Berita Nasional Terpercaya

Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

0

Bernas.id – Kota Jogja terkenal dengan sebutan kota pelajar, maka tak heran jika di sana banyak dijumpai institusi pendidikan yang bergengsi baik itu negeri ataupun swasta. Salah satu institusi pendidikan yang terkenal adalah perguruan, khususnya jurusan arsitek di Yogyakarta.

Berbagai jurusan pun hampir semuanya tersedia sesuai dengan kebutuhan dan passion para calon mahasiswa, tak terkecuali jurusan arsitektur di Yogyakarta. 

Lalu, di mana saja kampus yang menyediakan jurusan arsitektur di kota Jogja tersebut? Serta bagaimana kualitas dan peminat jurusan arsitek di Jogja sendiri?

Baca juga: 4 Karakteristik Arsitektur Tropis Modern, Indonesia Banget!

Jurusan Arsitek Terbaik di Jogja

Jurusan Arsitek Terbaik di Jogja

Setiap kampus atau universitas jurusan arsitektur menawarkan berbagai keunggulan tersendiri mulai dari akreditasi, fasilitas, hingga biaya kuliah yang terjangkau. Berikut akan dijelaskan profil kampus yang menyediakan jurusan arsitektur disertai dengan akreditasi terbarunya.

1. Universitas Gadjah Mada

Terkenal dengan sebutan kampus UGM, kampus yang berlokasi di Kab. Sleman, Jogja ini memiliki program studi arsitektur yang sudah teraktreditasi A oleh BAN-PT. Jurusan arsitektur di UGM ini juga masuk ke dalam fakultas teknik yang dimana berfokus untuk menghasilkan calon arsitek yang kreatif, kompetitif secara internasional, professional, serta bertanggung jawab pada lingkungan dan sosialnya. 

2. Universitas Teknologi Yogyakarta

Walaupun bukan merupakan salah satu universitas negeri, universitas yang biasa dikenal dengan sebutan UTY ini menyediakan program studi arsitektur bagi para calon mahasiswanya. Tak hanya itu, program studi tersebut pun sudah terakreditasi A dengan baik. Berstatus sebagai kampus swasta, jurusan arsitektur di UTY ini juga memiliki suatu visi dalam bidang struktur dan teknologi bangunan yang peduli terhadap lingkungan di wilayah Indonesia tahun 2022.

Baca juga: 10 Arsitek Terbaik Indonesia yang Mendunia

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas ini merupakan salah satu universitas Islam yang ada di Jogja dan berstatus sebagai universitas swasta. Terkenal dengan sebutan UII, universitas ini juga memiliki program studi arsitektur yang sudah terakreditasi A. Berlokasi di Sleman, Jogja, kampus ini juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 2013. Jurusan arsitek ini juga menyediakan international program yang di mana para calon mahasiswa dapat mengambil kelas internasional dengan menggunakan bahasa asing berupa Inggris atau Arab.

4. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas yang terkenal dengan sebutan UKDW ini memiliki program studi arsitektur yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 2005. Berbeda dari kampus-kampus lain pada umumnya, di UKDW ini jurusan arsitektur masuk ke dalam fakultas arsitektur dan desain. Jurusan ini berfokus untuk mengembangkan sistem belajar Research by Design dengan baik kepada para mahasiswanya. 

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarya

Universitas swasta ini sudah berdiri sejak tahun 1965 dengan berbagai program studi, salah satunya yaitu arsitektur. Jurusan tersebut sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Berlokasi di Jogja, universitas dengan sebutan UAJY ini menyediakan jurusan arsitektur dengan harapan dapat menghasilkan seorang sarjana arsitektur yang unggul dan beretika dalam merancang suatu bangunan dan peduli terhadap lingkungan sekitar. 

Baca juga: 5 Tempat Ibadah dengan Arsitektur Unik di Indonesia

6. Universitas Widya Mataram

Berbeda dengan kampus sebelumnya, kampus swasta ini memiliki program studi arsitektur yang masih terakreditasi B oleh BAN-PT hingga saat ini. Walaupun begitu, jurusan arsitek di universitas ini memiliki tujuan agar dapat memberikan pembelajaran kepada para mahasiswanya terkait pengetahuan dan motivasi agar terus mengembangkan ilmu arsitektur secara lebih kompleks dan kreatif. Selain itu, program studi arsitektur di universitas ini berfokus pada pengkajian dan pengembangan lokalitas arsitektur dengan unsur kejawaan.

7. Universitas Mahakarya Asia

Salah satu universitas yang menarik di Jogja adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA). Uniknya, universitas ini juga berada di Jakarta dan Baturaja. Di antara universitas yang menawarkan jurusan arsitektur lainnya, UNMAHA menawarkan biaya kuliah yang lebih terjangkau.

Ditambah lagi, UNMAHA memiliki mata kuliah unggulan di jurusan arsitektur yakni entrepreneurship, business project, character building, strategic leadership, community empowerment, business startup, dan digital marketing. Inilah yang menjadi daya tarik untuk menjadi mahasiswa arsitektur di Universitas Mahakarya Asia.

Baca juga: Inilah 7 Universitas di Asia dengan Jurusan Kuliah Arsitektur Terbaik

Kesimpulan

Itulah beberapa program studi arsitektur yang ada di kampus Jogja disertai dengan akreditasi terbaru tahun 2021. Baik di kampus negeri ataupun swasta, kualitas dari jurusan arsitek tersebut secara garis besar memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan calon arsitek yang unggul dalam merancang desain bangunan secara lebih kreatif dan inovatif. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah untuk menentukan universitas yang sesuai dengan kebutuhan terkait jurusan arsitektur disertai dengan keunggulannya masing-masing.

Baca juga: Hunian Eksklusif DP Cuma 5%, Angsuran Rp1 Jutaan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.