Berita Nasional Terpercaya

Manfaat Mempelajari Asmaul Husna, Pintu Mendekatkan Diri Kepada Allah

0

Umat Islam tentunya sangat akrab dengan kata ‘Asmaul Husna’. Asmaul Husna merupakan sebutan bagi 99 nama Allah SWT yang ada di dalam Al-Quran. 99 nama tersebut mempunyai melambangkan keistimewaan dan keagungan Allah SWT.

Kekuasaan Allah di dunia ini tergambarkan melalui 99 nama tersebut dengan setiap artinya masing-masing. Dari 99 nama tersebut, umat Muslim mengakui bahwa Allah merupakan Zat yang Maha Agung dan Maha Segalanya. 

Kata Asmaul Husna sendiri biasanya banyak disampaikan dalam ceramah maupun acara keagamaan. Selain itu, Asmaul Husna juga kerapa disampaikan dalam bentuk lantunan lagu yang merdu dan indah. Umat Islam juga dituntut untuk mempelajari Asmaul Husna untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat mempelajari Asmaul Husna bagi umat Muslim.

 

Mengenal Lebih dalam Allah SWT

Manfaat Mempelajari Asmaul Husna bisa Mengenal Lebih dalam Allah SWTManfaat Mempelajari Asmaul Husna bisa Mengenal Lebih dalam Allah SWT (Foto: Umma)

Membaca Asmaul Husna mengajarkan umat muslim untuk mengenal Allah lebih dekat lagi. 99 nama Asmaul Husna menunjukkan sifat-sifat Allah SWT. Dengan mengetahui sifat-sifat tersebut, kita menjadi semakin bertakwa dan yakin bahwa Allah merupakan pemiliki dunia dan seisinya.

 

Menambah Kadar Keimanan

Keimanan kepada Allah SWT akan bertambah ketika kita mempelajari Asmaul Husna. Dengan membacanya berulang kali, kita akan semakin mengakui keagungan dan keistimewaan Allah. Sikap-sikap taat dan patuh terhadap ajaran agama pun akan semakin kuat. Kita pun menjadi sadar bahwa manusia hanyalah zat kecil dalam bumi Allah yang maha luas ini. Segala milik kita yang ada di dunia ini sebenarnya hanya titipan dan pemberian dari-Nya.

 

Menjauhi Sifat-Sifat Zalim

Hikmah Mempelajari Asmaul Husna (Foto: Umma)

Ketika mengenal Allah SWT lebih dekat, kita akan senantiasa takut menjalani larangan-larangannya. Hal itu akan menghindarkan kita dari sikap kafir atau menyebah zat selain Allah. Kita pun menjadi semakin mentaati aturan-aturan dalam Al-Quran. Dengan begitu kita tidak mudah terjerumus dalam sifat-sifat yang zalim. Cara menghindarinya dengan selalu beribadah kepada Allah, seperti salat, zakat, berpuasa, dan sebagainya.

 

Menambah Ilmu Pengetahuan

Membaca Asmaul Husna akan membuat pengetahuan kita akan sifat-sifat Allah SWT semakin bertambah. Nama-nama dalam Asmaul Husna memuat pengertian mengenai alam, lingkungan, dan bab-bab lain dari dunia yang merupakan milik Allah. Dengan bekal ilmu pengetahuan tersebut, kita akan bisa berpikir dengan bijak dan logis, selain itu tepat dalam mengambil tindakan.

Baca juga: Malam Nuzulul Qur'an dari Sejarah, Keistimewaan, hingga Amalannya

 

Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah

Membaca Al-Quran (Foto: Umma)

Membaca Asmaul Husna mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sifat-sifat Allah yang ada dalam Asmaul Husna akan menyadarkan kita pada kenikmatan, keselamatan, dan berkah-berkah yang telah Allah berikan dalam hidup kita. Tanpa pemberiannya, kita bukanlah siapa-siapa di bumi ini.

 

Termotivasi Mencari Rahmat Allah

Ketika mempelajari Asmaul Husna, kita akan semakin percaya bahwa Allah SWT Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala rahmat yang kita miliki merupakan anugerah dari-Nya. Dengan mengetahui itu, kita akan menjadi semakin sungguh-sungguh dalam mencari ridho-Nya agar hidup kita selalu diberi kebaikan. 

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari membaca Asmaul Husna. 99 nama dalam Asmaul-Husna telah menunjukkan kebesaran yang Allah yang membuat kita senantiasa taat dan patuh terhadap aturannya dan menjauhi larangannya.

Baca juga: Keutamaan Menuntut Ilmu Dan Mengajarkannya dalam Islam

Leave A Reply

Your email address will not be published.