Berita Nasional Terpercaya

Peluang Emas Bekerja di Industri Perhotelan

0

PERKEMBANGAN industri pariwisata memberikan dampak positif terhadap tumbuhnya perekonomian di Yogyakarta. Sebagai kota tujuan wisata, tentu saja Yogyakarta banyak mendapatkan kunjungan dari para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara.

Sebagai penunjang industri pariwisata, beberapa tahun terakhir banyak bermunculan hotel-hotel baru di Yogyakarta. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sampai dengan akhir tahun 2018 terdapat 1.618 hotel di Yogyakarta. Jumlah tersebut terdiri mulai dari hotel kelas melati sampai dengan hotel kelas bintang lima. Tentu saja dengan banyaknya hotel yang ada di Yogyakarta membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang perhotelan.

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah hotel yang ada di Yogyakarta, semakin tumbuh pula tingkat penyerapan tenaga kerja di bidang perhotelan. Dengan semakin tingginya kebutuhan akan tenaga kerja di bidang perhotelan, hal ini merupakan peluang emas bagi para pencari kerja. Tentu saja para pencari kerja di bidang perhotelan harus membekali diri untuk mendapatkan kompetensi di bidang perhotelan.

Sebagai multiplier effect atas kondisi tersebut, membekali diri dengan menempuh pendidikan di akademi perhotelan merupakan langkah yang tepat untuk ditempuh para pencari kerja di bidang perhotelan. Di akademi perhotelan para siswa akan dididik langsung oleh praktisi di dunia perhotelan. Metode pengajarannya pun lebih banyak fokus pada praktikum  melalui program On the Job Training (OJT) di hotel.

Kesempatan kerja yang cukup luas dan skema remunerasi yang menarik (gaji tetap dan service charge), tentu saja akan menjadi magnet bagi siswa-siswi akademi perhotelan untuk menapaki jenjang karir yang cukup menantang di dunia perhotelan.

(Haryadi Wibowo, SE., MM., Dosen Akademi Pariwisata Buana Wisata Yogyakarta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.