Berita Nasional Terpercaya

10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

0

Bernas.id – Indonesia memiliki kampus yang menyediakan jurusan perhotelan, baik di kampus negeri ataupun swasta. Beberapa masyarakat yang bercita-cita ingin menjadi pegawai hotel atau manajer yang mengurus perhotelan pasti sangat ingin menempuh pendidikan di bidang perhotelan.

Tentu saja, tidak hanya sekedar mengurusi hotel dan seisi kamarnya. Lebih dari itu, pelayanan kepada para tamu hotel, kebersihan, penyediaan makanan, laundry pakaian, dan sebagainya tentu juga harus dipelajari dengan baik di kampus perhotelan.

Secara umum, manajemen pengelolaan hotel ini terbagi menjadi dua aspek, yaitu manajemen pariwisata dan manajemen bisnis. Kedua aspek tersebut harus seimbang agar pengelolaan manajemen hotel dapat berjalan dengan baik.

Lalu, apa sajakah universitas di Indonesia yang di dalamnya menyediakan jurusan bidang perhotelan? Berikut ini akan secara rinci dan lengkap.

Baca juga: Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

Daftar Universitas Jurusan Perhotelan di Indonesia

Daftar Universitas Jurusan Perhotelan di Indonesia

Indonesia masih butuh untuk melahirkan para profesional di bidang perhotelan yang kini perkembangan industri perhotelan begitu pesat. Prestasi para profesional perhotelan bermula dari keputusannya mengambil dan memilih jurusan perhotelan di universitas terbaik.

Ingin kuliah jurusan perhotelan di universitas terbaik? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi universitas perhotelan dengan sistem pendidikan yang unggul di Indonesia :

1. Universitas Airlangga

Universitas yang terkenal dengan sebutan UNAIR ini ternyata tidak hanya menyediakan jurusan-jurusan populer seperti ekonomi, kedokteran, teknik, akuntansi, kesehatan, dan sebagainya. Akan tetapi, jurusan manajemen perhotelan juga ada di universitas tersebut dengan jenjang diploma III serta sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Tentu saja, UNAIR memiliki tujuan untuk mendirikan jurusan manajemen perhotelan ini yaitu menjadikan jurusan bidang manajemen dan bisnis perhotelan ini nomor satu di Asia Tenggara dengan tetap memperhatikan aspek moralitas, religius, serta etika.

Selain itu, para lulusan perhotelan ini diharapkan mampu berkiprah di lingkungan industri perhotelan dengan baik. Kemudian, biaya kuliah di UNAIR ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan biaya kuliah di universitas swasta.

Baca juga: 3 Profesi Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

2. Universitas Negeri Padang

Universitas berlabel negeri lain yang juga menyediakan jurusan perhotelan yaitu Universitas Negeri Padang. Program studi yang ditawarkan di kampus tersebut yaitu jenjang diploma IV manajemen perhotelan serta bagian dari Fakultas Perhotelan dan Pariwisata. Para lulusan diploma perhotelan ini diharapkan mampu bersaing serta berkontribusi kepada masyarakat dengan menanamkan sifat kepemimpinan yang baik, professional, dan bertakwa.

Baca juga: Punya Keahlian di Bidang Komunikasi? Tidak Ada Salahnya Kuliah di Jurusan Perhotelan, Bahkan Prospeknya Menggiurkan

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas yang biasa disebut UNIKA Atma Jaya ini merupakan salah satu kampus swasta yang sudah terakreditasi A serta memiliki banyak prestasi di dalamnya. Kampus ini juga menyediakan jurusan perhotelan yang masuk dalam Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi.

Jurusan perhotelan ini secara umum mempelajari tentang pengelolaan hotel dengan tetap menyeimbangkan aspek pariwisata dan manajemen bisnisnya agar dapat mencapai kesuksesan. Beberapa materi dan topik yang dipelajari pada jurusan ini yaitu pelayanan pada pelanggan, melindungi budaya lokal, serta manfaat ekonomi.

Selain itu, pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris juga diterapkan agar para lulusannya nanti dapat menghadapi tren pariwisata internasional dengan baik.

Baca juga: 10 Alasan Jurusan Perhotelan Adalah Pilihan Terbaik untuk Pengembangan Diri Kalian

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tak perlu diragukan lagi kualitasnya, UGM ternyata juga menyediakan jurusan yang di dalamnya mempelajari ilmu perhotelan. Walaupun secara struktur ilmu perhotelan tersebut masuk ke dalam program studi pariwisata dan perhotelan. Akan tetapi, di dalam ilmu pariwisata juga menerapkan ilmu-ilmu perhotelan, termasuk konsep manajemennya dengan baik.

Jadi, jika kamu masuk UGM dengan jurusan pariwisata, otomatis kamu akan mempelajari pula ilmu manajemen perhotelan. Tentu saja, hal tersebut akan sangat berguna dalam prospek karir ke depannya seperti menjadi seorang agen perjalanan ataupun perhotelan.

Baca juga: Lulus Kuliah Perhotelan Kerja Dimana? Ini Jawabannya

5. Universitas Mahakarya Asia

Universitas swasta yang berlokasi di Yogyakarta dan Baturaja, Sumatera Selatan ini juga menyediakan program studi perhotelan dengan jenjang diploma. Jurusan ini fokus untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait ilmu perhotelan pada bidang perencanaan, produksi, serta pengawasan dan pengelolaan jasa penginapan.

Selain itu, para mahasiswanya juga akan mempelajari keahlian manajemen operasional hotel dan kemampuan berbahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Baca juga: D3 Perhotelan UNMAHA Gandeng The 101 Yogyakarta Tugu Hotel untuk Kerjasama di Bidang Pendidikan

6. Universitas Telkom

Universitas swasta lain yang ada di Indonesia serta menyediakan program studi perhotelan adalah Universitas Telkom. Jurusan ini ternyata masuk ke dalam Fakultas Ilmu Terapan. Secara umum, materi yang dipelajari di jurusan ini yaitu pengelolaan perhotelan dengan tetap memperhatikan aspek pariwisata dan manajemen bisnisnya. Dengan begitu, keselarasan dan manajemen hotel dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Raih Prospek Karir Bidang Perhotelan yang Super Keren dengan Bergabung Bersama Prodi Perhotelan UNMAHA

7. Universitas Merdeka Malang

Universitas yang berstatus universitas swasta dengan akreditasi B ternyata memiliki program studi perhotelan yang baik di Fakultas Kepariwisataan. Jurusan perhotelan tersebut masuk ke dalam jenjang diploma III yang juga masih terakreditasi B.

Akan tetapi, ilmu perhotelan yang disampaikan dan diterapkan pada jurusan ini sangat baik dengan tetap memperhatikan sistem pengelolaan manajemen hotel dengan aspek pariwisata dan manajemen bisnisnya.

Baca juga: Peluang Emas Bekerja di Industri Perhotelan

8. Universitas Mulawarman (UNMUL)

Universitas negeri yang terkenal dengan sebutan UNMUL ini juga memiliki program studi perhotelan yang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Secara umum, jurusan ini mempelajari hal-hal yang terkait dengan manajemen dan pengelolaan hotel dengan tetap memperhatikan aspek pariwisata dan manajemen bisnisnya. Dengan begitu diharapkan para lulusannya mampu menguasai teknik manajemen perhotelan dan pariwisata dengan baik.

Baca juga: Rakernas Pertama IHGMA Ingin Lebih Banyak Berkiprah di Industri Pariwisata, Perhotelan, dan Pendidikan

9. Universitas Nasional

Universitas swasta ini merupakan universitas tertua di Jakarta serta tertua kedua di Indonesia. Kampus yang masih terakreditasi B ini ternyata memiliki program studi perhotelan jenjang diploma III yang masuk ke dalam Fakultas Ekonomi. Jadi, secara umum tidak hanya membahas terkait pengelolaan manajemen dan pariwisata saja, akan tetapi ilmu tentang bisnis ekonomi juga diselaraskan dengan tepat dan sesuai.

Baca juga: IHGMA Chapter Yogyakarta Selenggarakan Sertifikasi Kompetensi Karyawan Bidang Perhotelan

10. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksa)

Berlabel sebagai universitas negeri dan biasa disebut dengan Undiksa, kampus tersebut juga menyediakan program studi perhotelan jenjang diploma III. Walaupun jurusan tersebut masih terakreditasi B, akan tetapi kualitas pengajaran dan materi yang disampaikan sangat sesuai dengan standar dan dapat menghasilkan lulusan yang produktif dibidangnya. Ilmu perhotelan yang diterapkan pun tidak jauh dari proses pengelolaan hotel disertai dengan aspek pariwisata dan manajemen bisnisnya.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Kesimpulan

Itulah beberapa universitas di Indonesia baik berlabel negeri atau swasta yang memiliki jurusan perhotelan di dalamnya. Sebagian besar jurusan tersebut masuk ke jenjang diploma III dengan tetap memperhatikan teori manajemen hotel, pariwisata, dan aspek bisnisnya. Tentu saja, diharapkan para lulusan perhotelan ini mampu memberikan pelayanan dan mengelola bidang perhotelan dengan baik dalam karirnya nanti.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.