Berita Nasional Terpercaya

Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia Digelar, Seperti Apa di Jogja?

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID –  Bank Indonesia bersama Pemerintah RI menyelenggarakan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021: “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”. FEKDI 2021 diharapkan dapat memperkuat kolaborasi seluruh pihak dalam mengembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan digital dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional. 

Rangkaian acara FEKDI 2021 dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 8 April 2021. Opening Ceremony FEKDI 2021 yang disiarkan melalui live streaming pada media sosial Bank Indonesia disaksikan secara serentak oleh 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. 

Miyono selaku Deputi Direktur Bank Indonesia Yogyakarta menerangkan, Pemda DIY dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (BI DIY) turut menggelar seremoni FEKDI 2021 di Yogyakarta, Senin (5/4/2021). FEKDI DIY dihadiri oleh Asisten Perekonomian Setda DIY Tri Saktiyana dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

“Agenda FEKDI 2021 di DIY setelah prosesi Opening Ceremony FEKDI 2021 adalah pengukuhan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) di tingkat Provinsi DIY dan Kota Yogyakarta yang ditandai dengan pemberian awarding digitalisasi kepada masing-masing pemda,” katanya.

Pengukuhan tersebut menurut Miyono juga sekaligus menandakan bahwa seluruh  provinsi/kota/kabupaten di DIY telah membentuk TP2DD (TP2DD di 4 Kabupaten telah dikukuhkan di 2020). Pembentukan P2DD di tingkat Pusat dan TP2DD di tingkat daerah menurut dia merupakan tindaklanjut dari Keputusan Presiden No.3 Tahun 2021. 

“Tim ini dibentuk bertujuan untuk mempercepat implementasi elektronifikasi transaksi keuangan daerah. Dengan implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD), pengelolaan keuangan daerah diyakini akan lebih efisien, transparan, dan akuntabel,” jelas dia.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan Launching QRIS GuMaTon (Tugu Malioboro Keraton), Serah Terima Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Digital Corner Beringharjo dan Launching Kurikulum Semar School (Smart Traditional Market). Ketiga prosesi tersebut menandakan kesiapan Kota Yogyakarta untuk membentuk ekosistem digital di wilayah Kota Yogyakarta. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.