Berita Nasional Terpercaya

Cihuy, Ini Dia Makanan Khas Lampung yang Bikin Ngiler Abis, Dijamin Nagih!

0

Bernas.id-Jika kalian berkunjung ke Lampung, wajib mencoba makanan khasnya. Kalau tidak pasti bakalan nyesel loh! Makanan khas Lampung menyerupai makanan khas Sumatera Selatan. Dalam hal kuliner, Lampung dan Palembang memiliki kesamaan cita rasa. Selain itu, beberapa makanan khasnya juga sama-sama berbahan dasar dari ikan. Yuk kita intip, makanan khas apa saja yang ada di Lampung:

1. Tempoyak

Lampung adalah pusatnya durian. Maka dari itu, pemanfaatan durian sebagai inovasi makanan di Lampung sudah terkenal dan menjadi oleh-oleh buat para pelancong. Tempoyak adalah durian busuk yang enak. Tempoyak dibuat dari daging durian yang difermentasikan. Setelah sebelumnya disimpan dalam wadah tertutup rapat selama 3-5 hari. Rasa tempoyak asam namun ada manisnya juga. Tempoyak biasa diolah oleh masyarakat Lampung sebagai sambal, bisa juga diolah menjadi gulai tempoyak dan pepes tempoyak.

2. Seruit

Seruit merupakan ikan yang digoreng atau dibakar yang dicampur dengan bumbu-bumbu tertentu. Ikan yang digunakan bukan ikan laut melainkan ikan sungai seperti baung, belide, atau layis.

3. Kue lapis legit

Kue ini memiliki citarasa manis yang benar-benar legit. Kue ini sering disajikan ketika lebaran, hajatan, atau acara pesta. Kue lapis legit terdiri dari lapisan-lapisan tipis dan terbuat dari orchid butter, gula, tepung terigu, kuning telur, susu kental. Kue ini tergolong kue mewah, karena harganya yang melangit yaitu ratusan ribu per loyang.

4. Engkak

Kue ini terbuat dari tepung ketan putih, telur ayam, gula pasir, santan, susu dan mentega. Engkak biasa disajikan pada acara-acara besar mendampingi kue lapis legit.

5. Keripik Lampung

Lampung merupakan pusatnya keripik pisang. Eit, tunggu dulu, keripik pisang ini bukan sembarang keripik pisang. Keripik di Lampung dimodifikasi dengan berbagai varian rasa seperti rasa keju, durian, melon, strawberry, coklat, susu, dan masih banyak lagi. Selain ada keripik pisang, juga ada keripik nangka, keripik singkong, dan ubi-ubian.

6. Kemplang

Kemplang adalah kerupuk khas Lampung yang digoreng tanpa menggunakan minyak. Cara memasak kemplang dengan dipanggang. Kemplang memiliki citarasa yang gurih dengan rasa ikan.

7. Gulai taboh

Gulai taboh adalah gulai santan. Gulai taboh terbuat dari kacang-kacangan dan umbi-umbian seperti kacang merah, kacang panjang, kentang, ubi jalar dan labu. Selain umbi-umbian biasanya ditambahkan juga dengan ikan, udang atau melinjo.

Wah, enak sekali ya, ada yang sampai ngiler membayangkan? Nggak bakal nyesel kalau sudah mencicipinya, malah akan nambah dan nagih dijamin.

Penasaran kan? hehehe. Yuk ke Lampung!

Leave A Reply

Your email address will not be published.