

Musik 20 Jam lalu

Bruno Mars Jadi Pemegang Piala Terbanyak, Inilah Daftar Lengkap Pemenang AMAs 2017

Bernas.id – American Music Awards (AMAs) 2017 memang baru saja usai. Tapi pastinya berbagai kejutan pun dihadirkan dalam ajang ini. Pastinya untuk 2017 ini, Bruno Mars menjadi penyanyi dengan perolehan piala terbanyak. Bruno Mars m ...

Internasional 20 Jam lalu

Miris, Separuh Kekayaan Dunia Hanya Dimiliki oleh 1 Persen Penduduk Dunia

Bernas.id – Kesenjangan sosial masih menjadi masalah pelik di dunia. Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Credit Suisse, sebanyak separuh kekayaan dunia hanya dimiliki oleh 1 persen dari total masyarakat dunia. Mereka yang termas ...

Inspirasi 21 Jam lalu

Tantangan Berat Dunia Kepenulisan

Bernas.id – Dunia pendidikan dan perkembangan karakter anak-anak Indonesia mengalami tantangan yang semakin berat belakangan ini. Jangkauan dunia cyber yang semakin mudah di akses mulai dari anak-anak sampai kalangan dewasa, memberika ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Keluarlah! Karena "The World is Our Classroom". Ini Lho Maknanya

Bernas.id - Tagline “The World Is Our Classroom” ini bisa kita temui ketika melintas di depan sebuah Universitas Swasta terkemuka di Jakarta. Kalimat tersebut sangat menarik karena belajar pada umumnya memang dilakukan di k ...

Lifestyle 1 Hari lalu

Bang, Ini Lho Yang Harus Disiapkan Menjelang Pernikahan. Sudah Siap?

Bernas.id – Pernikahan sendiri adalah sebuah peristiwa yang bisa diliang besar dan juga bersejarah dalam kehidupan, karena menyangkut sepasang insan yang menyatu dalam ikatan tali suci pernikahan. Adakalanya pernikahan tidak dilangsun ...

Pendidikan 1 Hari lalu

Fresh Graduate: Cari Kerja, Lanjut S-2 atau Nikah, ya?

Bernas.id - Tanpa terasa, waktu berjalan begitu cepat. Setelah lulus SMA pasti banyak di antara kamu yang memutuskan untuk lanjut S1. Setelah melalui setiap tahapan dalam kuliah S1, mulai dari orientasi mahasiswa baru, kuliah di kelas, kuli ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Oh My God, Ternyata Kebiasaan Ini Tak Baik Bagi Telinga! Lalu Bagaimana Cara Menjaga Kesehatannya?

Bernas.id - Gangguan pada telinga bukan hanya dialami oleh satu atau dua orang tapi jutaan orang di dunia ini. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan telinga yang merupakan satu dari lima panca indera. Ada banyak penyebab kerusakan atau ...

Hobbies 1 Hari lalu

Janda Ini Sedang Naik Daun untuk Menghias Rumah!

Bernas.id - Saat ini sudah banyak terbentuk komunitas ataupun geng ibu-ibu muda zaman now, salah satunya adalah komunitas. Terdapat komunitas beranggotakan ibu-ibu muda yang hobi mendekor rumahnya dengan berbagai barang-barang lucu dan ...