Berita Nasional Terpercaya

Mau Menyusun CV Arsitektur? 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Arsitek

0

Bernas.id – Curriculum Vitae arsitektur atau biasa disingkat dengan CV arsitektur merupakan salah satu hal yang diperlukan pada saat melamar pekerjaan, tak terkecuali untuk para arsitektur. CV arsitek ini sangat diperlukan sebagai personal branding yang ditujukan kepada perusahaan rekrutmen.

Berbicara terkait CV arsitektur, hal inilah yang dibutuhkan oleh seorang arsitek yang berprofesi untuk menawarkan jasa desain arsitektur kepada para kliennya. Maka dari itu, seorang arsitek yang baik tentu sangat membutuhkan personal branding yang dapat dilihat melalui CV.

Lalu, poin apa saja yang diperlukan untuk menyusun CV arsitektur? Apa saja keuntungan apa yang akan di dapatkan dari profil CV arsitek ini? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan rinci terkait CV arsitektur.

Baca juga: Kuliah Jurusan Arsitektur? Ini Universitas dan Prospek Kerjanya!

Hal Penting untuk Menyusun CV Arsitektur

Menyusun CV Arsitektur

Selain syarat umum, beberapa poin penting untuk menyusun CV bagi para arsitek juga harus diperhatikan dengan baik, di antaranya yaitu:

1. Professional Qualifications

Pembuatan CV, khususnya CV untuk arsitektur, poin-poin terkait gelar akademik, sertifikasi, dan bukti kualifikasi profesionalnya wajib dicantumkan selengkap mungkin. Hal tersebut biasanya merupakan indikator yang menentukan para pelamar agar memenuhi syarat dan kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan.

Data berupa pencapaian nilai pun tidak diperlukan, kecuali nilai tersebut sangat dibutuhkan dan menggambarkan kemampuan kinerja arsitekturnya. Salah satu hal keahlian yang perlu dicantumkan seorang arsitek yaitu keahlian dalam berbahasa asing.

Baca juga: Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

2. Achievements 

Pencapaian berupa penghargaan atau memenangkan suatu kompetisi juga dapat ditekankan dalam pembuatan CV arsitektur. Jika belum pernah memenangkan penghargaan sebagai seorang arsitek, dapat dicantumkan pula peran yang dicapai serta kinerja yang dimiliki saat bekerjasama dalam tim. Tulisan yang dicantumkan sebaiknya diisi seefisien dan sesingkat mungkin dengan tetap memberikan informasi dan keterangan yang jelas dan tepat.

3. Motivation and Reasoning

Motivasi seorang arsitek dalam melamar pekerjaan pun juga perlu dicantumkan dalam sebuah CV, selain ditulis pada cover letter. Hal ini untuk menunjukkan kesungguhan dalam diri arsitek tersebut terkait bergabung dengan perusahaaan yang ingin dimasukinya dengan tulisan yang singkat dan jelas.

Selain itu, penulisan tersebut juga sangat berguna bagi pemilik perusahaan untuk dapat mengenali ketertarikan yang ditulis oleh arsitek tersebut. Terkait pemindahan tempat kerja sebelumnya, hal tersebut tidak perlu disampaikan dalam CV. Hal itu dapat dijelaskan saat ditanya pada sesi wawancara yang berguna untuk menjaga integritas serta profesionalitas dalam bekerja.

Baca juga: Jangan  Asal Jiplak, Kenali Gaya Arsitektur Art Deco Yang  Mewah dan Elegan

4. Additional Information

Informasi terkait ketertarikan dan keahlian khusus juga harus disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamar, termasuk arsitektur. Dari semua informasi yang ada, pilihlah infomasi yang relevan serta sama dengan bidang pekerjaan yang dilamar atau dituju. Salah satunya contohnya yaitu ketertarikan dalam berorganisasi menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki jiwa dan semangat sosialiasi yang bagus dalam tim. 

5. Content Update and Customization

Relevansi data dalam CV arsitek dengan hal yang dibutuhkan oleh perusahan sangat penting untuk dicantumkan dalam CV. Maka dari itu, perbaharuilah CV dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhannya.

Pembaharuan CV arsitek tersebut sangat bermanfaat untuk menunjukkan kemampuan profesional yang tepat dan sesuai. Beberapa contohnya yaitu menambah keahlian baru serta menghapus beberapa proyek yang memiliki rentang waktu yang sudah lama. 

Selain itu, dibutuhkan pula penyesuaian dalam penyusunan sebuah CV, termasuk pula CV arsitektur. Pastikan untuk mencantumkan hal-hal yang spesifik dan relevan dengan bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga, CV bisa terkesan menarik dan profesional untuk direkomendasikan ke tahap selanjutnya dalam rekrutmen pekerjaan.

Baca juga: Hobi Design Bangunan? Kembangkan Potensi di Universitas Mahakarya Asia Hingga Menjadi Arsitek Andal

6. Portofolio Desain Arsitektur

Tidak semua calon arsitek memiliki pengalaman arsitektur bagi perusahaan, khususnya bagi para lulusan teknik arsitektur baru dari universitas. Namun, Anda tidak perlu khawatir atau minder karena pengalaman tersebut belum dimiliki.

Solusinya, para lulusan teknik arsitektur (fresh graduate) tersebut sebaiknya melengkapi CV arsitektur dengan portofolio desain arsitektur tugas akhir perkuliahan. Portofolio ini juga dinilai sangat membantu bagi para calon arsitek muda yang ingin bergabung dengan perusahaan jasa konstruksi.

Keuntungan Memiliki Profil Arsitek

Keuntungan Memiliki Profil Arsitek

Dalam dinamika karir arsiterktur, profil seorang arsitek profesional akan memiliki andil besar untuk mendapatkan peluang di perusahaan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menyusun halaman profil seorang arsitek yaitu:

  1. Meningkatkan personal branding arsitek tersebut.
  2. Mendapatkan artikel khusus yang di dalamnya ada profil CV.
  3. Mendapatkan CV yang menarik untuk dilihat.
  4. Mendapatkan pula file CV yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Rumah Jogja Murah DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan CV arsitektur bagi para arsitek. Poin-poin tersebut merupakan panduan umum minimal yang harus diperhatikan dengan baik. terkait kelengkapannya dapat disesuaikan menurut pribadi masing-masing serta disesuaikan dengan perusahaan yang melakukan rekrutmen. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa CV arsitek yang baik mengandung infomasi yang relevan, singkat, informatif, dan jelas, serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan rekrutmen.

Baca juga: Hunian Eksklusif DP Cuma 5%, Angsuran Rp1 Jutaan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.