Berita Nasional Terpercaya

Bukan Hanya Ramen, Ini Dia Mie Asal Jepang yang Layak Dicoba

0

Ramen adalah satu mie asal Jepang yang telah mendunia. Tak hanya disajikan di restoran mewah,bahkan mie dengan kaldu ikan atau sapi ini dapat dinikmati di kedai-kedai kecil di pinggir jalan.

Mie yang berasal dari Jepang ini diterima sangat baik di Indonesia karena terksturnya mie nya yang kenyal serta dilengkapi toping yang menarik. Potongan daging sapi, daun bawang, telur rebus, nori serta jamur memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat mie.

Tak hanya Ramen, kini beberapa mie khas negeri kelahiran kartun Doraemon dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia. Memiliki tekstur dan rasa yang sdikit berbeda dengan Ramen, berikut beberapa sajian mie khas Jepang yang layak untuk dicoba.

 

1. Soba Mie

Soba Mie

Soba Mie (foto: tirto)

Mie Soba merupakan mie yang terbuat dari gandum namun memiliki rasa yang cuup berbeda dengan ramen. Tak hanya satu jenis, mie Soba terdiri dari bebberapa yang hanya bisa dibedakan dari warnanya yang coklat dan teksturnya yang padat. 

Mie Soba sangat direkomendasikan kepada orang yang menghindari gluten karena kandungan gandum dalamie ini cukup rendah. Beberapa jenis mie Soba di antaranya Zaru soba, Kake soba, Soba Tempura, Kitsune Soba, dan Tororo Soba.

 

2. Udon 

Udon

Udon (foto: merdeka)

Udon adalah mie yang memiliki tekstur yang tebal dan kenyal. Memiliki rasa yang netral mie Udon biasanya disajikan dengan kaldu kari dengan berbagai topping seperti daging, ikan goreng, sayuran.

Tak hanya direbus, mie udon juga dapat disajikan dalam bentuk goreng. Karena itu Mie Udon tidak hanya dapat disajikan dalam musim dingin tapi juga pada musim panas.

Baca juga: Deretan Mie Khas Indonesia yang Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

 

3. Shirataki

Shirataki

Shirataki (foto: merdeka)

Mie berwarna putih ini banyak menjadi perbincangan karena diklaim kaya akan serta dan baik dikonsumsi untuk program diet. Hal ini dikarenakan Shirataki mengandung glukoman yang terbukti dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu Shirataki mampu mengatasi sembelit, mengontrol kadar gula dalam insulin, mengurangi karbohidrat danmengurangi potensi kolesterol.

 

4. Yakisoba

Yakisoba

Yakisoba (foto: corporatetravel)

Berbeda dengan mie Jepang lainya, Yakisoba hanya disajikan dengan cara digoreng. Terbuat  dari gandum, Yakisoba bisa ditemukan pada perayaan  festival yang ada di Jepang. Tak hanya berisi daging, Yakisoba berisi sayuran, kol, tauge dan jamur.

 

5. Champon

Champon

Champon (foto: todayonline)

Champon merupakan mie yang berasal dari kota Nagasaki, namun kini telah dikenal hingga ke seluruh pelosok dunia khususnya Cina, Singapura, Korea, dan Indonesia. Berbeda dari negara asalnya, Champon di negara-negara tersebut telah dikombinasikan dengan citarasa lokal. Karena untuk versi originalnya, Champon memiliki rasa yag unik yang berasal dari lemak babi.

 

6. Somen

Somen

Somen (foto: japanesestation)

Somen merupakan salah satu jenis mie yang banyak dikonsumsi saat musim panas tiba. Mie ini memiliki tekstur yang sangat tipis denga ketebalan 1,3 mm dan disajikan dengan campuran salad, sup serta saus ringan. Uniknya, penyajian mie ini tidak disajikan secara panas namun dalam keadaan yang dingin.

Baca juga: 4 Hal Ini Bikin Masakan Pasta Anda Gagal Total

Cara penyajiannya cukup unik yaitu direndam di dalam es, kemudian saat disantap dicelupkan sebentar kedalam saus yang merupakan campuran dari rebusan ikan, mirin, bawang, dan myoga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.