close

Boneka Menyimbolkan Sesuatu? Kenali Boneka Legendaris di Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini

Boneka Menyimbolkan Sesuatu? Kenali Boneka Legendaris di Berbagai Belahan Dunia Berikut Ini

Bernas.id - Boneka yang kita kenal selama ini adalah alat untuk bermain bagi anak-anak. Dari boneka Barbie, sampai boneka Teddy Bear. Jenisnya dan besarnya kian beragam. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa boneka yang menjadi sangat legendaris dan terkenal ke berbagai Negara? Boneka tersebut bahkan memiliki nilai simbolis tersendiri. Mari kita berkenalan dengan boneka itu.

Boneka Kokeshi

Dari namanya kita dapat menebak bahwa boneka ini berasal dari Jepang. Ya, boneka ini memang berasal dari Jepang. Terbuat dari kayu, biasanya terdiri dari kepala dan badan saja. Awalnya Kokeshi berasal dari daerah Tohoku di sebelah utara pulau Jepang. Kokeshi dibuat oleh kijiya (tukang kayu).

Boneka Kokeshi dipercaya dapat memberikan kesehatan bagi anak. Bentuk boneka Kokeshi tradisional lebih sederhana. Kepalanya bulat dengan badan silinder. Kini Kokeshi hadri dengan beragam bentuk namun rata-rata terbuat dari elemen yang sama yaitu kayu.

Maneki Neko

Maneki Neko biasanya kita lihat di toko-toko sebagai ‘kucing penyambut’. Maneki Neko dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Boneka ini satu tangannya akna bergoyang-goyang seolah memanggil.

Pada abad ke-17 pada masa Edo di Jepang, dikisahkan seorang juragan kaya berlindung di sebuah pohon ketika sedang hujan dan badai. Tidak jauh dari tempatnya beridir ada sebuah kuil. Juragan terkejut melihat seekor kucing di pintu kuil. Kucing itu seolah menginginkannya untuk memasuki kuil. Ia kemudian masuk ke dalam kuil. Tak seberapa lama pohon tempat berteduhnya tadi tersambar petir. Juragan yang merasa diselamatkan kucing menyumbangkan sebagian besar hartanya di kuil tersebut. Setelah juragan kaya itu meninggal, di kuil dibangunlah sebuah patung kucing yang besar. Semenjak itu kucing dianggap penanda kemakmuran. Lalu tradisi tangan kanan yang diangkat berayun-ayun menandakan keberuntungan dan uang.

Matryoska

Boneka ini adalah boneka berbentuk bulat lonjong seperti buah pir. Keunikan boneka ini adalah, jika dibuka, kita akan menemukan boneka lagi di dalamnya. Dibuka kembali akan menemukan boneka di dalamnya yang lebih kecil. Demikian seterusnya sampai terdapat 7 set boneka dari yang terbesar hingga terkecil.

Boneka Matryoska adalah boneka khas Rusia. Terbuat dari kayu. Boneka ini pertama kali didesain pada tahun 1892 oleh Vasilij Petrovi Zvézdokin, seorang pengrajin kayu. Ia terispirasi membuat boneka setelah melihat patung Buddha di Honshu, Jepang. Di dalam patung Buddha tersebut terdapat makhluk mitologi. Ia terisnpirasi membuat boneka kayu yang memuat boneka lain di dalamnya. Ia melukis wanita muda dengan baju khas Rusia.

Pada tahun 1900 boneka ini dipamerkan di Paris dan menjadi terkenal. Para pengrajin Rusia kemudian banyak memproduksi boneka ini. Boneka ini juga menggambarkan seorang Ibu yang menyimbolkan keluarga Rusia. Boneka besar menggambarkan seorang ibu dan boneka yang paling kecil digambarkan sebagai benih atau jiwa.

Teddy Bear

Teddy Bear adalah boneka beruang yang berbulu lembut dan disukai anak-anak di seluruh dunia. Namun tidak banyak anak yang tahu bahwa Teddy Bear diambil dari nama Theodore Roosevelt, presiden Amerika. Pada tahun 1902, Theodore berburu beruang. Asisten Roosevelt kemudian menemukan beruang dan mengikatkan di sebuah pohon. Ia meminta Theodere menembaknya. Namun Theodore mengurungkan niatnya. Kejadian ini mempopulerkan Theodore sebagai orang yang menolak menembak binatang.

Seorang ilustrator mengabadikan kejadian menolak menembak binatang tersebut dan membuat ilustrasinya di sebuah koran. Morris Michtom seorang pembuat boneka, mendadak memiliki ide setelah melihat ilustrasi komikus tersebut. Setelah mendapat ide dari Roosevelt, ia memproduksi boneka Teddy Bear pertamanya. Boneka itu langsung populer dan disukai masyarakat dunia.

Boneka yang akan dikenang anak-anak di seluruh dunia bukan saja menyenangkan dan bagus untuk dimainkan, namun juga memiliki nilai simbolis tersendiri. Membuatnya tidak pernah punah digerus waktu.

Referensi:  www.gounesco.com - www.catster.com - www.japanya.co.uk - www.nps.gov


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai Diskon 80jt DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun


Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi


Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen Strategis di Jalur Bandara NYIA

Rumah Cantik 300 Jutaan DP 10 Persen - Strategis di Jalur Bandara NYIA


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru