Berita Nasional Terpercaya

Kenali Ilmu Geografi yang Sarat akan Pengetahuan dan Kembangkan Dirimu Bersama UNMAHA

0

Bernas.id – Geografi umumnya membahas bentang lahan dan hal-hal terkait fisik bumi. Kalian akan mempelajari topografi, iklim, hingga geografi manusia untuk mencari hubungan antara kondisi alami dan pengumpulan populasi, penggunaan lahan, industri, sejarah, budaya, dan sebagainya. Selain belajar tentang fisik bumi, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan untuk memahami perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah termasuk penguasaan teknologi sistem informasi geografis.

Sebetulnya, jurusan Geografi itu masuk ke rumpun IPA atau IPS sih? Faktanya, jurusan Geografi di beberapa universitas memang ada yang masuk ke rumpun IPA dan IPS. Dilansir dari Instagram @masukkampus, luasnya bidang studi Ilmu Geografi menjadi salah satu alasan mengapa Ilmu Geografi masuk di rumpun Saintek dan Soshum. Alasan lainnya adalah karena beragamnya konsentrasi di Geografi yaitu Geografi Fisik, Geografi Manusia, dan Ilmu Pemetaan.

Ketika mempelajari Ilmu Geografi kalian akan mempelajari pengetahuan dan keahlian berikut ini, lo!

  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan menganalisis dan mensintesis
  • Kemampuan membaca data spasial
  • Kemampuan melakukan perencanaan
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan komunikasi
  • Pemahaman geografi

 

Kuliah di Jurusan Geografi, kamu mempelajari proses fisik muka bumi dan relasinya dengan proses sosial ekonomi budaya manusia. Selama 4 tahun atau 8 semester ditempa, kamu akan banyak mengkaji bentuk permukaan bumi dan proses perubahannya, atmosfer, iklim, proses pembentukan awan, hidrologi, kualitas air, mineral penyusun batuan, ekologi dan ilmu lingkungan, ilmu wilayah, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan belajar cara menyajikan data spasial geografi serta mempelajari pemetaan dan pemodelan spasial untuk pengelolaan sumber daya dan lingkungan hidup. Selain itu, dibekali juga cara mengembangkan suatu kawasan, menentukan pusat pelayanan, membuat perencanaan tata ruang dan tata wilayah, serta melaksanakan suatu proyek.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui misalnya:

  1. Geografi Fisik,
  2. Geografi Manusia,
  3. Ekologi dan Lingkungan,
  4. Survei dan Pemetaan,
  5. Penginderaan Jauh,
  6. Sistem Informasi Geografis,
  7. Kartografi,
  8. Geografi Regional,
  9. Geografi Pembangunan,
  10. Dinamika Penggunaan Tanah,
  11. Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Tanah,
  12. Pembangunan Wilayah,
  13. Dinamika Spasial Wilayah Urban,
  14. Perilaku Keruangan,
  15. Geologi
  16. Hidrologi
  17. Oseanografi
  18. Demografi
  19. Biogeografi
  20. Sistem Informasi Geografis
  21. Geohidrologi
  22. Aplikasi SIG
  23. dan sebagainya

 

Selain belajar teori, kamu yang berkuliah di Jurusan Geografi juga akan melakukan beberapa praktikum. Setelah lulus semua mata kuliah, kamu berhak menyandang gelar Sarjana Sains atau Sarjana Geografi.

Jika kamu berkeinginan untuk melanjutkan studi jenjang pascasarjana, ada banyak kampus bergengsi yang bisa dijadikan referensi. Kamu tinggal pilih kampus dengan bidang peminatan yang sesuai dengan minatmu. Tapi, jika kamu ingin melanjutkan pendidikan lintas jurusan juga bisa kok. Karena umumnya lulusan Geografi punya kemampuan akademik yang baik buat belajar disiplin ilmu lain.

Di jurusan Geografi kalian juga akan banyak mempelajari tentang lingkungan. Materi yang dibahas adalah tentang tentang fisik bumi, geomorfologi, bentang lahan. Selain fisik bumi, dalam jurusan geografi juga belajar tentang sosial seperti geografi manusia, geografi penduduk. Ada juga mata kuliah tentang peta yaitu membuat kontur, interpretasi peta, dan penginderaan jauh.

Belajar di jurusan Geografi juga banyak praktik di lapangan. Setiap tingkatan ada kuliah kerja lapangan. Contoh praktikum untuk jurusan ini adalah membuat update peta.

Kartografi dan Penginderaan Jauh (KPJ) di Fakultas Geografi masuk klaster sains dan teknologi. Jadi ketika di awal semester akan dapat mata kuliah dasar-dasar geografi seperti geologi, kartografi, meteorologi dan klimatologi, fisika dasar, juga biogeografi. Secara umum di KPJ ada tiga fokus. Kartografi, belajar cara pembuatan peta manual sampai digital, tapi lebih fokus ke peta tematik berhubungan dengan Geografi. Penginderaan Jauh, diajarkan cara memperoleh data dan menganalisis citra yang diperoleh melalui satelit, drone, maupun pesawat terbang. Sistem Informasi Geografi (SIG) menghubungkan antara Penginderaan Jauh dengan Kartografi, di sini banyak terjun pada coding dan pemrograman.

 

Jurusan ini memang cocok untuk kamu yang ingin mempelajari ilmu terkait permukaan bumi, wilayah, serta iklim dan cuaca. Geografi mempelajari tentang lokasi serta keruangan yang mencakup fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Di jurusan ini kamu nggak hanya belajar tentang keadaan fisik bumi, tetapi kamu juga akan membahas bagaimana hubungan manusia dengan alam itu sendiri.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan jurusan Geografi, sehingga jurusan ini layak menjadi pilihan, di antaranya adalah:

  1. Memiliki pengetahuan yang mantap serta mampu merancang model aplikasi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Jadi, kamu bisa melakukan kajian wilayah maupun ekologis.
  2. Mahir menyajikan data spasial geografi dalam bentuk peta, citra, tabel, gambar, juga teks baik secara analog maupun digital.
  3. Menyusun rencana pembangunan sektoral maupun yang berorientasi wilayah, serta melaksanakannya.
  4. Dibutuhkan di instansi pemerintah seperti Bakosurtanal, Badan Pertanahan Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Informasi Geospasial, dan lainnya. Cocok banget nih buat kamu yang ingin tertarik belajar Geografi dan ingin jadi abdi negara.
  5. Peluang kerja lulusan Geografi sangat besar seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi geospasial. Bahkan, seluruh Bappeda provinsi maupun kabupaten/kota diwajibkan memiliki ahli di bidang geografi.

 

Tak hanya itu, peluang karir bagi para lulusan geografi juga terbuka luas, peluang karier yang menanti lulusan Geografi sangat banyak. Jenis dan jenjang kariernya pun bervariasi. Karena instansi pemerintah, lembaga survei, perusahaan, juga organisasi nirlaba di bidang sumber daya alam dan lingkungan membutuhkan ahli geografi. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Geografi berada pada kisaran Rp4.000.000,00, dengan spesialisasi pekerjaan tertentu di bidang Geografi. Besaran tersebut tentu saja memperhatikan aspek kemampuan dan pengalamanmu, area tempat bekerja, serta jabatan yang menjadi tanggung jawabmu. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah lulus:

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)
  • Teknisi dan Operator Pabrik
  • Surveyor TanahTenaga
  • Ahli Prakiraan Cuaca
  • Ahli Pemetaan (Kartografer)
  • System Analyst

 

UNMAHA mengembangkan ilmu geografi yang dipadu dengan teknologi dalam jurusan Sains Informasi Geografi yang berjenjang Strata 1 atau sarjana. Bagi kalian, lulusan SMA yang bingung memilih kampus mana yang cocok untuk  melanjutkan Pendidikan UNMAHA dapat menjadi pilihan tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.