Berita Nasional Terpercaya

3 Profesi Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

0

BERNAS.ID ?  Maraknya bisnis di bidang perhotelan membuka peluang kerja yang luas untuk mahasiswa atau lulusan perhotelan.Pesatnya pertumbuhan pariwisata di Indonesia berpengaruh langsung pada pertumbuhan bisnis perhotelan. Seakan tidak bisa terpisahkan, dunia pariwisata dan perhotelan akan tumbuh seiring dan saling melengkapi satu sama lain.

Semakin banyak destinasi wisata di sebuah kota maka otomatis banyak bediri hotel-hotel di kota tersebut. Lebih besar lagi untuk skala sebuah negara, semakin maju pariwisata sebuah negara dan mampu menarik turis mancanegara makan semakin pesat bisnis perhotelan akan bertumbuh.

Ada banyak profesi di bidang perhotelan yang bisa kamu pilih selepas lulus kuliah, antara lain:

1. Food and Bavarage Manager

Buat kamu yang menyukai dunia kuliner maka pekerjaan di bidang Food and Beverage (F&B) Manager cocok untukmu. Tugas seorang F&B manager tidak hanya mengatur operasional restoran dalam hotel saja tapi menentukan standar dan kualitas makanan, serta melatih dan mengembangkan SDM yang ada di daput sebuah hotel.

Oleh karena itu, kedudukan F&B Manager sangat penting karena sebagai pemegang kuasa  untuk dapat menentukan menu makanan apa saja yang akan di hidangkan dalam setiap acara yang diadakan di hotel.

Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai F&B Manager bisa bekerja di hotel atau kapal pesiar dengan karir bagus dan gaji tinggi.

2. Room and Sales Manager

Room Sales Manager adalah pekerjaan yang memaksimalkan sebuah fasilitas kamar pada hotel untuk meningkatkan sebuah brand dan review hotel. Selain itu, pekerjaan tersebut mencangkup pelatihan dan pengembangan karyawan hotel.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang jenis pekerjaan ini namun jangan salah pekerjaan ini termasuk ke dalam pekerjaan yang memiliki jenjang karir bagus dan gaji tinggi.

Jika kamu sudah menjadi room and sales manager profesional selama beberapa tahun pada sebuah hotel kamu bisa pindah kerja ke hotel lain yang lebih bagus karena sudah memiliki pengalaman kerja pada bidang tersebut.

3. Wedding Manager atau Consultant

Wedding Manager atau consultant adalah pihak yang dipercaya dapat mengurus acara pernikahan dari mulai penyusunan budget hingga pelaksanaan acara. Pernikahan yang membutuhkan jasa wedding manager biasanya adalah pernikahan besar dengan ribuan tamu undangan. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga profesional yang dapat mengataur seluruh jalannya acara dengan baik.

Wedding Manager atau consultant bekerja sebagai jembatan antara pihak klien dengan hotel. Misalnya, dekorasi yang diinginkan, musik, serta menu hidangan. Kemampuan yang dimiliki oleh seorang Wedding Manager atau consultant bukan hanya kemampuan dalam berkomunikasi saja namun juga pengetahuan tentang seluk beluk hotel.

Sama halnya dengan Room and Sales Manager, pekerjaan sebagai Wedding Manager juga memiliki jenjang karir dan gaji yang bagus.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.