Berita Nasional Terpercaya

D3 Perhotelan UNMAHA Gandeng The 101 Yogyakarta Tugu Hotel untuk Kerjasama di Bidang Pendidikan

0

Bernas.id – Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang merupakan merger dari empat kampus, sekali lagi membuat gebrakan dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran bagi mahasiswa. Kampus yang merupakan gabungan dari STMIK Mahakarya, AMIK AKMI Baturaja, STIEBBANK Yogyakarta dan AKPAR Buana Wisata ini terus meningkatkan kualitas perkuliahan melalui kerjasama dengan banyak pihak sebagai upaya untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa.

Program Studi (Prodi) Perhotelan Universitas Mahakarya Asia yang sebelumnya adalah AKPAR Buana Wisata, Kamis 18 Juni 2020 mengadakan pertemuan dalam rangkan menjalin kerjasama dengan The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management. Kerjasama ini dimotori oleh Bapak Haryadi Wibowo selaku Kepala Program Studi D3 Perhotelan Universitas Mahakarya Asia serta Bapak Bhimo Putranto selaku Vice General Manager The 101 Yogyakarta Tugu Hotel.

Haryadi mengungkapkan bahwa dalam pertemuan ini dibicarakan mengenai rencana kerjasama bidang pendidikan dengan industri perhotelan antara Prodi D3 Perhotelan Universitas Mahakarya Asia dengan The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management. Ia pun menambahkan bahwa pihak The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management menyambut baik rencana kejasama ini dan dibuktikan dengan disepakatinya rencana magang untuk para mahasiswa Prodi Perhotelan di The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management.

Selama belajar di kampus, mahasiswa dibekali dengan keterampilan khas sistem departementalisasi perhotelan. Hal ini sebagai bekal ketika mahasiswa terjun langsung mempraktikan ilmunya dalam kegiatan magang di The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management. Dalam proses pelaksanaan magang, mahasiswa diijinkan memilih divisi sesuai dengan minat yang diserti dengan assessment dari pihak manajemen hotel. Performance dan etos kerja mahasiswa selama proses magang pun akan menajdi penilaian tersendiri. Sehingga Haryadi berharap, mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan program ini dengan serius dan disiplin.

Program keahlian yang telah dipelajari mahasiswa selama berkuliah di D3 Prodi Perhotelan Universitas Mahakarya Asia adalah sebagai berikut:

  • Front Office,
  • Housekeeping,
  • Food & Beverage,
  • Accounting for Hotel,
  • Engineering for Hotel,
  • Hotel Marketing
  • Revenue Management
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Perancis

Pembelajaran melalui teori dan praktik dengan materi perhotelan yang up to date di kampus mengajarkan mahasiswa mengenai ilmu yang applicable di dunia kerja. Tak hanya itu, mahasiswa pun dibekali tentang entrepreneur dan business project. Juga dengan didukung oleh perkembangan dan pengetahuan tentang teknologi dan digital dan dilengkapi dengan para pengajar / dosen yang merupakan praktisi senior perhotelan, dan kini ditambah lagi dengan kerjasama D3 Perhotelan dengan The 101 Yogyakarta Tugu Hotel—Panorama Hospitality Management untuk program magang sebagai on the job training bagi mahasiswa. Maka diharapkan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan atmosfir langsung mengenai dunia kerja yang sesungguhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.