Berita Nasional Terpercaya

Didik Nini Thowok Pukau Penonton dengan Tarian “Cinta Meretas Batas”

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Mengadaptasi dari cerita rakyat Kang Ching Wee Melawan Dewi Dhanu, Didik Nini Thowok, berhasil menampilkan tarian yang memukau ratusan pasang mata pengunjung. Berjudul ?Cinta Meretas Batas?, Didik Nini Thowok menggandeng 2 penari senior yang adalah dosen dari Institut Seni Indonesia (ISI).

?Untuk kolaborasi tari ini terhitung masih sangat baru, baru kita tampilkan tanggal 5 Februari kemarin dan ini adalah penampilan kedua kami untuk tari Kang Ching Wee ini.? Kata Didik dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (9/2/2019).

Cerita rakyat Kang Ching Wee ini menceritakan lika-liku kisah cinta dari Kang Ching Wee, putri saudagar kaya dari Tiongkok, dan Sri Jayapangus, Raja Bali. Pernikahan mereka yang tidak dikaruniai anak membuat Sri Jayapangus bertapa di Gunung Batur. Ketika bertapa, Sri Jayapangus bertemu dengan Dewi Dhanu. Kecantikan dari dewi Gunung Batur ini membuat Jayapangus menikahinya.

Kang Ching Wee yang menunggu kepergian Sri Jayapangus terlalu lama, menggerakkan kakinya untuk pergi ke Gunung Batur mencari suaminya. Mengetahui suaminya telah menikah dengan perempuan lain, wanita keturunan Tionghoa ini marah. Peperangan tak dapat dihindari antara Kang Ching Wee dan Dewi Dhanu. Tak ada yang kalah dalam peperangan ini karena keduanya sama-sama sakti.

Melihat adanya peperangan, turunlah Dewata dengan amarah yang menggebu-gebu dan mengutuk Jayapangus menjadi Barong Landung. Tak terima suaminya dikutuk, Kang Ching Wee meminta pada Dewata agar dirinya dikutuk pula. Keduanya berkeliling desa untuk menjelaskan pada masyarakat agar tidak meniru perbuatan buruknya itu.

?Cerita ini punya pesan yang mendalam untuk para penonton,? tutupnya. (*/Ayusandra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.