Hasil Polling pilkada.bernas.id : Suharsono - Totok Sudarto : 3493 * Abdul Halim Muslih - Joko Purnomo : 3310 * Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa : 1639 * Sri Muslimatun - Amin Purnomo : 1403 * Danang Wicaksana - Agus Cholik : 542 * Sutrisno Wibowo - Mahmud Ardi Widanto : 70396 * Bambang wisnu - Benyamin Sudarmadi : 141231 * Imawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi : 20761 * Sunaryanto - Heri Susanto : 69639 * Sri Mulyani - Yoga Hardaya : 356 * Arif Budiyono - Harjanto : 373 * Aji Setyawan - Windarti Agustina : 109 * One Krisnata - Muhammad Fajri : 437 * Muchammad Nur Aziz - KH M Mansyur : 348 * M Said Hidayat - Wahyu Irawan : 52 * Kotak - Kosong : 194 *

Perbedaan Musik Indonesia Dari Dulu Hingga Sekarang

Penulis : Kontributor
Editor : Redaktur Bernas
Dibaca : 3 kali
04 November 2020

ilustrasi sumber vovalviolin.blogspot dot com


BERNAS.ID - Segala sesuatu yang ada dari zaman dulu pasti akan mengikuti perkembangan, tidak terkecuali bidang musik khususnya musik di Indonesia. Berbagai hal mempengaruhi warna musik yang ditampilkan oleh musisi-musisi Indonesia dalam menciptakan sebuah lagu. Perbedaan jelas nampak dari alunan musik yang diciptakan, membuat banyak khalayak yang berbeda pandangan.

Ada yang menganggap bahwa musik zaman dulu lebih enak didengarkan, tidak susah dihafalkan, serta memiliki makna dan memiliki nilai moral di dalamnya. Sebaliknya, ada yang menganggap musik zaman sekarang lebih modern dan lebih ‘kekinian’. Apalagi ditambah belakangan ini adanya pengaruh musik K-pop yang sudah masuk ke Indonesia dan membuat anak-anak muda zaman sekarang perlahan namun pasti melupakan musik-musik dari tanah air kita ini.

Hal ini bisa kita lihat pada keseharian mereka, lagu apa yang mereka dengarkan di playlist mereka masing-masing. Ketakutan dari para pengamat musik saat ini ialah makin lunturnya rasa cinta kepada musik-musik Indonesia (lagu daerah terutama) yang kalah dengan lagu K-pop serta lagu-lagu dari barat yang juga sudah masuk ke Indonesia dan mendapat perhatian banyak dari masyarakat umum.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas musik indonesia zaman dulu, lagu nasional, lagu anak-anak, serta perbedaannya dengan musik di Indonesia sekarang.

Musik Indonesia Zaman Dulu

Musik di Indonesia pada zaman dahulu didominasi dengan lagu-lagu yang enak didengar, contoh seperti lagu dari band legendaris Koes Plus yang banyak disukai pada zamannya. Sedikit cerita, pada awal tahun 1900an, muncul para pengusaha rekaman yang didirikan saudagar keturunan Tionghoa, salah satunya adalah Tio Tek Hong yang memiliki toko di Pasar Baru, Jakarta. Saat itu, Tio Tek Hong memproduksi musik lewat piringan hitam alias plaatgramofoon. Tio Tek Hong juga memproduksi lagu-lagu rekaman dari kelompok musik bernuansa keroncong.

Kita semua tentu masih ingat dengan grup band dan penyanyi solo Indonesia terkenal seperti Dewa 19, Sheila On 7, Padi, Chrisye, Obbie Mesakh, Ebiet G Ade dan siapa yang kenal dengan lagu-lagu mereka, bahkan dulu anak-anak muda rela menabung untuk membeli kaset dari musisi tersebut dan dengan perasaan yang senang mendengarkan lagu-lagu mereka dan menyanyikannya baik itu sendiri maupun bersama teman-temannya.Alasan kenapa lagu-lagu di zaman dulu atau lebih tepatnya di zaman 90an bisa keren dan booming kala itu serta banyak peminatnya ialah:

1. Liriknya yang Terkesan Puitis

Ternyata, lirik yang puitis adalah salah satu faktor mengapa lagu-lagu di era 90an sangat diminati, karena liriknya yang puitis inilah yang membuat orang- orang di era 90an ketagihan untuk mendengarkannya sehingga dalam bahasa sekarang ini tidak bisa move on dari lagu tersebut. Ini dikarenakan proses pengerjaan liriknya dikerjakan dengan sebaik mungkin dan apabila nantinya digabungkan dengan musiknya akan terdengar sepadu/seharmoni. Sehingga pendangar saat mendengarkan lagu tersebut dapat terbawa dengan suasana. Memang bisa diakui ya gengs kalau lirik dari lagu-lagu era 90an sangat menyentuh hati.

2. Memiliki Makna yang Cukup Dalam

Memiliki lirik yang putis ternyata berpengaruh juga terhadap makna dari lagu tersebut. Lirik-lirik yang puitis digabungkan menjadi suatu bait dan bait demi bait tersusun menjadi sebuah lagu menjadikan lagu tersebut memiliki makna yang sangat mendalam. Apalah arti sebuah lagu tanpa makna? Makna dari lagu merupakan daya tarik untuk lagu tersebut, semakin bermakna atau semakin dalam makna yang terdapat disebuah lagu membuat orang semakin penasaran dengan lagu tersebut dan membuat orang ingin tahu makna yang terkandung dalam lagu tersebut.

3. Sifatnya Long Lasting atau Tidak Pernah Pudar oleh Waktu

Karena proses pengerjaannya yang sungguh-sungguh dengan ide dan kerja keras membuat lagu di era 90an long lasting atau tidak dimakan oleh zaman. Coba saat ini kita dengarkan lagu-lagunya, misalkan Kisah Kasih di Sekolah dari Obbie Mesakh, Kangen dari Dewa 19, Cintaku dari Chrisye dan masih banyak lagi. Pertanyaannya, masih cocok-cocok saja kan terdengarnya pada masa sekarang? Dan membuat para penggemarnya rindu ingin mendengarnya lagi.

 

Lagu-lagu Nasional

Musik Indonesia memang sudah dari awal sangat bermutu dan kualitasnya tidak kalah dengan musik-musik dari luar.Apalagi lagu-lagu nasional zaman kemerdekaan kita. Komposer-komposer Indonesia seperti sangat patut mendapat tempat di Musik kita. Sejak zaman pra kemerdekaan, musisi-musisi Indonesia yang menulis lagu-lagu wajib nasional menurut saya lebih unggul dibanding kebanyakan musisi di negara-negara berkembang lainnya. Coba saja dengarkan lagu-lagu nasional kita seperti Indonesia Raya dengan lagu-lagu nasional negara-negara lainnya, seperti Garuda Pancasila, Indonesia Pusaka, Indonesia Jaya, Tanah Airku, Berkibarlah Benderaku terdengar lebih secara mutu dan menumbuhkan sikap patriotisme kita.

 

Lagu-lagu Anak

 Lagu-lagu anak pada waktu kita kecil pun selain memiliki lirik yang mendidik juga memiliki melodi yang baik. Pencipta lagu anak-anak seperti Ibu Sud, AT Mahmud, Pak Kasur, dan lain-lain. Coba bandingkan melodi lagu "Pergi Belajar" atau lebih dikenal dengan liriknya "Oh Ibu dan ayah selamat pagi" ciptaan Ibu Sud dengan lagu anak-anak berbahasa Inggris seperti "Twinkle-twinkle. Lagu dari Ibu Sud mengajarkan moral, sementara lagu-lagu yang tingkatnya lebih internasional hanya mengajarkan melodi. Lagu-lagu anak-Indonesia walaupun tidak semuanya, unggul di syair yang mengandung pesan moral untuk anak dengan melodi yang relatif sama mutunya (kalau bukan lebih baik) dengan lagu-lagu anak berbahasa Inggris.

 

Musik Indonesia Zaman Sekarang

Musik Indonesia zaman sekarang juga tidak kalah bagusnya dengan zaman dulu, mungkin hanya berbeda dalam aransemen serta pemilihan kata dalam lirik lagu. Pada zaman sekarang pula banyak muncul boy band yang mengambil musik cenderung keras dan mungkin bagi orang awam itu susah dan tidak enak didengarkan. Perkembangan musik di Indonesia memang sedang berkembang, terbukti dengan masuknya musik-musik K-pop dan EDM (Electonic Dance Music). Masuknya genre tersebut bisa saja membawa dampak positif dan negatif bagi perkembangan musik di Indonesia. Dari sisi positifnya, kita bisa lebih menambah wawasan tentang musik dengan masuknya genre-genre tersebut dan bisa lebih mengeksplor kemampuan bermusik dari diri kita sendiri. Dan dari sisi negatifnya musik-musik asli Indonesia bisa saja tidak dilirik lagi oleh para penikmat musik karena orang tengah asik mendengarkan genre musik yang baru masuk oleh karena itu sebagus-bagusnya musik luar, tidak ada salahnya tetap mendengarkan musik-musik asli Indonesia dan turut mengembangkan musik dalam negeri. Kalau kita merasa mempunyai bakat dibidang musik tidak ada salahnya mencoba membuat musik yang dapat membuat nama Indonesia terangkat di kancah musik dunia.

 

(Kontributor: Gerardo Ega Riandika)


Ingin menjadi Sarjana Pengusaha atau Pengusaha yang Sarjana? Kuliah saja di Jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia www.mahakarya.bernas.id

Simak terus Bernas TV


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Hukum dan Kriminal

Kalah Judi Online, Motif Kedua Penjambret Sadis Ini Habisi Sugiyanto

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) bersama Polres Gunungkidul berhasil mengungkap motif pencurian dengan kekerasan (curas) di seputaran jembatan Irung Petruk tepatnya di Padukuhan Karangsari, Kapanewonan P ...

Hukum dan Kriminal

Operasi Curanmor Progo, Motor Matic Paling Banyak Dicuri

SLEMAN, BERNAS.ID - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) bersama 5 Polres di bawahnya mengekpos hasil Operasi Kewilayahan Curanmor (Pencurian Sepeda Motor) Progo 2020. Operasi ini digelar selama 14 hari dari tanggal 11-24 Novem ...

DIY

Perwal yang Mengatur Jalur Searah di Kawasan Kota Jogja Ditetapkan

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menetapkan sejumlah Peraturan Walikota (Perwal) sebagai turunan dari Peraturan Daerah tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Itu untuk untuk mengawal penerapan manajemen dan r ...

Analisa Pilkada

Ini Skema Pelaksanaan Pilkada di DIY Ditengah Dua Bencana

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 tinggal hitungan hari, namun ditengah bencana yang dialami masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai dari ancaman wabah Covid-19 dan bahaya erupsi G ...

Kesehatan

Kasus Kematian Covid-19 Meningkat, Tim Pemuliaan Jenazah Kewalahan 

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Melonjaknya kasus kematian Covid-19 di Kota Jogja membuat tim pemuliaan jenazah di kota tersebut juga kewalahan. Tim pemuliaan jenazah yang digawangi BPBD Kota Yogyakarta pun lalu meminta bantuan BPBD DIY.  S ...

Pendidikan

Dewan Pendidikan DIY: Sekolah Jangan Dulu Tatap Muka

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim mengumumkan bahwa sekolah boleh melaksanakan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Menangg ...

Pariwisata

Pentingnya Strategi Bisnis Kepariwisataan yang Adaptif di Masa Pandemi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Setelah sekian bulan terpuruk akibat pandemi Covid-19, kini sudah saatnya sektor pariwisata mulai bangkit lagi dalam tatanan normal yang baru. Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DIY memandang pen ...

Bernaswara

Terkenal Humble Trayen Kaligis mengeluarkan Single Terbarunya Bersama Nagaswara

BERNASWARA - Trayen Kaligis salah satu artis penyanyi pop solo Indonesia dan mantan personil boyband fenomenal  (NeXGen) nampaknya mulai menemukan jalan untuk karirnya di industri musik. Pemuda lajang Kelahiran Manado, Sulawesi Utar ...

Pendidikan

Wacana Metode Pembelajaran Tatap Muka, Tunggu Covid-19 Mereda

MAGELANG, BERNAS.ID - Terkait wacana siswa sekolah akan kembali melakukan belajar tatap muka pada awal tahun 2021, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin, mengaku sedang mempersiapkan desain pembelajarannya. Na ...

DIY

Bertekad Menjaga Persatuan dan Kesatuan, FKLB Menggelar Apel Siaga Kebangsaan

SLEMAN, BERNAS.ID - Berawal dari keprihatinan akan kondisi Bangsa akhir-akhir ini, sejumlah komunitas ormas dan relawan di Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Komunitas Lintas Bangsa (FKLB) menggelar Apel Siaga Kebangsaan, Kamis (26/11/20 ...

Bernaswara

Meski Kini Menjadi Artis, Denias Tidak Melupakan Kuliahnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Deni Faisal Ismail atau yang kerap di kenal dengan nama Denias baru-baru ini melakukan syuting video klip single terbarunya yang berjudul Cinta Tanpa Alasan.  "Lagu  Cinta Tanpa Alasan ini bercerita ...

Lingkungan

Kementerian ATR/BPN Pasang Papan Imbauan di Kawasan Perkotaan Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memasang papan himbauan pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfaatan ruang di Kawasan Perkotaan Kabupaten Sle ...

DIY

Inilah Rangkaian Peringatan Hari Anti Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta kini mulai menggelar rangkaian peringatan Hari Anti Kekerasan Perempuan dan Anak di Kota Yogyakarta 2020. Acara digelar 25 November hingga 16 Desember 2020. Kepala Dinas Pemberdayaan Mas ...

Hukum dan Kriminal

Aktivis JCW Tuntut Penuntasan Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini tengah mendalami kasus dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida APBD TA 2016-2017 di Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Merespons hal itu, ...

Pilkada

Logistik Pilkada Didistribusikan Tanggal 7 Desember

SLEMAN, BERNAS.ID - Sejumlah logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sleman 2020 sudah berada di gudang KPU. Logistik yang sudah ada seperti kotak suara, tinta, formulir, serta surat suara. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman Tra ...

Hukum dan Kriminal

KPK Tangkap Tersangka Dugaan Korupsi Penerimaan Hadiah Atau Janji Oleh Penyelenggara Negara

JAKARTA, BERNAS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji oleh Penyelenggara Negara terkait dengan perizinan tambak, usaha dan at ...

Bernaswara

Terkesan dengan Jogja, Trayen Lakukan Pembuatan Video Clip di Kota Gudeg

BERNASWARA | Yogyakarta - Artis solois pop muda Indonesia, Trayen Kaligis, selama beberapa hari ini sedang di Jogja. Trayen mengakui kota Jogja sangat berkesan. Bagi Trayen, Jogja itu kota yang sempurna karena memiliki unsur sejarah da ...

Ekonomi

Disperindag Kota Yogyakarta Gelar Jogja Mandiri Expo

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali menggelar Jogja Mandiri Expo, namun berbeda dengan sebelumnya yang digelar di luar kota, tahun ini justru dilakukan di dala ...

Sintesa

Jalan Unik Kebahagiaan Seorang Sopir pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh:  Sudjarwadi Suatu saat Situtena merenungkan keadaan keluarga dan masyarakat yang mengalami banyak perubahan setelah pandemi virus Covid-19 di berbagai penjuru dunia. Sudah tujuh bulan Situtena tidak bepergian jauh ke kota lain ...

Nasional

Kapolri Berikan Arahan Tegas, Tegakkan Protokol Kesehatan

JAKARTA, BERNAS.ID - Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) seluruh Indonesia di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh 34 Kapolda dan 493 Kapolres. ...

Nasional

Pushidrosal dan Diskumal Gelar Webinar Rancangan Perpres Survei Pemetaan Hidrografi

JAKARTA, BERNAS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) menggelar Webinar tentang rancangan Peraturan Presiden (Perpres) survei dan pemetaan hidrografi. Kegiatan ...

Kesehatan

Pemda DIY Diminta Tingkatkan Sistem Pelayanan Kesehatan yang Dirasa Bisa 'Collapse'

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto merasa, dalam perjalanan penanganannya sejak Maret 2020, tren positif Covid-19 di DIY terus naik. Menurutnya ini sungguh mengkhawatirkan karena sistem pelayanan dan kesehatan di DI ...

DIY

Pecah Rekor! Kasus Positif COVID-19 di DIY Bertambah 150 Orang, Tertinggi Sleman

SLEMAN, BERNAS.ID - Lonjakan kasus positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mengalami peningkatkan fantastis. Per Rabu (25/11/2020) ada penambahan sebanyak 150 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.  &qu ...

Kesehatan

Dinkes DIY Segera Latih Vaksinator Covid-19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY siap menggelar latihan bagi Vaksinator Covid-19 di DIY. Meski demikian, belum dapat diketahui, kapan vaksinasi Covid-19 bakal dilakukan. Trisno Agung Wibowo selaku Kabid Sumber Daya Ke ...

Lifestyle

Whitehead, Milia, Fungal Ance, dan Jerawat Batu Apa bedanya ?

Bernas.id, Berbicara tentang masalah kulit dan kecantikan memang tidak ada habisnya. Banyak sekali permasalah-permasalahan yang dialami pada kulit terutama bagian wajah. Permasalahan tersebut mungkin akan menjadi suatu masalah besar bagi pa ...

Nasional

Hari Guru Nasional: Semangat Mengabdi di Tengah Pandemi

Bernas.id – Pada tanggal 25 November ini, setiap tahunnya Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Pada tahun 2020 ini, peringatan Hari Guru diselenggarakan dengan tema resmi "Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar” ...

DIY

BPPTKG: Erupsi Merapi Tidak Akan Sebesar Tahun 2010

SLEMAN, BERNAS.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman meminta masyarakat tenang menyikapi perkembangan aktivitas gunung Merapi saat ini. Namun, masyarakat juga harus tetap waspada dengan memperhatikan arahan dari pihak yang ...

Inspirasi

Klinik Ananda : Berikan Pelayanan Terbaik dengan ‘Bidan Delima’

ADVERTORIAL | BERNAS.ID - Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan medis dasar dan/atau spesialistik dan diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (bidan dan/atau perawat) maupun tenaga ...

Daerah

Anggota DPR RI Bagikan 25 Ribu Masker Medis di Kabupaten Kendal

KENDAL, BERNAS.ID - Anggota DPR RI Fraksi PKS, KH Bukhori Yusuf, menyalurkan bantuan sebanyak 25 ribu masker medis kepada Puskesmas Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Selain bantuan masker, Anggota Legislatif Dapil Jateng I ini juga m ...

Nasional

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Ini Reaksi Netizen

BERNAS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11/2020) dini hari. Penangkapan Edhy Prabowo berlangsung di Bandara Soekarno-Hatta Cengkarang.  Diketahui, Edhy ...

Politik

Mendagri Tidak Bisa Pecat Kepala Daerah Gara-gara Tak Tegakkan Protokol Kesehatan

SLEMAN, BERNAS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan instruksi yang memuat ketentuan pemberhentian kepala daerah apabila terbukti melanggar protokol kesehatan. Kebijakan tersebut diatur dalam Instruksi Mendagri No.6 Tahun 2020 t ...

DIY

Begini Perubahan "VC Ratio" Akibat Penyearahan Arus Sekitar Malioboro

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menilai penerapan sistem jalan searah di seputar Malioboro rupanya berpengaruh pada vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas atau arus lalu ...

Kesehatan

Zona Merah, Hotel dan Restoran DIY Covid-19 Diimbau Tetap Waspada

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Semua wilayah di DIY telah dinyatakan berstatus zona merah Corona. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY kembali menekankan kewaspadaan dan kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19 ...

DIY

Ramai Jejak Macan Tutul Merapi, TNGM Pastikan Itu Jejak Anjing

SLEMAN, BERNAS.ID - Ramai jejak macan tutul di jalur evakuasi Gunung Merapi Suruh -Singlar Dusun Ngancar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman dibantah oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Hal ini dipastikan oleh Fungsional Pengendali ...

DIY

Kemensos RI Bekerjasama dengan ISRI Kota Yogyakarta Salurkan Bantuan Sembako

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dalam rangka meringankan beban rakyat maka IKATAN SARJANA RAKYAT INDONESIA (ISRI) DPC Kota Yogyakarta mendata warga Kota Yogyakarta yang terdampak Covid19 untuk dapat diajukan mendapatkan bantuan sosial berwujud semb ...

Internasional

Indonesia Terpilih Sebagai Presiden Dewan Pembangunan Industri UNINDO

WINA, BERNAS.ID - Indonesia terpilih sebagai Presiden pada pertemuan Sesi ke-48 Dewan Pembangunan Industri (Industrial Development Board/IDB) pada Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO). Pemilihan dimaksud dilan ...

Pendidikan

Fakultas Bioteknologi UKDW Kembangkan Iklim Riset di Sekolah

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta telah menjadi mitra Asosiasi Guru Pembimbing Penelitian Indonesia (AGPPI) dalam pengembangan iklim riset dan kualitas riset guru dan siswa sejak ...

Bernas TV

Bahas Intoleransi dan Pilkada, Dit Intelkam Polda DIY Kunjungi Pimpinan Ponpes Nurul Ummah Kotagede

YOGYAKARTA, BERNASTV — Jajaran Polda DIY senantiasa melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di masa Pilkada saat ini. Disamping selalu menjaga silaturahmi dengan berbagai ...

Pendidikan

Januari 2021, Siswa di Sleman Boleh Belajar Tatap Muka

SLEMAN, BERNAS.ID - Sekolah-sekolah di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menerapkan pembelajaran tatap muka di Semester Genap Tahun Ajaran (TA) 2021. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Wida ...

Analisa Pilkada

Tim 38 Akan Awasi Pilkada DIY Agar Bersih dan Patuhi Prokes

SLEMAN, BERNAS.ID - Puluhan advokat  yang tergabung dalam Tim 38 mendeklarasikan Advokat Pilkada Bersih untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tim ini akan memantau dan mengawasi pelaksanaan pilkada agar bersih dan mematuhi pr ...

Pendidikan

Mengadu ke Dewan, Puluhan Guru dan Tenaga Honorer Minta Kejelasan Nasib

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Puluhan guru dan tenaga honorer yang tergabung dalam Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non Kategori Usia 35 Tahun ke Atas (GTKHNK35+) melakukan audiensi dengan pimpinan DPRD DIY, Senin (23/11/2020). Mereka ya ...

Pilkada

Walau Pandemi, Target Partisipasi Pilkada DIY Tetap Tinggi

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Pandemi Covid-19 memang menghantui pelaksanaan pilkada tahun ini. Meski demikian, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan telah meminta KPU Sleman, Bantul dan Gunungkidul untuk menaikkan target partisipasi di atas nasional, 7 ...

Bernas TV

Terkait Ceramah Rizieq Shihab, PB MDHW Ajak Semua Elemen Bangsa Tetap Bersatu Demi NKRI

JAKARTA, BERNASTV - Baru-baru ini sedang viral beberapa potongan video Ketua FPI, Muhammad Rizieq Shihab, yang kembali menyedot perhatian publik. Ceramah yang disampaikannya dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, menurut P ...

Analisa Pilkada

Pelanggaran Akun Twitter KPU Sleman Diteruskan ke DKPP

SLEMAN, BERNAS.ID - Bawaslu Kabupaten Sleman memutuskan meneruskan pelanggaran akun Twitter KPU Kabupaten Sleman yang hanya mengunggah salah satu program pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 ke Dewan Kehormatan ...

Budaya

Asyiknya Belajar Nyinden Secara Online di Yogyakarta Gamelan Festival

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Berbagai cara bisa ditempuh agar semangat berkarya selama pandemi masih menyala. Salah satunya dilakukan lewat ajang Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) yang kembali digelar tahun ini. YGF ke-25 send ...

Wiradesa

Tragedi Penari Jathilan

WIRADESA - Tugimin sekarat, sementara istrinya masih berjuang melahirkan anak mereka. Puskesmas Suka Esih mendadak dipenuhi orang-orang yang tadi mengantar pasangan suami istri itu ke ambang pintu UGD. Namun, Sulastri langsung dilarikan ke ...

Bernas TV

Diresmikan GKR Hemas, PT Pos Indonesia Regional 6 Luncurkan Bebakulan Expo

Yogyakarta.BERNASTV - Dalam rangka mendukung optimalisasi Jogja Bangkit 2020, PT Pos Indonesia Region 6 Jawa Tengah-DIY meluncurkan berbagai program bagi para pelaku UMKM untuk mendukung pergerakan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi ...

Pilkada

KPU Sleman Simulasi Pencoblosan Sesuai Protokol Kesehatan, Ada Bilik Khusus

SLEMAN, BERNAS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman telah melakukan berbagai persiapan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember nanti. Salah satunya, melakukan simulasi pemungutan suara dengan penerapan protokol keseh ...

DIY

Belasan Mobil Koleksi Presiden Sukarno Sambangi Balaikota

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Belasan mobil kuno koleksi Presiden RI yang pertama, Sukarno, mengunjungi kawasan Balaikota Yogyakarta, Minggu (22/11/2020) pagi. Ini adalah mobil-mobil yang ditampilkan dalam Pameran Arsip Alat Transportasi Bersejar ...

Daerah

Pemkab Magelang Gunakan Aplikasi Janoko Guna Pantau Kebutuhan Pengungsi Merapi

MAGELANG, BERNAS.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang membuat aplikasi 'Janoko Pengungsi' yang berfungsi memantau apa saja kebutuhan terkait dengan pengungsian. "Kita sedang siapkan dan sebentar lagi akan dilaunching," ka ...