Berita Nasional Terpercaya

Menhub Dorong Kolaborasi Sektor Penerbangan untuk Bertahan di Tengah Pandemi

0

JAKARTA, BERNAS.ID ? Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mendorong kolaborasi para pemangku kepentingan di sektor penerbangan, dengan melalui digitalisasi dan pengembangan bisnis non aeronautika sebagai salah satu strategi bertahan bagi industri penerbangan di tengah pandemi covid-19.

“Strategi tersebut harus dikembangkan dengan baik, karena bisa menambah pendapatan serta mentralisir tekanan-tekanan terhadap suatu usaha termasuk pada sektor penerbangan,” ujar Budi saat webinar Proyeksi Pemulihan Sektor Penerbangan Menuju Normal Baru yang digelar Indonesia National Air Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia dan Universitas Padjajaran, Kamis (15/4/2021).

Budi juga mendorong kolaborasi antara para maskapai dengan organisasi penerbangan dunia seperti International Air Transport Association (IATA) dan International Civil Aviation Organization (ICAO) dengan fokus kerjasama pada pengembangan protokol kesehatan (prokes) seperti jaga jarak, layanan touchless, pemeriksaan kesehatan, penyemprotan desinfektan dan lainnya supaya semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk bepergian dengan pesawat di tengah pandemi.

Budi menjelaskan, dengan mengoptimalkan slot time penerbangan dan mengaktifkan kembali rute-rute domestik yang sempat tidak beroperasi, merupakan salah satu upaya lain yang bisa dilakukan untuk bertahan di tengah pandemi covid-19.

Budi mengungkapkan, saat ini Pemerintah sedang melakukan proses vaksinasi nasional untuk para petugas di bidang transportasi, termasuk pada sektor penerbangan seperti pilot, pramugari/pramugara, petugas maskapai, petugas ground handling, dan lainnya. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan dan penyebaran virus covid-19 di sektor transportasi yang kerap bersentuhan langsung dalam melayani masyarakat.

“Pemerintah saat ini tengah melakukan proses vaksinasi nasional. Namun saya minta penerapan prosedur prokes mulai dari keberangkatan saat perjalanan dan saat tiba di kedatangan tetap dilakukan guna mencegah penyebaran virus covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja menerangkan, sejak awal Maret 2020 pandemi covid-19 melanda Indonesia, jumlah penumpang penerbangan nasional untuk domestik mengalami penurunan sekitar 70% dan untuk internasional sekitar 60%. Kemudian untuk jumlah kegiatan kargo logistik juga mengalami penurunan dari sebelumnya sebesar 1,1 juta ton menjadi 429 ribu ton.

Denon mengatakan, telah melakukan sejumlah forum diskusi (FGD) dengan para pemangku kepentingan seperti BNPB, Kemenkes dan para pemangku kepentingan di sektor penerbangan. “Diharapkan dengan adanya kolaborasi yang baik dapat menggeliatkan kembali penerbangan nasional kita,” katanya.

Turut hadir dalam acara webinar tersebut Deputi Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati; Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja; Ketua Dewan Pembina INACA sekaligus Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra; dan Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.